Cara Merawat Alat Bantu Dengar yang Benar

Cara merawat alat bantu dengar merupakan hal yang cukup penting untuk dilakukan oleh para penggunanya. Dengan perawatan yang baik, maka kinerja alat bantu dengar yang digunakan juga akan selalu baik. Bukanlah suatu hal yang aneh jika alat bantu dengar mengalami kerusakan. Hal ini juga menjadi salah satu sebab mengapa penyedia alat bantu dengar memberikan jaminan garansi saat Anda membelinya. Sayangnya, terkadang kerusakan yang dialami membutuhkan perbaikan dari tenaga profesional agar dapat berfungsi kembali seperti semula. Apabila kerusakannya cukup parah, jaminan garansi dari beberapa penyedia alat bantu dengar mungkin tidak dapat menutup biaya yang harus dibayarkan. Akibatnya, Anda diharuskan untuk membayar sejumlah biaya perbaikan alat bantu dengar Anda.

Tips Merawat Alat Bantu DengarItulah sebabnya, merawat alat bantu dengar merupakan hal yang sangat penting. Perawatan ini juga bermanfaat untuk memastikan agar kinerja alat bantu dengar Anda terus optimal sepanjang waktu pemakaiannya. Anda juga diharuskan untuk mengetahui apa saja yang dapat menyebabkan kerusakan pada alat bantu dengar. Tahukah Anda bahwa kondisi yang lembab dapat merusak alat bantu dengar? Apakah Anda juga tahu bahwa serpihan kotoran halus dapat menurunkan kinerja alat bantu dengar?

Cara Merawat Alat Bantu Dengar

Berikut beberapa tips yang dapat Anda lakukan di rumah untuk menjaga dan merawat alat bantu dengar agar tetap berada dalam kondisi terbaiknya.

  • Ingatlah bahwa Anda harus menggunakan alat bantu dengar dengan perhatian khusus. Berhati-hatilah dalam menggunakannya. Pastikan agar alat bantu dengar Anda tidak terjatuh saat digunakan.
  • Selalu mencuci tangan sebelum Anda memegang alat bantu dengar agar tetap steril. Dengan begitu, kebersihannya akan selalu terjaga.
  • Simpan alat bantu dengar di tempat yang aman, nyaman, kering dan tidak lembab. Pastikan tempat penyimpanan tersebut jauh dari jangkauan anak-anak dan binatang peliharaan.
  • Matikan alat bantu dengar ketika sedang tidak digunakan. Hal ini dapat menghemat penggunaan baterai alat bantu dengar Anda.
  • Bersihkan alat bantu dengar dari minyak dan debu yang menempel, dengan menggunakan kain kering yang bersih secara teratur.
  • Gantilah filter dan tubing alat bantu dengar. Mungkin saja terdapat kotoran telinga, debu dan kotoran lainnya yang tersangkut pada alat bantu dengar Anda. Hal ini dilakukan untuk menjaga agar kualitas suara yang dihasilkan alat bantu dengar tetap dalam kondisi prima.
  • Lakukan pemeriksaan dan pembersihan alat bantu dengar Anda secara rutin dengan ahli pendengaran.
  • Jangan gunakan alat bantu dengar saat mandi, berenang atau saat menggunakan hair dryer maupun hair spray.

Be the first to comment

Leave a Reply