Liburan selalu jadi saat yang tepat untuk bersenang – senang dan Anda bisa sangat menikmatinya dengan menggunakan alat bantu dengar. Agar Anda tidak merasa stress saat traveling, berikut adalah tips perawatan alat bantu dengar saat liburan. Dan pastikan alat tersebut selalu bekerja dengan baik.

Persiapan Sebelum Berangkat

Apabila alat bantu dengar Anda belum pernah dibersihkan atau diperiksakan ke ahli sebelumnya, sangat penting untuk memeriksakannya sebelum berangkat terutama jika alat tersebut mengalami sedikit gangguan. Tentunya Anda tidak menginginkannya rusak saat perjalanan. Apabila Anda berencana untuk liburan dalam waktu lama, minta dokter telinga Anda untuk memberikan nomor telepon dokter lain yang berada di kota tujuan yang paham betul dengan merek alat bantu dengar yang Anda miliki. Dengan begitu, Anda tahu harus kemana saat alat tersebut mengalami kerusakan sehingga Anda bisa segera mendengar dengan baik lagi dengannya. Alat bantu dengar umumnya disertai dengan asuransi yang juga bisa Anda dapatkan saat membeli alat tersebut.

Jangan lupa untuk membawa perlengkapan untuk membersihkan, batere, pipa, dan pelindung kotoran telinga yang cukup untuk kebutuhan selama liburan ekstra untuk beberapa hari untuk kondisi darurat. Selain itu, Anda juga perlu membawa klip untuk berolah raga, remot, charger, dan berbagai aksesoris lain dari alat bantu dengar Anda. Anda juga perlu membawa pengering yang bisa dibeli dari dokter telinga apabila belum memilikinya.

Simpan Alat Bantu Dengar dengan Baik

Pastikan Anda juga membawa kotak penyimpan alat bantu dengar selama liburan. Dengan begitu, Anda bisa meletakkannya di tempat yang benar saat melepasnya di waktu tidur selama perjalanan. Letakkan kotak tersebut di tempat yang aman seperti di dalam tas agar tidak rusak atau tertinggal.

Bagi Anda yang menggunakan mobil pribadi, pastikan alat ini tidak terpapar panas secara berlebihan. Jangan meninggalkan alat bantu dengar Anda di dalam mobil saat Anda keluar. Karena temperature mobil yang tinggi saat diparkirkan mampu melelehkan komponen alat bantu dengar tersebut.

Perawatan Alat Bantu Dengar Selama Liburan

Pastikan alat bantu dengar Anda aman dari debu atau air. Anda juga bisa memilih alat bantu dengar yang tahan air. Pilih produk dengan rating IP67 yang artinya telah tersertifikasi bahwa tahan air dan debu. Selain itu, Anda juga bisa memilih produk dengan rating IP68 yang artinya tahan air dan debu.

Tapi meskipun tahan air, alat ini tetap harus selalu kering dan bersih. Bahkan alat dengan rating IP68 juga harus dibersihkan dan dikeringkan setiap malam dengan membuka tutup baterenya. Selalu periksa apakah alat tersebut kotor atau lembab dan bersihkan dengan baik sesuai peraturannya. Saat cuaca panas atau saat berada di bawah sinar matahari langsung dalam waktu lama, Anda perlu mengenakan topi atau lebih baik mendinginkan alat tersebut dan juga diri Anda sejenak.

Saat Anda berenang, lepaskan alat bantu dengar Anda dan simpan di dalam kotak penyimpannya, sehingga alat tersebut dapat terhindar dari kerusakan yang tidak disengaja. Usahakan untuk meletakkan alat yang telah ada di dalam kotaknya tersebut di tempat yang sama setiap kali Anda akan menyimpannya, seperti di dalam tas kecil atau di tempat yang sama dengan kaca mata. Dengan begitu, Anda tidak akan lupa dimana Anda telah menyimpan alat tersebut sebelumnya.

Segala kemungkinan, termasuk kecelakaan bisa terjadi kapan saja, apalagi saat Anda dalam perjalanan untuk berlibur. Tapi Anda bisa yakin bahwa alat bantu dengar tersebut akan selalu bersama Anda dan tetap berfungsi dengan baik apabila Anda mempersiapkan dan merencanakan perjalanan tersebut dengan baik.

Leave a Reply