Tips Memperpanjang Usia Baterai Alat Bantu Dengar

memperpanjang usia baterai

Memperpanjang usia baterai alat bantu dengar Anda dapat menghemat waktu dan uang Anda. Jika Anda bisa mendapatkan beberapa hari ekstra untuk setiap baterai, itu adalah jumlah yang layak dihemat selama setahun.

Untungnya, sebenarnya ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan masa pakai baterai alat bantu dengar Anda. Jika Anda dapat mengubah delapan tip ini menjadi kebiasaan, Anda akan segera melihat perbedaannya.

Berikut adalah delapan cara untuk memperpanjang usia baterai alat bantu dengar Anda.

  1. Beli baterai alat bantu dengar baru

Baterai alat bantu dengar yang tidak dibuka dalam kemasannya dapat bertahan selama beberapa tahun. Sayangnya, seperti semua baterai, daya berkurang seiring berlalunya waktu, jadi selalu lebih efektif untuk membeli paket yang lebih baru.

  1. Jangan lepas tab sampai Anda siap menggunakan baterai

Alat bantu dengar adalah baterai jenis khusus yang disebut baterai zinc-air. Masing-masing memiliki tab plastik yang menutupi lubang kecil di bagian atas baterai. Setelah tab dilepas, udara masuk ke lubang dan merangsang seng.

Saat ini terjadi, baterai aktif dan daya mulai terkuras (menerapkan kembali tab tidak berpengaruh). Itulah mengapa Anda harus melepas tab hanya jika Anda mengantisipasi penggunaan baterai segera.

  1. Terapkan aturan lima menit

Segera setelah Anda melepaskan tab, jangan langsung memasukkan baterai ke alat bantu dengar. Sebaliknya, tunggu sekitar 5-7 menit. Ini akan memungkinkan udara mengaktifkan baterai dengan benar, memperpanjang masa pakainya hingga tiga hari.

  1. Simpan pada suhu kamar

Anda mungkin pernah membaca bahwa Anda dapat memperpanjang umur baterai Anda dengan menyimpannya di lemari es Anda. Suhu dingin mengurangi pelepasan daya, atau begitulah alasannya.

Masalahnya adalah yang terjadi justru sebaliknya. Baterai zinc-air dan kelembapan tidak bercampur, dan kondensasi yang terjadi dari lemari es menyebabkan korosi dan peningkatan risiko kegagalan dini.

Cukup simpan baterai Anda pada suhu ruangan untuk hasil terbaik.

  1. Biarkan tutup baterai alat bantu dengar terbuka jika tidak digunakan

Jika Anda tidak menggunakan alat bantu dengar, matikan dan buka pintu baterai. Ini meminimalkan drainase dan memblokir korosi. Namun perlu diingat, jangan simpan alat bantu dengar Anda di kamar mandi; perubahan suhu dan kelembapan berbahaya bagi baterai. Meja samping kamar tidur Anda mungkin adalah tempat terbaik.

  1. Belilah alat bantu dengar dehumidifier

Jika Anda memiliki dehumidifier alat bantu dengar, Anda tidak perlu khawatir di mana harus menyimpan alat bantu dengar Anda. Tiap malam, masukkan alat bantu dengar Anda ke dalam dehumidifier untuk menghilangkan kelembapan dan menyediakan tempat penyimpanan yang aman.

  1. Keluarkan baterai jika Anda tidak akan menggunakan alat bantu dengar dalam waktu lama

Jika Anda tidak berencana menggunakan alat bantu dengar untuk sementara waktu, melepas baterai sepenuhnya akan membantu mencegah korosi dari kelembapan yang terkumpul di dalam alat bantu dengar.

  1. Bersihkan tangan Anda sebelum mengganti baterai

Ingatlah selalu bahwa kotoran, kotoran, dan kelembapan berbahaya bagi baterai alat bantu dengar dan alat bantu dengar itu sendiri. Itulah mengapa sangat penting untuk mencuci tangan sebelum mengganti baterai.