Tips Merawat Baterai Alat Bantu Dengar

Baterai adalah salah satu komponen vital dari sebuah alat bantu dengar (ABD).  Berikut ini adalah mengenai cara merawat baterai alat bantu pendengaran tersebut:

  • Tips Merawat Baterai Alat Bantu DengarSebuah baterai standar biasanya mampu bertahan selama 5 sampai 14 hari. Ketahanan baterai tergantung dari tipe alatnya, kapasitas baterai, tipe baterai serta seberapa sering alat bantu tersebut dipakai.
  • Jika Anda mulai mendengar ada gangguan di suara yang Anda dengar atau Anda harus memperbesar volume melebihi tingkat volume yang biasanya, itu tandanya sudah saatnya Anda mengganti baterai. Baterai ABD sering mendadak kehilangan daya, oleh karena itu sebaiknya Anda membawa baterai cadangan saat bepergian. Jauhkan baterai cadangan dari uang logam atau benda-benda berbahan metal lainnya untuk menghindari baterai bocor. Beberapa alat bantu dengar akan mengeluarkan suara “bip” pelan sebagai tanda baterai mulai melemah.
  • Selalu pastikan segel baterai masih utuh karena baterai akan mudah bocor jika segel pelindung baterai rusak atau lepas. Pastikan Anda membeli paket alat bantu dengar yang belum dibuka.
    Anda bisa melakukan langkah-langkah di bawah ini agar usia baterai dan alat bantu dengar Anda bisa bertahan lama.
  • Taruh baterai di wadah terbuka sepanjang malam, pastikan kelembaban tidak akan merusak baterai dan alat bantu dengar Anda.
  • Cuci tangan Anda sebelum mengganti baterai. Minyak dan debu yang menempel di baterai akan merusak alat bantu dengar Anda.
  • Baterai akan bertahan lama di iklim dingin. Jangan menyimpan baterai di area yang sangat dingin atau sangat panas karena bisa menguras daya baterai dan mengurangi usia baterai.
Ketahanan Baterai Alat Bantu Dengar

Tips Merawat Baterai Alat Bantu Dengar

Terdapat variasi ukuran dan kapasitas isi baterai alat bantu dengar. Kapasitas isi diukur dengan hitungan miliampere (mAh) yang mengindikasikan berapa lama sebuah baterai bisa bertahan. Baterai dengan kapasitas 70 mAh tidak akan bertahan lama dibandingkan baterai 610 mAh. Selalu pertimbangkan harga dan power outputnya sebelum membeli baterai.

Belilah baterai yang ramah lingkungan dan bisa didaur ulang. Jika memungkinkan, belilah baterai yang mengandung zinc-air, silver oxide atau alkaline. Baterai itu beracun jadi jauhkan dari jangkauan anak-anak.

Be the first to comment

Leave a Reply