Ini Tips Agar Baterai Alat Bantu Dengar Tahan Lama

Baterai Tahan Lama
Bagikan
Mengapa masa pakai baterai alat bantu dengar sangat tidak dapat diprediksi, mengapa satu baterai bisa bertahan seminggu, dan satu lagi hanya dua atau tiga hari?.  Banyak hal yang bisa mempengaruhinya, antara lain tergantung pada jumlah penggunaan alat bantu dengar, dan cara Anda merawat alat bantu dengar tersebut. Untuk memaksimalkan penggunaan alat bantu dengar tersebut ada beberapa langkah yang dapat Anda ambil untuk memaksimalkan masa pakai baterai alat bantu dengar tahan lama dan mengoptimalkan kinerja alat bantu dengar Anda.

Tips Mendapatkan Manfaat Terbaik dari Baterai Alat Bantu Dengar

Biarkan Baterai Selama 3-5 Menit

Setelah melepaskan stiker dari baterai, biarkan baterai selama 3-5 menit sebelum memasangnya di alat bantu dengar Anda. Waktu “aktivasi” ini memungkinkan udara untuk menjangkau material di dalam baterai dan mengaktifkannya.

Cuci Tangan dengan Benar Sebelum Mengganti Baterai

Minyak dan kotoran pada baterai dapat merusak alat bantu dengar. Selain itu, minyak dan kotoran dapat menyumbat pori-pori udara pada baterai.

Buka Penutup Baterai Pada Malam Hari

Ketika Anda tidak menggunakan alat bantu dengar, matikan alat dan buka penutup baterai alat bantu dengar untuk meminimalkan daya baterai terkuras. Biarkan tempat baterai pada perangkat pendengaran Anda terbuka di malam hari agar uap air dapat keluar. Membuka penutup baterai di malam hari juga akan membuat baterai tidak mudah berkarat.

Gunakan Alat Pengering Alat Bantu Dengar

Alat pengering alat bantu dengar akan membantu menyerap uap air atau kelembaban dari alat bantu dengar dan baterai Anda. Ini akan memungkinkan daya baterai yang digunakan lebih efisien.

Keluarkan Baterai Jika Tidak Menggunakan Perangkat Untuk Waktu yang Lama

Ini juga membantu untuk menghindari korosi atau karat dan kerusakan dari kelembaban yang terperangkap pada baterai.

Periksa Tanggal Kadaluwarsa Pada Baterai Alat Bantu Dengar

Semakin lama tanggal kadaluwarsa sebuah baterai, semakin lama masa pemakaiannya. Seiring waktu, baterai  yang mendekati masa kadaluwarsa akan mengalami pengeringan. Idealnya, Anda harus membeli baterai yang memiliki tanggal kadaluwarsa setahun atau lebih dari tanggal pembelian Anda, sehingga masa pakai dari baterai tersebut lebih lama.

Gunakan Baterai yang Telah Dibeli Lebih Dulu

Baterai terbaru akan memiliki tanggal kadaluwarsa lebih lama daripada baterai yang telah Anda beli sebelumnya. Jangan buru-buru mengganti baterai. Pastikan bahwa baterai lama Anda sudah benar-benar habis terlebih dahulu, sehingga Anda mendapatkan manfaat penggunaan baterai secara maksimal sebelum menggantinya dengan yang baru.

Simpan Stiker Pada Baterai

Stiker pada baterai membuat baterai dapat bertahan lebih lama. Segera setelah stiker dilepas, baterai akan diaktifkan dan mulai mengalami penyurutan. Pastikan Anda tidak melepaskan stiker sampai Anda benar-benar akan menggunakan baterai tersebut.

Simpan Baterai di Tempat yang  Kering dan Sejuk

Menyimpan baterai baru yang tidak terpakai dalam suhu ekstrem dapat menyebabkan baterai rusak, mudah habis dan cenderung memiliki masa pakai yang lebih pendek. Agar usia baterai bertahan lebih lama, pastikan untuk menyimpannya di tempat yang kering dan sejuk.

Untuk mengetahui  tips lebih lanjut yang dapat membuat baterai alat bantu dengar Anda lebih tahan lama, Anda dapat menghubungi kami sebagai tenaga profesional pemeriksa dan penyedia alat bantu dengar terpercaya dengan klik di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.