Alat Bantu Dengar Anak-Anak, Cara Merawat dan Memakainya No ratings yet.

alat bantu dengar anak-anak
Little girl with hearing aid at home

Mari kita kenali alat bantu dengar anak-anak dengan berbagai jenis gangguan pendengaran. Untuk anak – anak mendengar suara dan kata-kata membantu mereka belajar berbicara dan memahami. Anak-anak dengan gangguan pendengaran mungkin mengalami kesulitan mengembangkan kemampuan bicara, bahasa, dan sosial. Mereka mungkin mengalami kesulitan belajar di sekolah dan mungkin mengalami kesulitan berkomunikasi dengan teman-temannya. Ada banyak efek dari gangguan pendengaran pada perkembangan.

Penting untuk memeriksakan pendengaran anak Anda oleh audiolog dan meminta bantuan mereka sejak dini. Jika diperlukan, audiolog dapat membantu menemukan alat bantu dengar terbaik untuk anak Anda. Anak Anda mungkin memerlukan alat bantu dengar di salah satu atau kedua telinganya.

Mendapatkan alat bantu dengar sejak dini dapat membantu anak Anda mengembangkan keterampilan komunikasi dan sosial. Bahkan bayi dan anak kecil pun bisa memakai alat bantu dengar. Audiolog Anda akan berbicara dengan Anda tentang kebutuhan anak Anda dan membantu menemukan alat bantu dengar terbaik yang sesuai dengan kebutuhan tersebut. Tidak semua alat bantu dengar akan bekerja untuk setiap anak.

Ada berbagai jenis alat bantu dengar untuk anak-anak. Alat bantu dengar di belakang telinga, atau BTE, adalah yang paling umum untuk anak kecil karena

  • Dapat menempel pada berbagai jenis earmold,
  • Earmold mudah diganti seiring pertumbuhan anak Anda,
  • Earmold mudah ditangani dan dibersihkan,
  • Bekerja dengan banyak jenis gangguan pendengaran, dan
  • Earmold lembut dan aman untuk telinga kecil

dan model lainnya lebih umum di pakai untuk orang dewasa dan anak-anak yang lebih tua usianya.

Membiasakan Anak Anda dengan Alat Bantu Dengar

Butuh waktu untuk membiasakan diri memakai alat bantu dengar. Anak Anda mungkin memerlukan bantuan untuk memasang dan memelihara alat bantu dengar dan menyesuaikannya. Anda dapat mulai dengan meletakkan alat bantu dengar pada anak Anda saat Anda melakukan sesuatu yang menyenangkan. Tingkatkan secara bertahap berapa lama mereka memakainya sampai mereka bisa memakainya sepanjang hari.

Alat bantu dengar mudah hilang. Ada ikat kepala dan pita khusus yang dapat membantu menjaga alat bantu dengar tetap pada tempatnya. Audiolog anak Anda mungkin menunjukkan cara menggunakan klip alat bantu dengar atau cara menyematkan alat bantu dengar ke sepotong pakaian. Audiolog Anda juga dapat merekomendasikan layanan aural (re)habilitasi, sistem teknologi alat bantu dengar, atau sumber daya komunitas untuk membantu anak Anda mendapatkan hasil maksimal dari alat bantu dengar mereka.

Merawat Alat Bantu Dengar Anak Anda

Audiolog Anda akan mengajari Anda cara menggunakan dan merawat alat bantu dengar. Beberapa anak mungkin dapat menyesuaikan dan merawat alat bantu dengar mereka sendiri.

Anda harus memeriksa alat bantu dengar anak Anda secara teratur untuk memastikan alat tersebut berfungsi dengan benar. Agar alat bantu dengar anak Anda berfungsi dengan baik, penting untuk

  • Periksa baterai sesering mungkin dan simpan baterai cadangan atau isi ulang di tangan dan di tempat yang aman,
  • Bersihkan alat bantu dengarnya¬† sesuai dengan instruksi audiolog,
  • Jaga agar alat bantu dengarnya tetap kering, dan
  • Bicarakan dengan audiolog anak Anda tentang cara melakukan pemeriksaan pendengaran pada alat bantu dengar anak Anda.

Alat bantu dengar dapat membantu dengan berbagai jenis gangguan pendengaran pada anak-anak dari segala usia. Seorang audiolog dapat membantu menemukan alat bantu dengar terbaik untuk anak Anda. Audiolog adalah profesional perawatan kesehatan yang memberikan perawatan berpusat pada pasien dalam pencegahan, identifikasi, diagnosis, dan pengobatan berbasis bukti pendengaran, keseimbangan, dan gangguan lainnya untuk orang-orang dari segala usia. Kunjungi Pusat Alat Bantu Dengar di daerah anda dan anda dapat melakukan konsultasi dengan audilognya.

 

 

 

 

 

 

Sumber : https://www.asha.org/public/hearing/hearing-aids-for-children/

 

Berikan Rating Artikel Ini