Alat Bantu Dengar Anda Mendengung ?

alat bantu dengar mendengung

Alat bantu dengar anda mendengung ?, Alat bantu dengar terkadang mendengung, sama seperti ponsel Anda saat terlalu dekat dengan radio. apa yang dapat Anda lakukan.?

Jika Anda memakai alat bantu dengar, Anda akan mengalami dengung di beberapa titik. Itu bisa terjadi kapan saja dan dengung itu disebut  umpan balik (feedback) alat bantu dengar.

Bagaimana umpan balik (feedback) alat bantu dengar terjadi?

Umpan balik (feedback) alat bantu dengar terjadi ketika suara yang seharusnya masuk ke saluran telinga Anda keluar dari telinga Anda dan melompat kembali ke mikrofon alat bantu dengar. Suara tersebut kemudian diperkuat kembali, dan ini menyebabkan alat bantu dengar Anda dengung. Umpan balik (feedback) ini dapat terjadi dalam konteks yang berbeda, seperti saat Anda memakai alat bantu dengar di pagi hari dan melepasnya di malam hari, atau saat seseorang memeluk Anda. Ini sangat normal karena alat bantu dengar bereaksi terhadap suara yang memantul kembali dari lingkungan Anda. Umpan balik (feedback) alat bantu dengar juga bisa menjadi tanda bahwa ada sesuatu yang salah dengan alat bantu dengar Anda, atau alat tersebut perlu dibersihkan. Dalam hal ini, sebaiknya berkonsultasi dengan profesional perawatan alat bantu dengar Anda.

Apa yang menyebabkan alat bantu dengar saya dengung dan apa yang dapat saya lakukan?

Banyak alat bantu dengar datang dengan feedback canceler, tetapi ini tidak sepenuhnya melindungi Anda dari umpan balik (feedback)

Sejumlah hal dapat menyebabkan alat bantu dengar Anda berbunyi. Berikut adalah alasan paling umum untuk memberikan masukan dan cara mengatasinya.

Tidak pas:

Sama seperti bagian tubuh lainnya, telinga Anda berubah seiring waktu. Mereka bahkan mungkin berubah bentuk. Jika ya, penutup telinga menjadi longgar dan tidak tersegel dengan benar. Ini berarti suara menjauh dari telinga Anda dan melompat kembali ke alat bantu dengar Anda. Dan itu menyebabkan umpan balik. Untuk memperbaikinya, pasang earmold baru di telinga Anda. Penambahan atau penurunan berat badan juga dapat memengaruhi telinga dan ukuran penutup telinga Anda.

Secara umum

jika alat bantu dengar Anda tidak dipasang dengan benar di telinga Anda, ini memberikan suara kesempatan untuk keluar dan masuk kembali ke mikrofon alat bantu dengar, jadi pastikan alat tersebut terpasang dengan baik dan kencang di telinga Anda. Anda selalu dapat meminta seseorang untuk memeriksa apakah sudah benar atau menemui ahli perawatan pendengaran Anda.

Volume terlalu tinggi

Terkadang Anda tergoda untuk menaikkan volume pada alat bantu dengar Anda. Tapi memutarnya terlalu keras bisa memaksa suara masuk kembali ke alat bantu dengar Anda, yang menyebabkan siulan. Kecilkan volume alat bantu dengar Anda dan hindari titik di mana suara menjadi sangat keras sehingga menimbulkan umpan balik.

Pipa (Tubing) rusak

Untuk beberapa alat bantu dengar, selang yang terhubung ke earmold bisa mengeras dan menyusut. Terkadang selang kemudian mulai menarik penutup telinga, sehingga tidak pas lagi. Artinya, inilah saatnya untuk mendapatkan tabung baru.

Terlalu banyak kotoran telinga

 Alat bantu dengar membantu Anda mendengar karena memberikan suara ke saluran telinga Anda. Tetapi jika liang telinga tersumbat oleh terlalu banyak kotoran telinga, suaranya tidak dapat masuk. Jadi, itu memantul kembali ke alat bantu dengar Anda Рdan saat itulah mereka mulai bersiul. Kotoran telinga yang berlebihan juga dapat menyumbat saluran telinga dan Рselain menyebabkan masalah dengan alat bantu dengar Рmenyebabkan sakit telinga atau merusak pendengaran Anda.

Mikrofon lepas

Umpan balik alat bantu dengar juga dapat disebabkan oleh mikrofon yang longgar atau bergeser. Ahli perawatan pendengaran Anda dapat membantu Anda mengatasi masalah ini.

Jika Anda terus mengalami masalah dengan umpan balik alat bantu dengar dan tidak dapat mengetahui alasannya, mintalah bantuan profesional perawatan pendengaran Anda.