Alat Bantu Dengar Horn Rimmed

Bagikan

Selama bertahun-tahun, terdapat beberapa cara berbeda untuk membantu memperbesar suara yang diadapat, mulai dari alat pembesar suara berbentuk seperti corong, hingga implan koklea. Jika Anda mengalami jenis gangguan pendengaran tertentu dan Anda juga memakai kacamata, ada sesuatu yang tersedia di pasar yang bisa membantu Anda sekarang ini.

Alat bantu dengar jenis ini dikenal dengan nama alat bantu eyeglass. Di pertengahan abad ke 20 alat bantu ini mulai dikenal, sebelum adanya alat pengeras suara yang diletakan di telinga. Pada saat itu penggunaan kacamata horn rimmed sangatlah populer, jadi mengapa tidak memakai alat bantu dengar di dalam rim kacamata karena penggunaan ini sudah populer sejak dulu? Tetapi penggunaan alat bantu dengar jenis ini bukanlah yang terbaik karena alat ini tidak fleksibel sehubungan dengan gaya-gaya kacamata yang tersedia saat itu sangat terbatas cakupannya. Jika Anda memakai alat bantu horn rimmed, Anda harus memakai kacamata dan alat pembesar suara, atau tidak sama sekali.

Sekarang ini, bila Anda memakai kacamata, Anda bisa memakainya sekaligus dengan alat bantu dengar dengan menggunakan jenis alat bantu dengar yang dimasukkan ke dalam telinga atau alat yang bisa diletakkan disebelah lengan. Akan ada beberapa situasi dimana alat khusus di dalam kacamata akan cocok untuk Anda, seperti ketika Anda menderita ketulian sebelah, dimana alat bantu pengeras suara bisa disambungkan oleh frame kacamata dengan telinga sebelahnya yang masih bagus. Dengan begitu suara yang lebih keras bisa terdengar lebih baik.

Sekarang ini orang-orang yang akan memiliki keuntungan dengan jenis alat bantu dengar horn rimmed ini adalah orang-orang yang menyukai sisi kosmetika darinya atau orang-orang yang memiliki masalah dengan jalan masuk suara, seperti penyumbatan atau infeksi telinga yang terjadi secara konstan sehingga tidak mungkin memakai alat pengeras suara secara langsung.

Ada dua jenis pengeras suara kacamata, salah satunya yaitu kacamata konduksi tulang (bone conduction spectacles) dimana suara dikirim oleh sebuah receiver yang diletakkan tepat di tulang telinga dengan tekanan dari batang kacamata. Suara itu lalu dikirim ke siput telinga dari vibrasi di dalam tulang telinga. Orang-orang yang tidak cocok dengan alat bantu dengar reguler untuk alasan apapun biasanya akan menggunakan jenis alat bantu dengar ini. Yang lainnya yaitu kacamata konduksi udara (air conduction spectacles). Alat ini dipasang langsung menempel pada batang kacamata. Ketika Anda perlu memebersihkan kacamata ini, maka alat bantu dengarnya akan copot pada saat yang sama.

Seiring dengan teknologi yang semakin canggih, maka terciptalah alat bantu dengar kacamata yang sensitif di dalam empat arah berbeda melalui penggunaan mikrofon mini pada masing-masing sisi frame sehingga pengguna akan bisa menengar suara dari arah berbeda dengan sedikit gangguan dan suara bising di latar belakang.

Leave a Reply

Your email address will not be published.