Alat Bantu Dengar Rusak Saat Bepergian

alat bantu dengar rusak

Khawatir tentang alat bantu dengar yang rusak saat Anda bepergian? 

Meskipun alat bantu dengar biasanya tahan pakai dan tahan lama, bukan hal yang aneh jika alat tersebut membutuhkan perawatan. Sebagian besar pengguna alat bantu dengar memakai alat bantu mereka hampir sepanjang hari, jadi tidak mengherankan jika alat bantu dengar terkadang mengalami kerusakan.

Meskipun mengalami masalah dengan alat bantu dengar saat berada di rumah bisa membuat frustasi, hal-hal bisa menjadi lebih rumit jika Anda bepergian. 

Banyak orang beranggapan bahwa memperbaiki alat bantu dengar itu mahal, tetapi kenyataannya tidak selalu demikian. Bahkan, terdapat beberapa merk yang memberikan layanan perbaikan alat bantu dengar gratis jika produk Anda masih dalam garansi 

Tanpa alat bantu dengar bisa membuat stres, terutama jika Anda menderita gangguan pendengaran sedang atau berat. Jika pikiran untuk bepergian ke luar negeri tanpa alat bantu dengar membuat Anda takut, pastikan untuk memiliki Layanan Perbaikan Internasional.

Apa perbaikan alat bantu dengar yang paling umum?

Jika alat bantu dengar Anda mungkin tidak berfungsi, mungkin perlu suku cadang pengganti atau perbaikan sederhana. Faktanya, sebagian besar perbaikan alat bantu dengar disebabkan oleh masalah berikut:

Kelembaban

Kecuali Anda memakai alat bantu dengar tahan air, alat bantu dengar Anda tidak akan bereaksi dengan baik terhadap air. Jika kelembapan menumpuk di perangkat, hal itu dapat memengaruhi kualitas suara dan menyebabkan alat bantu dengar Anda berhenti berfungsi. Audiolog dapat membantu menghilangkan kelembapan dari perangkat agar Anda dapat mendengar suara dengan lebih jelas. Jika sirkuit di dalam alat bantu dengar rusak, mereka dapat mengaturnya untuk dikirim ke pabrikan untuk diperbaiki dan pemeriksaan tambahan.

Tubing rusak

Tubing dapat dengan mudah rusak dan sering kali menurun seiring waktu. Jika kotoran tersangkut di dalam pipa atau jika terlalu meregang, suara tidak akan terdengar dengan baik. Namun, ini adalah salah satu masalah termudah untuk diselesaikan dan ahli pendengaran dapat mengganti selang pada alat bantu dengar Anda dalam waktu singkat.

Mikrofon rusak

Jika mikrofon pada alat bantu dengar Anda tidak berfungsi, mikrofon tidak akan dapat menangkap suara dan menyampaikannya kepada Anda. Jika ini terjadi, audiolog dapat memperbaiki mikrofon itu sendiri atau mengganti dengan yang baru.

Mencegah perbaikan alat bantu dengar

Perawatan alat bantu dengar secara teratur dapat membantu menghindari kebutuhan akan layanan perbaikan, yang merupakan kabar baik bagi pemakai alat bantu dengar! Dengan membiarkan pintu kompartemen baterai terbuka semalaman, misalnya, Anda dapat membiarkan kelembapan berlebih menguap, sehingga mencegah penumpukan air di dalam alat bantu dengar itu sendiri.

Demikian pula, membersihkan alat bantu dengar secara teratur atau menggunakan pelindung lilin dapat membantu menghindari masalah dengan alat bantu dengar Anda. Lilin berlebih dan penumpukan kotoran dapat dengan mudah menghalangi pipa dan komponen lain pada alat bantu dengar Anda, yang dapat menyebabkan suara teredam atau tidak ada suara sama sekali.

Dengan membersihkan perangkat Anda secara rutin, Anda dapat mencegah hal ini terjadi dan menghindari kebutuhan akan perbaikan spesialis. Selain itu, audiolog Anda mungkin dapat menggunakan alat pembersih spesialis untuk melakukan perbaikan di tempat dengan cepat.

Apa pun jenis gangguan pendengaran yang Anda alami, tanpa alat bantu dengar dapat memengaruhi kepercayaan diri dan kualitas hidup Anda.