Sebelum mengetahui beberapa tips atau tindakan yang dilakukan ketika alat bantu dengar rusak atau tidak bekerja dengan baik. Kita perlu mengetahui beberapa informasi singkat mengenai gangguan pendengaran. Gangguan pendengaran adalah proses alami dan normal dari proses penuaan. Namun, kebisingan yang berlebihan merupakan penyebab utama dari gangguan pendengaran. Gangguan pendengaran permanen dapat muncul dengan cepat ketika terpapar oleh suara suara tertentu.

Bagaimana mengetahui gejala umum dari gangguan pendengaran? Gangguan pendengaran biasanya dialami oleh kaum lanjut usia, tetapi tidak menutup kemungkinan bahwa anak anak dan dewasa dapat mengalami gangguan pendengaran yang disebabkan oleh faktor lain. Gejala gejala umum gangguan pendengaran adalah:

  1. Meminta orang lain untuk mengulangi perkataan mereka.
  2. Menyalakan TV atau radio dengan volume keras.
  3. Mengalami kesulitan memahami percakapan dalam keadaan bising.
  4. Mendengar percakapan orang lain seperti bergumam.
  5. Mengalami kesulitan mendengar suara perempuan dan anak-anak.
  6. Mengalami kesulitan memahami percakapan saat berbicara via telepon.
  7. Mudah marah atau merasa tertekan.
  8. Menghindari situasi sosial yang dulunya menyenangkan.
  9. Memiliki kesulitan mengikuti percakapan yang cepat.
  10. Selalu kehilangan informasi penting dalam pertemuan.
  11. Diberitahu oleh pihak lain bahwa anda mungkin terkena gangguan pendengaran.

Jika anda mengalami gejala gejala umum yang disebutkan di atas, kemungkinan anda telah mengalami gangguan pendengaran yang tidak anda sadari. Seiring waktu, kemampuan pendengaran anda dalam merangsang suara dari telinga ke otak akan terganggu. Semakin buruk dalam pengenalan suara, semakin sulit pula untuk disembuhkan. Tindakan selanjutnya adalah menghentikan efek negatif dari gangguan pendengaran. Memulai konsultasi dengan dokter THT atau audiolog. Anda juga perlu menemui spesialis alat bantu dengar yang akan membantu anda menemukan seberapa tingkat gangguan pendengaran anda. Para ahli juga akan memastikan anda akan menerima evaluasi yang komprehensif serta pengukuran tepat dari masalah gangguan pendengaran anda. Alat bantu dengar menjadi bagian penting yang dapat membantu pendengaran anda sehingga anda tetap bisa berkomunikasi dengan orang tercinta anda.

Apa yang harus dilakukan ketika alat bantu dengar rusak atau tidak bekerja dengan baik?

Ketika anda mendapati alat bantu dengar tidak bekerja, ada hal yang harus di cek terlebih dahulu sebelum menemui ahli reparasi.

1. Memeriksa dan mengganti baterai
Kadang-kadang baterai mengalami kerusakan sehingga ketika salah satu alat dengar anda dapat bekerja dengan baik menggunakan baterai baru sedangkan yang lain tidak. Maka anda harus pertimbangkan untuk mengganti perangkat baterai.

2. Periksa mikrofon dan tabung receiver
Bagian ini terdapat di saluran yang menghubungkan pada telinga anda mungkin mengalami penyumbatan. Anda dapat membersihkannya dengan sikat pembersih untuk menghilangkan kotoran dan membersihkan jalur. Ketika mikrofon tersumbat maka suara tidak dapat disalurkan ke telinga.

3. Mencoba mengatur ulang alat bantu dengar beserta perangkatnya
Alat bantu dengar mungkin mengalami masalah koneksi. Anda dapat mencoba membuka penutup baterai untuk mematikannya kemudian aktifkan ulang perangkat anda seperti smartphone atau tablet. Kemudian anda bisa menutup kembali penutup baterai dan setelah perangkat anda hidup pastikan alat bantu dengar “resync” dengan perangkat anda.

Jika anda terus mengalami gangguan teknis dan hal hal diatas sudah dilakukan tapi alat bantu dengar tetap tidak dapat bekerja, maka anda perlu menghubungi “technical support” dari perusahaan alat bantu dengar tersebut.