Alat Bantu Dengar Untuk Gangguan Pendengaran Ringan

gangguan pendengaran ringan

Alat bantu dengar merupakan komponen penting bagi mereka yang membutuhkan. Gangguan pendengaran adalah defisit sensorik yang paling umum dialami oleh kebanyakan manusia. Gangguan ini merupakan masalah kesehatan masyarakat utama dengan biaya ekonomi dan sosial yang besar. Kehilangan pendengaran bagi orang dewasa yang tidak diobati mengakibatkan kesulitan komunikasi. Hal ini dapat menyebabkan isolasi sosial dan penarikan diri, depresi serta penurunan kualitas hidup. Gangguan pendengaran juga terkait dengan peningkatan risiko demensia.

Fakta Gangguan Pendengaran Menurut WHO

Menurut data dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO 2008), gangguan pendengaran adalah beban penyakit global ke-13 yang paling umum diderita oleh semua masyarakat di seluruh dunia. Mengatasi gangguan pendengaran diperkirakan akan dapat membantu 360 juta orang secara global (5,3% dari populasi dunia) untuk hidup lebih baik.

Mayoritas Penderita gangguan pendengaran (92%) adalah mereka yang didefinisikan sebagai ringan atau sedang. Gangguan pendengaran ringan diindikasikan sebagai level pendengaran (HL) 26 hingga 40 dB. Dan digambarkan sebagai kemampuan untuk mendengar serta mengulangi kata-kata yang diucapkan dengan suara normal pada jarak satu meter. Kehilangan pendengaran sedang diindikasikan sebagai 41 hingga 60 dB HL. Dan digambarkan sebagai kemampuan untuk mendengar dan mengulangi kata-kata dengan menggunakan suara yang dinaikkan pada jarak satu meter. Selain hilangnya sensitivitas pendengaran, mungkin ada defisit sensorik tambahan dari pemrosesan temporal dan spektral yang berkontribusi pada kesulitan mendengarkan.

Penanganan Gangguan Pendengaran Ringan

Tidak ada perawatan medis atau bedah yang efektif untuk gangguan pendengaran sensorineural ringan hingga sedang. Sehingga intervensi klinis utama adalah penggunaan alat bantu dengar akustik. Menurut Kirkwood (2013) Diperkirakan pada tahun 2012 bahwa 11 juta alat bantu dengar dijual di seluruh dunia. Alat bantu dengar mendeteksi dan memperkuat suara. Kemudian mengirimkan sinyal akustik yang diperkuat melalui konduksi udara ke saluran pendengaran eksternal di sisi yang sama dengan sinyal yang terdeteksi. Perangkat pendengaran dikelompokkan berdasarkan tempat di mana mereka dikenakan (misalnya di belakang-telinga, di dalam telinga, di dalam kanal, benar-benar di kanal). Atau diklasifikasikan oleh teknologi mereka (yaitu analog, semi analog yang dapat diprogram secara digital atau alat bantu dengar digital). Alat ini biasanya dipasang oleh para profesional kesehatan yang telah dilatih sebagai audiologi atau perawat profesional alat bantu dengar.

Alat bantu dengar bisa bersifat unilateral atau bilateral dan biasanya di program sesuai dengan ambang batas pendengaran murni pengguna menggunakan formula resep alat bantu. Perubahan pada program alat bantu dengar dapat dilakukan sesuai dengan preferensi subyektif untuk kualitas suara, seperti persepsi kenyaringan suara. Orientasi alat bantu dengar yang mencakup informasi tentang penggunaan dan perawatan alat bantu dengar, harapan dan batasan biasanya ditawarkan sebagai perawatan secara umum.

Penggunaan alat bantu dengar untuk menguatkan suara tidak serta merta mengembalikan fungsi pendengaran. Karakteristik respon frekuensi dari alat bantu dengar, distorsi yang timbul dari kliping puncak, kejernihan yang buruk atau suara yang keras semua dapat berdampak pada keberhasilan mendengarkan.

Tetapi perlu dicatat, penggunaan alat dengar sangat membantu bagi penderita gangguan pendengaran ringan untuk dapat hidup lebih baik. Paling tidak, dengan menggunakan alat bantu dengar, maka gangguan pendengaran tidak menjadi lebih buruk di kemudian hari.

Dimana Dapat Memperoleh Alat Bantu Pendengaran Yang Sesuai?

Jika Anda belum melakukan tes pendengaran, belum menemukan tempat untuk melakukan konsultasi terkait gangguan pendengaran,  namun sudah merasa memiliki gejala gangguan ringan, maka Anda bisa menghubungi ABDI di sini. ABDI menyediakan berbagai varian alat bantu dengar lengkap sesuai dengan kebutuhan pendengaran anda yang unik. Para profesional pendengaran ABDI akan selalu siap membantu Anda menemukan solusi pendengaran terbaik melalui penggunaan alat bantu dengar kami.