Alat Bantu Dengar yang Sesuai Dengan Kebutuhan

Berbicara tentang alat bantu dengar, ada begitu banyak pilihan menakjubkan di pasaran yang bisa dipilih untuk membantu para penderita gangguan pendengaran. Ketika Anda diharuskan untuk memutuskan model alat bantu dengar seperti apa yang harus dibeli, terkadang hal itu membuat frustasi dan bingung pada saat bersamaan. Ada banyak hal yang harus Anda pertimbangkan sebelum membuat keputusan akhir. Harga alat bantu dengar bervariasi, dimulai dari beberapa ratus dolar untuk sebuah alat pengeras suara sampai $30.000 untuk sebuah implan koklea. Pertimbangan ini kemudian akan dipersempit dengan memerhatikan keuntungan dan kerugian suatu produk. Serta risiko dan apa yang akan Anda dapatkan atau peroleh dari alat ini. Lebih dari yang Anda pikirkan, ada banyak hal lain untuk dipertimbangkan ketika berbicara soal memilih alat bantu dengar yang sesuai.

 

Gangguan Pendengaran Dalam Bentuk Paling Ringan

Gangguan pendengaran jenis ini secara normal akan sangat memengaruhi Anda ketika berada di sebuah lingkungan yang bising dan ramai. Jika baru-baru ini Anda didiagnosis menderita gangguan pendengaran tahap awal, mungkin Anda belum disarankan untuk memakai alat bantu dengar. Penderita yang berada di tingkat menengah gangguan pendengaran mungkin dapat memanfaatkan alat “open fit”. Alat berukuran kecil ini dipasang di belakang telinga dan menggunakan sebuah earbud kecil yang memanjang masuk hingga ke dalam kanal telinga untuk membantu memperkuat suara-suara yang tidak terdengar dengan baik.

Kemampuan pendengaran Anda dapat ditingkatkan sebagian besar berkat teknologi “open fit” ini. Alat penguat suara perorangan dirancang untuk memiliki bentuk yang sama seperti alat dengar telepon genggam yang dipakai di telinga Anda. Alat itu dilengkapi level pengeras suara yang Anda butuhkan ketika berada di situasi ramai dan tidak bisa mendengar apa pun di sekitar Anda. Seseorang yang membutuhkan tambahan penguat suara, tetapi belum saatnya untuk memakai alat bantu dengar, akan merasakan banyak manfaat dari pilihan ini.

 

Menghadapi Penderita denggan Gangguan Pendengaran Tingkat Sedang

Akan sangat berguna bagi penderita gangguan pendengaran tingkat sedang jika menggunakan alat bantu dengar. Alat bantu ini menawarkan pengeras suara dalam tingkat tertentu yang berpengaruh pada situasi pendengaran yang Anda alami. Alat bantu ini juga hadir dalam berbagai pilihan yang akan membuat Anda tertarik untuk memilikinya. Selain itu, berbagai kemajuan dalam teknologi juga memudahkan para penderita gangguan pendengaran untuk berkomunikasi menggunakan jaringan nirkabel (wireless) melalui perangkat Bluetooth. Pusat Alat Bantu Dengar di wilayah Anda dapat menjelaskan segala hal perihal beberapa perbedaan dalam pembuatan alat bantu dengar.

Jika Anda tidak ingin memakai alat bantu dengar sehari-hari, maka selalu ada pilihan untuk menggunakan salah satu perangkat implan yang ditawarkan. Alat bantu dengar extended-wear dimasukkan ke dalam kanal telinga yang berjarak cukup dekat dengan bagian dalam telinga Anda. Alat bantu dengar jenis ini dapat bertahan sekitar empat bulan sebelum baterainya diganti oleh penyedia layanan. Pada saat itu penyedia layanan juga akan memeriksa perangkat atau alat bantu dengar. Dan kemudian memasangkan kembali di telinga Anda untuk durasi pemakaian selanjutnya. Karena alat ini dipasang di dalam kanal telinga, Anda akan memerlukan pengendali jarak jauh yang bersifat magnetik untuk menaikkan dan menurunkan volume.

 

Penderita dengan Gangguan Pendengaran yang Parah

Seseorang yang sedang menderita gangguan pendengaran parah tidak akan bisa merasakan manfaat dari penggunaan alat bantu dengar. Beberapa orang menggunakan alat bantu untuk meningkatkan kepekaan terhadap peristiwa yang terjadi di sekitar mereka. Akan tetapi, implan koklea adalah salah satu pilihan terbaik yang bisa digunakan penderita dalam situasi tertentu. Implan koklea menggunakan sebuah kabel tipis yang mengirimkan sinyal elektris untuk menggantikan syaraf dalam koklea. Ada sebuah magnet di bawah jaringan kulit Anda yang menghubungkan ke kabel tersebut. Anda juga harus memasangkan alat bantu dengar di belakang telinga dengan magnet di atasnya. Magnet di bagian luar terhubung secara langsung dengan magnet yang terpasang di bawah kulit dan tepat di atas telinga Anda. Ketika suara masuk ke alat bantu dengar, akan dikirimkan ke dalam magnet di sepanjang alat implan itu.

Be the first to comment

Leave a Reply