Alat Bantu Pendengaran Tidak Mengembalikan atau Memperbaiki Pendengaran Yang Hilang

Bagikan

Ada sekitar 20 juta orang di Amerika mengalami masalah di pendengaran dan hanya sekitar 12% saja yang menggunakan alat bantu dengar. Seorang  audiologis terkemuka berpendapat bahwa sebagian besar orang yang menyadari mereka memiliki gangguan pendengaran tidak akan melakukan apa-apa selama 5 tahun pertama hingga akhirnya mereka memutuskan untuk memakai alat bantu dengar. Hal ini dikarenakan stigma yang beredar di masyarakat bahwa alat bantu dengar akan membuat seseorang tidak menarik, tidak akan laku lagi di pangsa pasar jodoh, membuat seseorang terlihat tua dan alatnya berat serta tidak nyaman di telinga.

Perkembangan teknologi alat bantu dengar sudah berlangsung selama 50 tahun. Teknologi yang paling baru dan berhasil adalah canal aid. Alat ini diberi nama “Reagan Aid” untuk menghormati mantan Presiden Amerika yang juga menggunakan alat bantu pendengaran jenis ini. Canal aid ini dibuat hanya setahun lalu dengan menggunakan teknologi termutakhir. Alat ini dibuat agar sesuai dengan saluran telinga, berbentuk kecil hampir tidak terlihat dan beratnya hanya beberapa gram saja. Alat ini dirancang untuk meningkatkan pola suara namun alat ini tidak bisa digunakan untuk gangguan pendengaran parah.

Sayangnya bentuk canal aid yang kecil menimbulkan masalah yaitu susahnya memproduksi alat ini dalam jumlah besar dengan harga bersaing. Jika diberi pilihan, kebanyakan pria akan memilih menggunakan alat ini. Sedangkan para wanita lebih memilih model alat bantu yang diselipkan ke belakang telinga karena bisa ditutupi oleh rambut.

Orang yang mengalami gangguan pendengaran seharusnya menunjukkan bukti diagnosis dan persetujuan dari tenaga medis professional sebelum mereka memesan alat bantu dengar. Dan sebaiknya bukti diagnosis serta persetujuan itu berasal dari dokter spesialis THT namun jika tidak ada, diagnosis dari dokter umum sudah cukup untuk memesan alat. Alasan kenapa orang yang mengalami gangguan pendengaran dianjurkan datang ke dokter dahulu karena mungkin saja penyebabnya karena infeksi yang bisa disembuhkan dengan obat-obatan atau operasi.

Bisa saja pasien langsung datang ke tempat penjualan alat bantu dengar tanpa membawa bukti diagnosis dan persetujuan dari dokter, namun itu berarti mereka mengabaikan apa yang terbaik bagi mereka. Penjual akan memberikan surat pernyataan bahwa risiko di masa mendatang adalah tanggung jawab pasien sendiri lalu akan menguji pendengaran pasien. Disarankan pasien mencari audiologis bersertifikat untuk hasil uji pendengaran yang tepat. Pembeli juga disarankan untuk menanyakan kepada penjual apakah ada alat bantu yang bisa dicoba secara cuma-cuma agar mudah dalam memilih nanti.

Alat bantu dengar semakin lama akan semakin canggih dan ukurannya pun semakin kecil. Namun para penderita harus tahu dan ingat bahwa itu hanya sekedar alat bantu. Alat bantu dengar hanya bisa memperkeras suara yang diterima oleh telinga, tidak akan pernah bisa mengembalikan atau memperbaiki pendengaran yang hilang.

Leave a Reply

Your email address will not be published.