Apa itu Alat Bantu Dengar Telinga?

Alat bantu dengar adalah perangkat elektronik kecil yang Anda kenakan di dalam atau di belakang telinga Anda. Itu membuat beberapa suara lebih keras sehingga seseorang dengan gangguan pendengaran dapat mendengarkan, berkomunikasi, dan berpartisipasi lebih penuh dalam kegiatan sehari-hari. Alat bantu dengar dapat membantu orang lebih banyak mendengar dalam situasi sunyi dan bising. Namun, hanya sekitar satu dari lima orang yang akan mendapat manfaat dari alat bantu dengar yang benar-benar menggunakan satu.

Alat bantu dengar memiliki tiga bagian dasar: mikrofon, amplifier, dan speaker. Alat bantu dengar menerima suara melalui mikrofon, yang mengubah gelombang suara menjadi sinyal listrik dan mengirimkannya ke amplifier. Penguat meningkatkan kekuatan sinyal dan kemudian mengirimkannya ke telinga melalui speaker.

Bagaimana Alat Bantu Dengar Telinga Dapat Membantu?

Alat bantu dengar terutama bermanfaat dalam meningkatkan pemahaman pendengaran dan bicara orang yang mengalami gangguan pendengaran yang dihasilkan dari kerusakan sel-sel sensorik kecil di telinga bagian dalam, yang disebut sel rambut. Jenis gangguan pendengaran ini disebut gangguan pendengaran sensorineural . Kerusakan dapat terjadi sebagai akibat penyakit, penuaan, atau cedera dari kebisingan atau obat-obatan tertentu.

Alat bantu dengar memperbesar getaran suara yang masuk ke telinga. Sel-sel rambut yang bertahan mendeteksi getaran yang lebih besar dan mengubahnya menjadi sinyal saraf yang diteruskan ke otak. Semakin besar kerusakan sel-sel rambut seseorang, semakin parah gangguan pendengarannya, dan semakin besar amplifikasi alat bantu dengar yang dibutuhkan untuk membuat perbedaan. Namun, ada batasan praktis untuk jumlah amplifikasi yang dapat disediakan oleh alat bantu dengar. Selain itu, jika telinga bagian dalam terlalu rusak, bahkan getaran besar tidak akan dikonversi menjadi sinyal saraf. Dalam situasi ini, alat bantu dengar tidak akan efektif.

Bagaimana Dapat Mengetahui Jika Saya Membutuhkan Alat Bantu Dengar Telinga?

Jika Anda merasa mengalami gangguan pendengaran dan mendapat manfaat dari alat bantu dengar, kunjungi dokter Anda, yang mungkin merujuk Anda ke otolaryngologist atau audiologist. Otolaryngologist adalah dokter yang berspesialisasi pada gangguan telinga, hidung, dan tenggorokan dan akan menyelidiki penyebab gangguan pendengaran. Audiolog adalah ahli kesehatan pendengaran yang mengidentifikasi dan mengukur gangguan pendengaran dan akan melakukan tes pendengaran untuk menilai jenis dan tingkat kehilangan.

Apakah Semua Alat Bantu Dengar Bekerja Dengan Cara yang Sama?

Alat bantu dengar telinga bekerja berbeda tergantung pada elektronik yang digunakan. Dua jenis elektronik utama adalah analog dan digital.

Alat bantu analog mengubah gelombang suara menjadi sinyal listrik, yang diperkuat. Alat bantu dengar analog / dapat disesuaikan dibuat khusus untuk memenuhi kebutuhan setiap pengguna. Bantuan diprogram oleh pabrikan sesuai dengan spesifikasi yang direkomendasikan oleh audiolog Anda. Alat bantu dengar analog / yang dapat diprogram memiliki lebih dari satu program atau pengaturan. Seorang audiolog dapat memprogram bantuan menggunakan komputer, dan Anda dapat mengubah program untuk lingkungan mendengarkan yang berbeda — dari ruangan kecil yang sunyi menjadi restoran yang ramai hingga area besar yang terbuka, seperti teater atau stadion. Sirkuit analog / yang dapat diprogram dapat digunakan di semua jenis alat bantu dengar. Alat bantu analog biasanya lebih murah daripada alat bantu digital.

Alat bantu digital mengubah gelombang suara menjadi kode numerik, mirip dengan kode biner komputer, sebelum memperkuatnya. Karena kode ini juga mencakup informasi tentang nada atau kenyaringan suara, bantuan dapat diprogram khusus untuk memperkuat beberapa frekuensi lebih banyak daripada yang lain. Sirkuit digital memberi audiolog lebih banyak fleksibilitas dalam menyesuaikan bantuan dengan kebutuhan pengguna dan lingkungan mendengarkan tertentu. Bantuan ini juga dapat diprogram untuk fokus pada suara yang datang dari arah tertentu. Sirkuit digital dapat digunakan di semua jenis alat bantu dengar.

Leave a Reply