Alat Untuk Membantu Pendengaran Lebih Baik

Alat Untuk Membantu Pendengaran Lebih Baik
Bagikan

Jika Anda hidup dengan gangguan pendengaran, Anda tahu bahwa perlu upaya ekstra untuk berkomunikasi dengan orang lain. Ada banyak alat dan perangkat berbeda yang dapat membantu untuk meningkatkan kemampuan pendengaran Anda untuk berkomunikasi. Ini dapat membantu mengurangi stres untuk Anda dan orang-orang di sekitar Anda. Perangkat ini dapat meningkatkan kehidupan Anda dengan berbagai cara.

  • Dapat menghindari menjadi terisolasi secara sosial.
  • Bisa tetap lebih mandiri.
  • Bisa lebih aman di mana pun Anda berada.

Beberapa Alat Untuk Membantu Pendengaran Anda

Alat bantu Dengar

Alat bantu dengar adalah perangkat elektronik kecil yang pas di telinga Anda atau di belakang telinga. Ini memperkuat suara sehingga Anda lebih mampu berkomunikasi dan berpartisipasi dalam kegiatan sehari-hari. Alat bantu dengar terdiri dari tiga bagian. Suara diterima melalui mikrofon yang mengubah gelombang suara menjadi sinyal listrik yang dikirim ke amplifier. Penguat meningkatkan kekuatan sinyal dan mentransmisikannya ke telinga melalui speaker.

Ada tiga jenis alat bantu dengar:

Di belakang telinga (BTE). Komponen elektronik alat bantu dengar terdapat dalam wadah plastik keras yang dikenakan di belakang telinga. Ini terhubung ke cetakan telinga (earmold) yang cocok dengan telinga luar. Cetakan telinga memproyeksikan suara dari alat bantu dengar ke telinga. Dalam alat bantu dengar model terbuka yang lebih baru, unit di belakang telinga tidak menggunakan cetakan telinga (earmold). Sebaliknya itu terhubung ke tabung sempit yang masuk ke dalam saluran telinga.

In-the-ear (ITE). Dengan alat bantu dengar jenis ini, casing plastik keras yang memegang barang elektronik sepenuhnya masuk ke dalam telinga luar. Alat bantu dengar ITE dapat menggunakan kumparan elektronik yang disebut telecoil untuk menerima suara daripada mikrofon. Ini membuat pendengaran melalui telepon menjadi lebih mudah.

Alat bantu dengar saluran. Alat bantu dengar ini dibuat agar sesuai dengan ukuran dan bentuk telinga orang tersebut. Perangkat Completely-in-canal (CIC) sebagian besar tersembunyi di saluran telinga.

Audiolog akan membantu Anda memilih perangkat yang tepat untuk kebutuhan pendengaran dan gaya hidup yang sesuai dan tepat dengan Anda.

Perangkat Pendengar Asisten

Ketika banyak suara tercampur dalam satu ruangan, lebih sulit untuk mengambil suara yang ingin Anda dengar. Teknologi bantu membantu orang dengan gangguan pendengaran memahami apa yang dikatakan dan berkomunikasi dengan lebih mudah. Perangkat ini membawa suara tertentu langsung ke telinga Anda. Ini dapat meningkatkan pendengaran Anda dalam percakapan satu lawan satu atau di ruang kelas atau teater. Banyak perangkat mendengarkan sekarang bekerja melalui tautan nirkabel dan dapat terhubung langsung ke alat bantu dengar Anda atau implan koklea.

Jenis alat untuk membantu pendengaran termasuk:

Hearing Loop. Teknologi ini melibatkan lingkaran tipis kawat yang melingkari ruangan. Sumber suara seperti mikrofon, sistem alamat publik, atau TV rumah atau telepon mentransmisikan suara yang diperkuat melalui loop. Energi elektromagnetik dari loop diambil oleh perangkat penerima di penerima loop dengar atau telecoil dalam alat bantu dengar.

FM System. Teknologi ini sering digunakan di ruang kelas. Menggunakan sinyal radio untuk mengirim suara yang diperkuat dari mikrofon kecil yang dikenakan oleh instruktur, yang diambil oleh penerima yang dipakai siswa. Suara itu juga dapat ditransmisikan ke telecoil di alat bantu dengar atau implan koklea melalui loop leher yang dikenakan orang tersebut.

Sistem inframerah. Suara dikonversi menjadi sinyal cahaya yang dikirim ke penerima yang dipakai pendengar. Seperti halnya batang FM, orang yang memiliki alat bantu dengar atau implan dengan telecoil dapat mengambil sinyal melalui loop leher.

Personal Amplifier. Unit-unit ini terdiri dari sebuah kotak kecil seukuran ponsel yang memperkuat suara dan mengurangi kebisingan suara latar belakang untuk pendengar. Beberapa memiliki mikrofon yang dapat ditempatkan di dekat sumber suara. Suara yang ditingkatkan ditangkap oleh penerima seperti headset atau earbud.

Perangkat Peringatan

Perangkat peringatan membantu Anda mengetahui suara, seperti bel pintu atau telepon berdering. Mereka juga dapat memberitahu Anda tentang hal-hal yang terjadi di dekat Anda, seperti kebakaran, seseorang memasuki rumah Anda, atau aktivitas bayi Anda. Perangkat ini mengirimi Anda sinyal yang bisa Anda kenali. Sinyal mungkin berupa lampu yang berkedip, klakson, atau getaran.

Perangkat untuk Telepon

Ada banyak alat yang dapat membantu Anda mendengarkan dan berbicara di telepon. Perangkat yang disebut amplifier membuat suara lebih keras. Beberapa telepon memiliki amplifier built-in. Anda juga dapat memasang amplifier ke telepon Anda. Beberapa dapat dibawa dengan Anda, sehingga Anda dapat menggunakannya dengan telepon apa pun.

Beberapa amplifier dipegang di samping telinga. Banyak alat bantu dengar bekerja dengan perangkat ini tetapi mungkin memerlukan pengaturan khusus. Perangkat lain memudahkan penggunaan alat bantu dengar Anda dengan saluran telepon digital. Ini membantu mencegah distorsi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.