Apa Itu Alat Bantu Dengar?

Alat bantu dengar merupakan perangkat yang digunakan untuk membantu individu yang mengalami masalah gangguan pendengaran agar mereka mampu mendengar dengan jelas. Orang-orang yang mengalami permasalahan gangguan pendengaran biasanya membutuhkan alat bantu dengar pada kedua telinga atau hanya pada salah satu bagian telinga saja.

Perangkat alat bantu dengar ini mampu memberikan keuntungan tersendiri bagi mereka yang mengalami permasalahan pendengaran yang bersifat sebagian ataupun masalah pendengaran yang menyeluruh. Ketika membeli alat bantu dengar, sangat disarankan untuk memilih alat bantu dengar yang dapat diatur atau disesuaikan dengan kebutuhan pendengaran Anda.

Pada hakikatnya, alat bantu dengar terdiri dari beberapa bagian. Secara lebih detail, bagian dari alat bantu dengar tersebut terdiri dari amplifier atau pengeras, speaker, mikrofon, dan sumber daya alat bantu dengar yang berupa baterai. Perlu diketahui bahwa baterai yang digunakan pada alat bantu dengar berbeda-beda sesuai tipe alat bantu dengar. Mikrofon pada alat bantu dengar digunakan untuk menangkap suara, dimana suara akan dibuat menjadi lebih jelas dan lebih keras melalui amplifier. Ketika suara yang dihasilkan telah diperjelas, suara tersebut kemudian akan dikirim kepada telinga melalui speaker.

Terdapat dua jenis utama alat bantu dengar yaitu alat bantu dengar analog dan digital. Dengan alat bantu dengar analog, mikrofon akan mengubah suara menjadi gelombang listrik sebelum diperjelas oleh bagian amplifer. Sementara pada alat bantu dengar digital, gelombang suara akan diubah menjadi kode pemrograman angka yang berisi informasi tentang ketinggian dan kekerasan suara yang dihasilkan.

Karena alat bantu dengar hanya sebatas pengeras suara, mereka tidak dapat selalu digunakan oleh semua orang terutama pada mereka yang mengalami gangguan pendengaran total. Orang-orang yang mengalami permasalahan pendengaran, sebagian akan mempertimbangkan untuk memilih alat bantu dengar yang sesuai. Seringkali perusahaan alat bantu dengar menawarkan alat bantu dengar yang berbeda bentuk. Alat bantu dengar tersebut bisa digunakan untuk di luar telinga maupun di dalam telinga.

Ada beberapa jenis alat bantu dengar yang berbeda. Alat bantu dengar yang dipakai pada bagian luar telinga dikenal dengan sebutan BTE atau yang lebih populer dikenal sebagai Behind the ear, jenis alat bantu dengar ini akan membantu orang-orang dengan gangguan pendengaran yang ringan hingga sangat berat. Dengan alat bantu dengar BTE, mikrofon yang berada pada sisi luar akan menangkap suara dan kemudian suara ditransmisikan melalui chanel untuk menuju ke saraf pendengaran.

In the ear (ITE) merupakan alat bantu dengar yang akan dipasangkan di dalam telinga,alat bantu dengar ini dibuat sesuai dengan permintaan calon pengguna. Membaca review terkait dengan alat bantu dengar dan mendiskusikannya dengan ahli pendengaran akan membantu Anda dalam mendapatkan informasi mengenai manfaat yang bisa Anda dapatkan serta permasalahan yang mungkin akan muncul saat menggunakan alat bantu dengar.

Be the first to comment

Leave a Reply