Bagaimana Cara Kerja Alat Bantu Dengar?

Bagaimana Cara Kerja Alat Bantu Dengar? – Alat bantu dengar terbagi atas 3 bagian yakni mikrofon, amplifier dan sebuah speaker. Cara kerja tiap bagian ini ialah dimulai dari penerimaan suara melalui mikrofon kemudian diubah menjadi sebuah gelombang suara melalui sinyal elektrik dan diterima oleh amplifier. Amplifier bertugas untuk menambah kuatnya sinyal untuk kemudian mengirimnya ke telinga melalui speaker. Sebelum menggunakan alat bantu dengar, Anda harus melakukan pemeriksaan pendengaran untuk mengetahui ambang pendengaran Anda. Pemeriksaan dilakukan melalui audiogram, sehingga dapat menentukan alat bantu dengar seperti apa yang tepat untuk kebutuhan pendengaran Anda.

Cara Kerja Alat Bantu Dengar

Bagaimana Cara Kerja Alat Bantu Dengar?

Seperti disebutkan sebelumnya bahwa alat bantu dengar berfungsi meningkatkan pendengaran dan memahami pembicaraan orang lain akibat pendengaran yang berkurang. Biasanya disebabkan karena kerusakan sel rambut pada bagian dalam telinga. Kerusakan pada pendengaran juga dapat terjadi akibat penyakit, luka, penuaan atau karena penggunaan obat tertentu. Alat bantu dengar menolong Anda dengan memperbesar getaran suara yang ditangkap oleh telinga.

 

Sel rambut yang bertahan mendeteksi getaran terbesar dan mengubahnya menjadi sinyal listrik yang melewati otak. Kerusakan pada sel rambut yang besar akan membuat berkurangnya pendengaran yang lebih hebat. Penggunaan alat bantu dengar dapat membuat perbedaan yang cukup signifikan pada pendengaran seseorang dengan cara meningkatkan suara yang ditangkap oleh amplifier.

Kapan Membutuhkan Alat Bantu Dengar

Anda dapat mendeteksi apakah membutuhkan alat bantu dengar jika merasa pendengaran terasa berkurang dan mendapat perbedaan yang besar jika menggunakan alat bantu dengar. Apabila kurang yakin pergilah ke dokter yang mungkin seorang audiologis atau otolaryngologist. Otolaryngologist ialah dokter THT yang memang menangani permasalahan dalam gangguan pendengaran, tenggorokkan dan hidung. Dokter akan menginvestigasi apakah Anda memang mengalami pendengaran yang kurang sehingga membutuhkan alat bantu dengar atau tidak.

Seorang audiologist merupakan profesional kesehatan pendengaran yang mampu mengukur dan mengidentifikasi kemungkinan berkurangnya kemampuan pendengaran Anda. Kemudian melakukan tes pendengaran dengan menggunakan beberapa alat kesehatan medis untuk mengukur tingkat pendengaran yang mampu Anda tangkap.

Be the first to comment

Leave a Reply