Beberapa Tips Pengguna Alat Bantu Dengar Saat Mengemudi

alat bantu dengar

Jika anda mengalami gangguan pendengaran dan pengguna alat bantu dengar, pendengaran anda memainkan peran besar dalam bagaimana berinteraksi dengan dunia luar, bahkan di dalam mobil anda.  inilah yang perlu anda ketahui sebelum berkendara.

Hampir setengah dari populasi di atas usia 65 memiliki beberapa bentuk gangguan pendengaran, dan sebagian dari mereka tetap melakukan  kesehariannya, Kehilangan pendengaran seharusnya tidak menghentikan mereka dari mengendarai mobil, tetapi mereka perlu mengambil tindakan ekstra untuk melindungi diri mereka sendiri dan orang lain di dalam kendaraan.

Apakah mereka memakai alat bantu dengar atau tidak, ada cara yang dapat meningkatkan kesadaran dan meningkatkan keselamatan saat berada di jalan. dengan  menambah langkah – langkah antipasi pada rutinitas perjalanan mereka, dan hal tersebut dapat mencegah kecelakaan fatal.

Disarankan bahwa pengemudi dengan gangguan pendengaran sedang hingga berat mendapatkan alat bantu dengar, terutama jika mereka secara teratur menyetir sendiri dan orang lain. Namun, bahkan gangguan pendengaran ringan sekalipun dapat menyebabkan masalah saat mengemudi. Berikut adalah beberapa tips untuk membantu Anda tetap waspada terhadap sirene darurat, klakson, dan suara-suara lain di jalan.

Selalu kenakan alat bantu dengar Anda saat mengemudi.

Jika and pengguna alat bantu degar  sangat penting bagi anda untuk memakainya. karena alat bantu dengar bisa menjadi penyelamat anda untuk menghindari kecelakaan yang fatal. Jika anda belum memiliki alat bantu dengar, pertimbangkan untuk membelinya. alat tersebut  dapat melakukan lebih dari membantu anda saat mengemudi.

Pastikan alat bantu dengar Anda diisi sebelum pergi. Hal terakhir yang Anda inginkan adalah baterai mati di jalan. Pastikan Anda memiliki baterai cadangan. Jika Anda memiliki alat bantu dengar yang dapat diisi ulang, pastikan sudah terisi penuh, dan bawa pengisi baterai portabel Anda untuk perjalanan.

Hindari mendengarkan musik di jalan.

Musik dapat mengalihkan perhatian siapa pun, terlepas dari pendengaran mereka. Namun, mereka yang mengalami gangguan pendengaran lebih mungkin menemukan diri mereka tenggelam dalam suara, terutama di ruang sempit seperti mobil. Matikan radio, atau matikan sepenuhnya.

Memasang  kaca spion yang lebih besar.

Di beberapa negara, mereka yang mengalami gangguan pendengaran diharuskan memiliki kaca spion besar. Meskipun ini tidak sepenuhnya menghilangkan titik-titik buta, ini dapat memberi Anda perluasan jangkauan yang sangat dibutuhkan.

Pastikan GPS Anda keras dan jelas.

Melihat GPS atau telepon Anda terlalu banyak dapat memengaruhi mengemudi Anda, dan mereka yang mengalami gangguan pendengaran harus terus mengawasi jalan. Pastikan GPS Anda menggunakan suara yang jelas dan mudah dipahami, jadi Anda tidak perlu terus mencari arah.

Beri tahu penumpang untuk tenang.

Banyak orang suka berbicara di dalam mobil, tetapi ini bisa mengganggu dan keras. Dengan sopan minta setiap orang untuk menahan suaranya, dan menghindari percakapan saat mengemudi. Jika Anda berkendara dengan anak-anak, pastikan mereka memahami bahwa volume rendah diperlukan untuk keselamatan mereka.

Periksa penglihatan dan pendengaran Anda sesering mungkin.

Visi Anda adalah indera utama Anda saat mengemudi, dan Anda lebih mengandalkannya saat mengalami gangguan pendengaran. Jika Anda memiliki kacamata atau kontak, pastikan resep Anda selalu terbarui. Pendengaran Anda juga penting, jadi pastikan Anda memantau setiap perubahan dengan tes pendengaran biasa.

Tutup jendela mobil.

Angin dan air adalah musuh utama alat bantu dengar. Pastikan semua jendela ditutup untuk mencegah suara angin saat Anda mencoba mengemudi. Kalau tidak, itu bisa menghilangkan segala sesuatu yang Anda coba dengar.

Singkirkan gangguan.

Tidak seorang pun boleh mengemudi sambil makan, mengenakan make-up, atau melihat telepon mereka, tetapi ini sangat penting untuk pengemudi yang sulit mendengar. Jika Anda perlu menggunakan ponsel Anda atau melakukan sesuatu yang intensif, menepi dan menyelesaikannya sebelum melanjutkan perjalanan Anda.

Jika terjadi keadaan darurat atau polisi berhenti, beri tahu mereka bahwa Anda mengalami gangguan pendengaran. Anda ingin menghindari kesalahpahaman dalam situasi ini, jadi pastikan salah satu hal pertama yang Anda beri tahu adalah Anda mengalami gangguan pendengaran. Ini akan memastikan bahwa Anda berkomunikasi dengan layanan darurat dan petugas polisi dengan aman dan mudah dimengerti.

 

Leave a Reply