Cara Melindungi Alat Bantu Dengar Dari Air

Melindungi alat bantu dengar

Melindungi alat bantu dengar sangatlah penting untuk dilakukan mengingat alat ini riskan terhadap air. Sehingga saat ingin membersihkannya pun tidak menggunakan air. Walaupun Anda sudah melengkapi alat bantu dengar dengan pelapis pelindung air, Anda masih harus menjaga alat bantu dengar dari air atau debu terutama saat musim panas tiba.

Tips Melindungi Alat Bantu Dengar Saat Beraktivitas Dengan Air

Berikut adalah tips-tips untuk membantu Anda tetap mendengar dengan sempurna menggunakan alat bantu dengar walaupun sedang beraktivitas dengan air :

1. Persiapkan dengan benar

Anda sedang berada di kolam renang atau pantai? Dan harus menggunakan alat bantu dengar? Maka persiapkan dengan baik dan lepas terlebih dahulu alat bantu dengar Anda agar tidak terkena percikan air.

2. Simpan di tempat yang aman

Jangan hanya menyimpan alat bantu dengar dengan memasukkannya ke dalam tas begitu saja tanpa menggunakan tempat pelindung. Kantong plastik yang tebal bisa menjadi alternatifnya jika Anda tidak membawa kotak tempat menyimpan alat bantu dengar. Masukkan alat bantu dengar ke dalam plastik, maka alat bantu dengar akan terlindung dari air dan juga kerusakan.

Selain itu, model plastik tebal dengan dilengkapi klip pun bisa digunakan karena mampu memberikan perlindungan yang lebih sempurna tanpa harus diikat.

3. Perlakukan layaknya aksesoris kesayangan Anda

Jika Anda berencana akan pergi jalan-jalan, baik ke lingkungan yang dikelilingi air, seperti pantai atau lainnya, atau hanya pergi ke taman, pastikan bahwa Anda sudah membawa tempat khusus untuk menyimpan alat bantu dengar.
Jika tidak membawa tas, Anda bisa meletakan di sebuah kantong khusus yang memang dibuat khusus anti air dan debu. Bahan kantong ini harus mampu melindungi alat bantu dengar dari embun atau kelembaban tingkat tinggi sehingga saat akan digunakan lagi kinerjanya masih bisa maksimal, tanpa mengurangi kualitas suara yang dihasilkan.

4. Miliki pengering khusus untuk alat bantu dengar

Sehati-hati apapun Anda, risiko kerusakan pada alat bantu dengar pasti akan selalu ada. Bahkan ketika alat bantu dengar hanya disimpan saja dan tidak pernah digunakanpun bisa lembab dan mengembun. Jika Anda menghabiskan banyak waktu di lingkungan berair, pastikan Anda memiliki pengering khusus untuk alat bantu dengar. Sehingga alat bantu dengar Anda bisa segera dikeringkan dan mencegah timbulnya kelembaban pada komponen alat bantu dengar.

Kelembaban dapat merusak komponen pada alat bantu dengar dan menyebabkan kerusakan. Sehingga suara yang dihasilkan pun tidak dapat terdengar dengan maksimal. Dengan memiliki pengering khusus ini, komponen pada alat bantu dengar akan terlindung dari kelembaban.

5. Pisahkan dengan peralatan lainnya

Jangan menaruh alat bantu dengar dengan alat-alat yang lainnya. Apalagi jika Anda sering berhubungan dengan lingkungan air yang selalu membawa kacamata khusus, sunblock, pakaian renang, atau lainnya. Simpan alat bantu dengar pada tempat khusus.

6. Amati garansinya

Ada garansi yang akan kita dapatkan dalam pembelian alat bantu dengar. Sehingga saat penggunaan dan Anda mendapati masalah, maka Anda bisa menggunakan garansi tersebut. Maka dari itulah, sebaiknya cari tahu mengenai garansinya secara detail, baik dari pabriknya langsung atau dari penyedia alat bantu dengar.

Be the first to comment

Leave a Reply