Merawat Alat Bantu Dengar Dengan Baik

merawat alat bantu dengar

Alat bantu dengar memiliki fungsi yang begitu penting, sehingga penggunanya harus merawat alat bantu dengar dengan teratur agar performanya tetap terjaga dan optimal. Alat bantu dengar adalah suatu alat yang dirancang khusus untuk membantu para penderita gangguan pendengaran agar dapat mendengar kembali. Teknologi alat bantu dengar pun kini semakin dikembangkan agar para pengguna dapat semakin mudah menggunakan alat ini. Namun kecanggihan teknologi tidak dapat membuat suatu alat bantu dengar awet selamanya.

Langkah Praktis Merawat Alat Bantu Dengar

Beberapa langkah praktis dan sederhana ini tentunya akan dapat membantu Anda untuk merawat alat bantu dengar dengan baik.

  • Hindari alat bantu dengar dari kondisi panas berlebih dan kondisi lembab atau terlalu dingin. Suhu yang terlalu tinggi dapat merusak lapisan pelindung ataupun komponen di dalam alat bantu dengar. Kelembaban dapat merusak komponen yang terdapat di dalam alat bantu dengar.
  • Jika baterai pada alat bantu dengar habis, gantilah segera. Lepaskan baterai yang telah habis dari alat bantu dengar, karena jika tidak maka baterai tersebut akan berpotensi mengalami kebocoran zat-zat yang berbahaya sehingga dapat merusak alat bantu dengar.
  • Bersihkan alat bantu dengar dengan kain kering atau tisu. Setelah itu Anda dapat menyikat seluruh bagian alat ini. Gunakan sikat yang kering dan sikatlah secara perlahan. Membersihkan alat bantu dengar harus dilakukan setiap hari.
  • Jangan gunakan hairspray, produk perawatan rambut lain, kosmetik, ataupun lotion obat nyamuk ketika sedang memakai alat bantu dengar. Selalu lepaskan alat bantu dengar sebelum menggunakan produk-produk tersebut dan biarkan produk mengering terlebih dahulu sebelum menggunakan alat bantu dengar kembali.
  • Matikan alat bantu dengar ketika tidak digunakan, misalnya pada saat tidur. Hal ini dilakukan agar dapat mengurangi risiko kerusakan dan mengurangi pemakaian daya baterai.
  • Jagalah alat bantu dengar agar tidak jatuh, tidak terlempar, ataupun tidak diwarnai dengan bahan apapun.
  • Keluarkan baterai dari alat bantu dengar jika alat ini tidak sedang digunakan dalam jangka waktu yang lama agar zat-zat yang terdapat pada baterai tidak merusak komponen alat bantu dengar.
  • Gunakan tombol-tombol yang ada pada alat bantu dengar secara wajar dan tidak berlebihan karena penggunaan yang berlebihan dapat mengurangi usia pakai tombol-tombol tersebut.
  • Pastikan telinga Anda bersih dan kering saat akan menggunakan alat bantu dengar. Kotoran yang ada pada telinga akan menempel pada alat dan dapat menyumbat speaker.

Itulah beberapa langkah mudah dan sederhana yang dapat diterapkan agar alat bantu dengar bisa lebih awet

Be the first to comment

Leave a Reply