Cara Perawatan Alat Bantu Dengar Yang Benar

Perawatan alat bantu dengar yang terbaik serta perbaikannya merupakan hal yang sangatlah penting. Hal ini akan menjamin kinerja alat bantu dengar Anda tetap optimal, jauh dari kerusakan atau masalah-masalah lain. Sehingga kondisi serta kualitas pendengaran Anda akan terawat dengan sebaik mungkin. Bagaimana cara perawatan alat bantu dengar yang baik? Berikut ini adalah tips yang boleh dan tidak boleh Anda lakukan dalam merawat alat bantu dengar Anda.

Cara Perawatan Alat Bantu Dengar

Berikut adalah beberapa petunjuk yang bisa membantu Anda untuk menjaga alat bantu dengar dengan baik :

Yang Boleh Dilakukan

  • Bersihkan alat bantu dengar secara teratur dengan kain kering atau tisu. Jangan membasuhnya atau mencucinya langsung dengan menggunakan air, karena justru akan membuat alat bantu dengar Anda rusak.
  • Letakkan alat bantu dengar di sebuah tempat atau kotak khusus saat tidak digunakan. Jangan langsung meletakkannya atau menyimpannya sembarangan karena berisiko terkena debu. Debu-debu itu akan cepat merusak alat bantu dengar.
  • Gunakan kotak pelindung atau kotak anti-kelembaban. Alat ini akan membantu mencegah masalah kelembaban (yang mana akan mengganggu kinerja dari alat bantu dengar) dan membuat alat bantu dengar menjadi rusak.
  • Jauhkan alat bantu dengar dari binatang peliharaan dan anak-anak. Letakkan alat bantu dengar di tempat khusus, karena sangat berbahaya jika sampai terkunyah oleh anjing peliharaan atau mungkin tertelan oleh anak-anak.
  • Simpan alat bantu dengar di tempat aman yang kering dan sejuk.
  • Ganti baterai saat alat bantu dengar Anda sudah tidak berfungsi dengan maksimal atau saat tiba-tiba tenaga baterainya habis.
  • Bersihkan kotoran telinga yang mungkin menempel pada bagian alat bantu dengar. Kotoran ini dapat menyebabkan kerusakan yang permanen.

Yang Tidak Boleh Dilakukan

  • Jangan gunakan alat bantu dengar saat mandi atau berenang. Jika itu terjadi dan alat bantu dengar basah, maka segera lakukan pengeringan agar tidak merusak komponen didalamnya.
  • Jangan Lakukan Hal ini Dalam Perawatan Alat Bantu DengarTidak boleh menggunakan alat bantu dengar saat memakai hairspray, sunblock, lotion atau bahan kimia lainnya. Produk-produk itu mengandung bahan kimia yang dapat membahayakan alat bantu dengar. Berikan jeda waktu untuk memakai kembali alat bantu dengar setelah penggunaan produk-produk berbahan kimia tersebut. Jangan langsung digunakan secara bersamaan. Bahan kimia memiliki reaksi tersendiri terhadap komponen listrik magnetis pada alat bantu dengar ini.
  • Hindari alat bantu dengar dari suhu panas yang ekstrim. Jangan meninggalkannya di tempat parkir mobil, dekat pemanggang atau pemanas, atau menggunakan saat sedang memakai pengering rambut.
  • Membiarkan alat bantu dengar dalam keadaan menyala ketika sudah tidak menggunakannya.

Be the first to comment

Leave a Reply