Ini Perawatan Alat Bantu Dengar Yang Tepat No ratings yet.

perawatan alat bantu dengar

Kita sudah sering membahas tentang perawatan alat bantu dengar secara umum pada beberapa artikel sebelumnya. Namun banyaknya jenis alat bantu dengar, memungkinkan munculnya banyak pertanyaan apakah semua alat tersebut memiliki sistem perawatan yang sama?. Untuk mengetahuinya, mari kita simak beberapa fakta di bawah ini.

Jika Anda baru-baru ini membeli satu set alat bantu dengar yang diletakkan di dalam telinga (in the ear)

Saat mengeluarkan alat bantu dengar di malam hari, hal pertama yang harus dilakukan adalah menyeka dengan hati-hati dengan kain lembut atau tisu kering. Selanjutnya, periksa bagian alat bantu dengar yang masuk ke dalam saluran telinga. Jika Anda mengamati kotoran telinga telah menumpuk, Anda harus menghilangkannya. Sebagian besar produsen akan memberi Anda alat pembersih, yang bisa berupa sikat, pemetik kawat atau kombinasi keduanya. Terakhir, buka pintu baterai dan tempatkan alat bantu dengar di dalam kasingnya. Banyak alat bantu dengar memiliki saklar on / off yang independen. Masih disarankan untuk membuka pintu baterai untuk memungkinkan udara masuk ke alat bantu dengar dan membantu mengurangi efek kelembaban yang mungkin menumpuk ketika alat bantu dengar berada di saluran telinga. Ini juga membantu memperpanjang usia baterai.

 

Menghilangkan kotoran telinga yang Anda dapatkan di malam hari pada keesokan paginya sebelum memasukkan alat bantu dengar Anda, akan lebih mudah  karena memungkinkan kotoran telinga yang menumpuk mengering dalam semalam dan kotoran  yang kering lebih mudah dihilangkan. Pegang alat bantu dengar dengan posisi agak terbalik sehingga kotoran telinga akan jatuh dengan sendirinya atau dengan menggunakan sikat yang disediakan untuk Anda, sikat dengan hati-hati di sekitar dan di dalam tabung plastik untuk membersihkan kotoran telinga. Beberapa pasien menemukan bahwa menggunakan sikat gigi bekas adalah metode yang efektif untuk menghilangkan kotoran telinga.

 

Jika Anda memiliki alat bantu dengar gaya di belakang telinga ( behind the ear), Berikut Perawatan Alat Bantu Dengar Jenis Ini

Prosedur pembersihan dasarnya sama. Satu-satunya perbedaan nyata adalah bahwa ada cetakan telinga, yang sering dibuat dari lucite atau silikon. Tidak ada elektronik dalam bagian alat bantu dengar ini sehingga Anda mungkin sedikit lebih agresif dalam mengejar kotoran telinga dengan pick atau sikat. Ada semprotan pembersih khusus yang dibuat untuk cetakan telinga alat bantu dengar yang bisa dibawa oleh audiolog Anda jika diperlukan pembersihan lebih lanjut.

 

Harap perhatikan bahwa saran ini tidak berlaku untuk alat bantu dengar RIC atau RITE karena ada barang elektronik di bagian cetakan telinga. Dalam hal ini, biasanya ada pelindung lilin yang dapat dilepas untuk melindungi elektronik dan audiolog Anda dapat menunjukkan kepada Anda bagaimana cara mengubahnya jika diperlukan.

 

Apakah disarankan untuk menggunakan penyeka alkohol atau larutan pembersih pada alat bantu dengar?

Tidak, jangan gunakan pelarut atau alkohol pada alat bantu dengar karena ada kemungkinan mereka dapat menghancurkan bahan alat bantu dengar. Ada semprotan khusus yang bisa Anda beli yang dirancang khusus untuk membersihkan dan mensterilkan alat bantu dengar. Bicaralah dengan audiolog Anda tentang produk-produk ini.

 

Peringatan apa yang dapat Anda ambil untuk memastikan bahwa alat bantu dengar saya akan beroperasi dengan baik?

Jangan biarkan alat bantu dengar menjadi basah.

Hindari mandi, atau pergi ke kolam renang atau sauna dengan alat bantu dengar di telinga Anda.

Jangan menempatkan alat bantu dengar dalam panas langsung.

Terkadang menggoda untuk menempatkan alat bantu dengar yang basah di dalam microwave atau oven konvensional. Sayangnya, panas akan merusak alat bantu dengar dalam waktu yang agak singkat. Untuk mengeringkan alat bantu dengar, cukup buka pintu baterai dan biarkan mengering sendiri atau pegang pengering rambut 18 hingga 24 inci dari alat bantu dengar dan arahkan udara hangat ke arah alat bantu selama kurang lebih 5-10 menit. Ada juga penurun atau pengering khusus yang dapat melakukan pekerjaan luar biasa dalam mengeringkan alat bantu dengar. Bicaralah dengan audiolog Anda tentang barang-barang ini. Ingat, jangan pernah menyimpan alat bantu dengar di dekat sinar matahari langsung atau sumber panas. Jangan menyimpannya di mobil Anda saat hari-hari panas.

 

Jangan jatuhkan alat bantu dengar.

Jika alat bantu dengar jatuh di atas karpet, permadani, atau furniture yang berlapis kain, biasanya alat itu tidak akan mengalami kerusakan. Tetapi jika jatuh di permukaan yang keras atau kasar maka berpotensi merusak alat bantu dengar. Banyak orang mulai membiasakan penggunaan alat bantu dengar dengan bantal di pangkuan mereka sementara mereka belajar memasukkan alat tersebut kedalam telinga mereka.

 

Jangan gunakan semprotan rambut, krim, atau gel pada rambut Anda saat memakai alat bantu dengar. 

Bahan-bahan ini dapat menyumbat mikrofon dan bahkan mulai memecah plastik kotak alat bantu dengar. Gunakan produk rambut Anda terlebih dahulu dan kemudian masukkan alat bantu dengar.

 

Jangan menyimpan alat bantu dengar sembarangan

Dimana anak-anak kecil atau hewan peliharaan dapat menjangkau mereka. Hewan peliharaan dapat menghancurkan investasi Anda dalam hitungan detik. Anak kecil suka bereksperimen dengan alat bantu dengar dan secara tidak sengaja dapat menelan baterai.

 

Bagaimana kotoran telinga mempengaruhi kinerja alat bantu dengar?

Pertama, kotoran telinga dapat menyumbat mikrofon atau penerima alat bantu dengar dan dengan demikian menghalangi suara ke telinga. Hal ini mudah diperbaiki dengan mengikuti prosedur yang dijelaskan di atas. Akumulasi kotoran telinga dalam jumlah besar juga dapat menyebabkan alat bantu dengar memiliki umpan balik atau bersiul. Ini karena kotoran telinga bisa menjadi bahan yang sangat padat. Sinyal diperkuat dari alat bantu dengar memantul dari kotoran telinga dan kembali ke alat bantu dengar di mana itu diperkuat kembali dan menyebabkan siulan. Jika Anda memiliki umpan balik yang tidak dijelaskan, temui audiolog atau dokter Anda. Mungkin ada kotoran telinga di saluran telinga yang perlu diangkat.

Untuk mendapatkan bantuan lebih banyak dan mengetahui jenis alat bantu dengar dan perawatannya secara tepat, Anda bisa mengunjungi website ABDI di sini.

Berikan Rating Artikel Ini