Kapan Mengganti Alat Bantu Dengar Lama Anda ?

alat bantu dengar lama

Alat bantu dengar adalah perangkat yang rumit, jadi penting untuk memahami kapan saatnya untuk mulai mempertimbangkan membeli yang baru. Selain ketika alat bantu dengar Anda tidak dapat diperbaiki seperti yang ditentukan oleh spesialis pendengaran atau audiolog, berikut adalah beberapa alasan lain untuk mempertimbangkan untuk meningkatkan alat bantu dengar Anda:

Anda mengalami perubahan pendengaran atau kesehatan

Sama seperti resep kacamata kita berubah seiring waktu, begitu pula pendengaran kita. Anda mungkin menemukan bahwa perangkat Anda saat ini tidak cukup kuat untuk membantu Anda. Ini mungkin terjadi terutama jika Anda sekarang mengalami gangguan pendengaran yang parah hingga sangat berat tetapi masih menggunakan alat bantu dengar standar. Sebaliknya, Anda dapat melakukannya lebih baik dengan alat bantu dengar yang lebih kuat, yang dikenal sebagai “alat bantu dengar bertenaga”.

Demikian pula, perubahan kesehatan secara keseluruhan dapat mendorong pembelian perangkat baru. Misalnya, artritis dapat menyebabkan jari Anda kurang gesit. Jika Anda memiliki alat bantu dengar di telinga, pintu baterai kecil mungkin sulit dibuka dengan ketangkasan terbatas, jadi sebaiknya pertimbangkan perangkat di belakang telinga yang baru. Beberapa model bahkan dilengkapi dengan baterai alat bantu dengar yang dapat diisi ulang yang memerlukan penanganan lebih sedikit.

Alat bantu dengar Anda berusia lebih dari 5 tahun

Kebanyakan alat bantu dengar bertahan antara tiga dan tujuh tahun. Banyak orang bertanya-tanya mengapa mereka tidak bertahan lebih lama, tetapi kenyataannya semua alat bantu dengar mengalami banyak keausan. Pikirkanlah: Alat elektronik canggih apa lagi yang Anda pakai sepanjang hari yang langsung terhubung dengan Anda, bekerja terus-menerus? Meskipun Anda merawat perangkat dengan sangat baik (seperti sering membersihkan), paparan alami yang berkelanjutan terhadap kelembapan dan kotoran telinga memiliki efek yang merusak seiring waktu.

Selain itu, perangkat lama tidak berfungsi seefisien model yang lebih baru dan bahkan bisa menjadi usang. Alat bantu dengar modern saat ini pada dasarnya adalah komputer kecil yang menjalankan algoritme untuk terus menyempurnakan pengalaman mendengar Anda. Tergantung pada alat bantu dengar yang Anda beli, kemungkinan besar alat tersebut menggunakan teknologi canggih untuk:

  • mendeteksi dan meminimalkan kebisingan latar belakang atau kebisingan angin yang tidak perlu
  • mendeteksi dan memperkuat speaker tepat di depan Anda
  • dapat diprogram melalui aplikasi smartphone
  • terhubung ke perangkat eksternal melalui Bluetooth

 

Anda telah membuat perubahan gaya hidup yang besar

Terkadang, perubahan gaya hidup adalah alasan yang sangat baik untuk mendapatkan alat bantu dengar baru. Anda mungkin menyadari bahwa tingkat teknologi tidak lagi memenuhi kebutuhan Anda atau sudah ketinggalan zaman. Misalnya, Anda memiliki ponsel baru dan menonton banyak video di dalamnya, tetapi tidak dapat menghubungkan suara langsung ke alat bantu dengar Anda. Atau, mungkin Anda sering keluar dan hiking daripada biasanya, jadi Anda memerlukan alat bantu dengar yang tahan terhadap lingkungan yang lebih berat dan pandai memblokir kebisingan angin. Atau, di sisi lain, jika Anda tidak keluar sebanyak biasanya, model yang lebih mendasar mungkin bekerja dengan baik untuk kebutuhan Anda.

Situasi keuangan Anda telah membaik

Mungkin ketika Anda membeli alat bantu dengar pertama Anda beberapa tahun yang lalu, Anda membutuhkan pilihan yang paling dasar dan ekonomis. Tetapi jika Anda sekarang dapat membeli perangkat yang lebih canggih, mungkin sudah waktunya untuk meningkatkan. Beberapa orang membeli alat bantu dengar baru dan menyimpan yang lama sebagai perangkat tambahan jika perangkat baru mereka perlu diperbaiki.

Anda telah mengubah sikap Anda terhadap alat bantu dengar

Banyak orang sangat enggan saat pertama kali membeli alat bantu dengar. Faktanya, dibutuhkan rata-rata orang hingga 10 tahun untuk mendapatkan alat bantu dengar setelah pertama kali didiagnosis mengalami gangguan pendengaran. Selain itu, perlu beberapa saat untuk mempelajari apa artinya mendengar yang terbaik, bukan hanya dengan lebih baik. Dengan demikian, orang yang mengetahui tentang kebutuhan mereka dan lebih nyaman dengan alat bantu dengar mungkin menginginkan perangkat dengan pengaturan yang berbeda atau lebih canggih karena mereka memiliki gagasan yang lebih baik tentang apa yang mereka inginkan dan butuhkan.

Jika Anda masih tidak yakin apa yang harus dilakukan, perlu diingat bahwa penyedia perawatan pendengaran yang berkualifikasi dan penuh kasih dapat memandu Anda. Temukan klinik alat bantu dengar yang ditinjau konsumen di dekat Anda disini.