Kenali Komponen Utama Alat Bantu Dengar

komponen alat bantu dengar

Dalam penjelasan yang paling sederhana, komponen alat bantu dengar terdiri dari mikrofon, amplifier, dan receiver. Tetapi deskripsi itu tidak cukup. Alat bantu dengar adalah bagian teknologi inovatif – komputer yang memungkinkan orang dengan gangguan pendengaran mendengar dengan jelas. Banyak pekerjaan yang dilakukan untuk menciptakan perangkat yang tidak hanya membuat orang mendengar tetapi juga membuat mereka merasakan suara dengan cara yang alami dan menyenangkan.

Untuk memahami kerumitan alat bantu dengar, Anda harus melihat ke dalam dan memeriksa setiap komponen. Mirip dengan telinga Anda yang sebenarnya, alat bantu dengar penuh dengan komponen individual yang bekerja bersama-sama untuk membantu Anda mendengar.

Komponen Alat Bantu Dengar

Di bawah ini adalah daftar dari masing-masing bagian ini dan bagaimana mereka bekerja untuk membantu Anda mendengar.

Mikrofon

Komponen ini mengambil suara dan mengubahnya menjadi sinyal listrik yang dapat dimengerti oleh prosesor suara. Berbeda dengan mikrofon yang digunakan di atas panggung atau yang lebih kecil ditemukan di headphone, mikrofon ini sangat kecil dan sangat tepat. Mereka bertugas mengambil suara sejelas mungkin, karena itu mereka terletak di bagian terluar.

Prosesor

Ini adalah bagian terpenting dan beragam dari alat bantu dengar. Prosesor memegang sebagian besar pekerjaan dari alat bantu dengar. Mengubah sinyal-sinyal suara dan disesuai dengan kebutuhan pendengaran Anda. Prosesor ini bagaikan komputer canggih berukuran kecil, dan tujuan utamanya adalah menciptakan suara. Kualitas prosesor ini menentukan fitur dan fungsionalitas alat bantu dengar Anda. Alat bantu dengar canggih akan dilengkapi dengan prosesor khusus yang disempurnakan.

Receiver

Setelah sinyal listrik mengalir turun ke kabel, penerima mengubahnya kembali menjadi suara. Kemudian, ia memutar suara yang diproses ke telinga Anda sehingga Anda dapat mendengar.

Baterai

Kompenen ini akan mengalirkan daya agar alat bantu dengar Anda dapat digunakan. Kebanyakan alat bantu dengar menggunakan baterai sekali pakai, tetapi banyak alat bantu dengar kelas atas memiliki baterai lithium-ion yang dapat diisi ulang .

 Casing

Ini adalah pembungkus yang melindungi alat bantu dengar Anda. Biasanya terbuat dari plastik dan bisa datang dalam berbagai warna dan desain. Banyak alat bantu dengar dilengkapi dengan selubung yang diperlakukan dengan lapisan anti air, yang membantu mereka melawan kerusakan air akibat hujan atau keringat. Casing alat bantu dengar Anda memiliki tempat untuk kancing dan, dalam hal baterai seng-ion, pelepasan baterai.

 

 

 

Sumber : https://www.signiausa.com/blog/the-inner-life-of-hearing-aids-2/