Bagian Utama Komponen Alat Bantu Dengar No ratings yet.

Bagian Utama Komponen Alat Bantu Dengar

Alat bantu dengar terus menawarkan teknologi terobosan dengan fitur-fitur terbaru yang dikemas dalam cangkang kecil, pada dasarnya menjadikannya komputer kecil yang dikenakan di telinga Anda. Meskipun mungkin sulit untuk memahami kompleksitas dan nuansa teknologi ini, penting untuk memiliki pemahaman dasar tentang berbagai bagian utama komponen alat bantu dengar karena membantu mengembalikan suara ke dalam hidup Anda.

Terlepas dari gaya alat bantu dengar, apakah itu di belakang telinga atau sepenuhnya di dalam saluran, mereka semua memiliki tiga komponen utama yang sama:

1. Mikrofon

Adalah awal dari proses untuk membantu Anda mendengar lebih baik. Mikrofon mengambil suara yang berbeda di lingkungan Anda dan mengubahnya menjadi sinyal listrik yang dapat dipahami oleh prosesor. Mikrofon sekarang dapat membedakan suara, seperti ucapan dan kebisingan latar belakang, dan memprosesnya secara berbeda untuk pengalaman pendengaran yang jauh lebih mulus daripada sebelumnya.

Ada dua jenis mikrofon: directional dan omnidirectional. Mikrofon terarah mengambil sebagian besar suara di depan pemakainya. Ini dapat membantu ketika mencoba memahami percakapan di lingkungan yang bising. Mikrofon omnidirectional mengambil suara dari segala arah, membantu memberi pengguna pemahaman yang lebih baik tentang dari mana suara itu berasal. Sebagian besar alat bantu dengar baru dilengkapi dengan kedua jenis mikrofon untuk membantu pemakainya menangkap pembicaraan dari berbagai arah, menciptakan pengalaman mendengarkan yang lebih alami.

2. Prosesor/Penguat

Prosesor atau amplifier dapat dilihat sebagai komputer atau motherboard dari alat bantu dengar. Dibutuhkan sinyal listrik yang diterima dari mikrofon dan mengubahnya menjadi sinyal digital yang dapat dimanipulasi.

Selama langkah inilah suara, yang sekarang menjadi sinyal digital, disesuaikan dengan kebutuhan pemakainya, termasuk seberapa besar sinyal yang perlu diperkuat untuk mengakomodasi gangguan pendengaran orang tersebut secara efektif . Umpan balik atau kebisingan dari angin dibatalkan atau dikurangi. Ini juga di mana fitur penutup tinnitus akan ditambahkan.

Setelah semua penyesuaian yang sesuai telah dilakukan pada sinyal digital, prosesor kemudian mengubahnya kembali menjadi sinyal analog. Di sinilah sinyal dikirim ke komponen alat bantu dengar ketiga dan terakhir.

3. Penerima

Komponen terakhir dalam proses ini adalah penerima. Ini menciptakan gelombang suara yang disempurnakan yang akan memenuhi kebutuhan gangguan pendengaran pemakainya. Agar hal ini terjadi, penerima harus mengubah sinyal yang dikirim dari prosesor menjadi suara yang dapat didengar dan mengeluarkannya ke telinga pemakainya.

Penerima adalah bagian dari perangkat yang diarahkan ke telinga bagian dalam pemakainya. Beberapa alat bantu dengar memiliki penerima yang ditempatkan langsung di saluran telinga, seperti dengan gaya sepenuhnya di dalam saluran. Perangkat lain memiliki penerima yang terhubung ke tabung kecil yang dimasukkan ke dalam telinga, seperti dengan gaya di belakang telinga.

Kompleksitas dan kecanggihan teknologi alat bantu dengar modern tidak dapat dilebih-lebihkan. Meskipun mungkin tampak proses yang panjang dari awal sampai akhir, itu sebenarnya terjadi dalam sepersekian detik. Melalui penelitian dan pengembangan terus-menerus, teknologi pendengaran terus meningkat, dan orang-orang dengan gangguan pendengaran dapat menikmati pengalaman mendengarkan yang paling alami.

Bagian Alat Bantu Dengar Lainnya

Ear-Hook/Tone-Hook: Tabung bening yang menghubungkan ke penerima dan melingkar di atas telinga. Ini ditemukan pada perangkat di belakang telinga.
Baterai Alat Bantu Dengar: Sumber daya untuk komponen alat bantu dengar lainnya.
Ventilasi: Memungkinkan aliran udara dan mencegah rasa telinga tersumbat.
Kontrol Volume: Memungkinkan pengguna untuk membuat penyesuaian pada intensitas suara. Ini tidak tersedia pada semua model alat bantu dengar.
Wax Guard: Filter kecil yang dapat diganti yang mencegah kotoran telinga masuk ke komponen alat bantu dengar internal.

 

Sumber:

https://www.earq.com/hearing-health/articles/parts-of-a-hearing-aid

Berikan Rating Artikel Ini