Komponen Alat Bantu Dengar dan Fungsinya

Komponen Alat Bantu Dengar dan Fungsinya

Sebelum memutuskan untuk membeli sebuah alat bantu dengar akan lebih baik jika Anda mengetahui terlebih dahulu bagian apa saja yang umumnya terdapat didalam alat bantu dengar, bagian-bagian ini mampu memberikan berbagai fungsi yang luar biasa.

Komponen alat bantu dengar dibawah ini dirujuk dari bagian alat bantu dengar Siemens Chroma S, yang kami bongkar dan lihat secara detail apa saja yang ada di dalamnya.

Komponen Alat Bantu Dengar

Berikut ini beberapa komponen yang terdapat pada alat bantu dengar yang layak Anda ketahui :

1. Mikrofon

Salah satu bagian yang terdapat dalam alat bantu dengar adalah mikrofon. Dimana bagian ini memiliki fungsi untuk mengubah input akustik menjadi sinyal listrik. Sehingga dengan adanya mikrofon ini, maka alat bantu dengar akan bekerja dengan maksimal.

2. Speaker

Speaker dalam alat bantu dengar akan membantu dalam mengirimkan sinyal dari amplifier yang kemudian akan diteruskan kedalam telinga, speaker juga akan membantu terjadinya proses mendengar.

3. Baterai

Untuk baterai sendiri akan digunakan sebagai sumber energi yang akan membantu dalam mengalirkan sinyal listrik. Sehingga semua bagian yang terdapat didalam alat bantu dengar tersebut dapat bekerja dengan optimal.

4. Tempat kotoran telinga

Bagian ini digunakan untuk meminimalisir berkumpulnya kotoran telinga lunak yang memiliki potensi menjadi keras ketika tidak dibersihkan. Dengan adanya bagian ini, telinga Anda akan tetap dalam kondisi yang bersih.

5. Fan noise generator

Adanya bagian ini pada alat bantu dengar akan membantu mereka yang memiliki gangguan pendengaran untuk selalu bisa mendengarkan suara dengan jelas tanpa adanya gangguan suara yang berasal dari luar.

6. Amplifier

Salah satu bagian dalam alat bantu dengar adalah amplifier yang memiliki fungsi untuk mengubah gelombang suara yang berasal dari mikrofon menjadi lebih besar. Gelombang suara ini kemudian akan diperbesar dengan memanfaatkan bantuan receiver.

7. Toilet flush enhance

Bagian yang satu ini digunakan untuk menghindari adanya uap air yang berubah menjadi air karena tingkat kelembaban yang tinggi. Dengan adanya bagian ini, alat bantu dengar akan berada dalam kondisi yang baik.

8. Whistle

Whisle ini pada hakikatnya bisa Anda temukan pada alat bantu dengar digital. Bagian ini digunakan untuk meningkatkan kemampuan mendengar ketika ada gangguan suara yang muncul. Sehingga bisa dihilangkan dan suara akan tetap terdengar dengan jelas.

9. Fiddly bits

Untuk memperlambat atau menurunkan frekuensi suara yang berasal dari luar, sehingga penderita gangguan pendengaran bisa mengetahui suara apa yang dia dengar.

10. Entertainment spring

Bagian ini berfungsi untuk menghalangi kotoran telinga yang terbentuk agar tidak masuk ke bagian receiver dari alat bantu dengar.

11. Squeaky floorboard equalizers

Untuk membantu dalam menangkap ragam suara yang sangat berbeda sehingga nantinya suara yang ingin Anda dengar akan disaring sesuai dengan kebutuhan Anda.

Ada berbagai bagian dari alat bantu dengar yang secara keseluruhan memiliki fungsi yang beragam dalam menjalankan tugasnya untuk bisa menangkap suara yang ada. Dengan adanya bagian-bagian detail, maka sudah sepatutnya Anda memahami cara kerja dari alat bantu dengar.