Manfaat Alat Bantu Dengar Bagi Penggunanya

Terdapat cukup banyak manfaat alat bantu dengar bagi orang dengan gangguan pendengaran, salah satunya adalah memungkinkan pengguna memiliki kemampuan mendengar. Selain itu, pengguna juga akan terbantu dalam mendeteksi suara berdasarkan arah datangnya suara.

Manfaat Alat Bantu Dengar

Berikut beberapa manfaat lain dari penggunaan alat bantu dengar pada kedua telinga :

Manfaat Alat Bantu Dengar Bagi PenggunanyaPengalaman Mendengar yang Lebih Alami

Dua alat bantu dengar akan membantu memberikan suara yang lebih penuh dan lebih kaya untuk pengalaman mendengar yang lebih baik. Otak membutuhkan masukan dari kedua telinga untuk mendengar suara di sekitar dan dari berbagai arah. Hanya menggunakan satu alat dengar di salah satu telinga akan memberikan persepsi pendengaran yang berbeda dari lingkungan yang sebenarnya.

Pengolahan Suara dan Percakapan Menjadi Lebih Mudah 

Telinga dirancang untuk bekerjasama dengan otak. Lalu, otak yang memiliki dua bagian juga bekerjasama untuk menciptakan kemampuan pendengaran. Setiap telinga bertanggung jawab untuk mengirimkan sinyal suara ke otak. Tiap sinyal yang diterima berbeda-beda dan mempengaruhi persepsi serta pemahaman. Singkatnya, telinga dan otak bekerjasama untuk menciptakan definisi yang tepat dari suara yang baru saja didengar.

Pengurangan Volume

Ketika terjadi masalah pada pendengaran, banyak orang lantas menaikkan volume radio atau TV mereka. Memakai dua alat pendengaran akan menghilangkan kebutuhan untuk menaikkan volume dan membantu mengurangi paparan kebisingan pada telinga seperti saat menikmati radio, film, atau musik.

Manfaat Alat Bantu Dengar Bagi PenggunanyaManajemen Tinnitus

Alat bantu dengar sering direkomendasikan untuk membantu mengelola tinnitus atau telinga berdenging. Banyak alat bantu dengar yang dilengkapi dengan teknologi tinnitus yang spesifik atau dengan kemampuan masking tinnitus. Menggunakan salah satu alat bantu dengar tidak akan membantu menutupi dering di telinga, jadi disarankan untuk menggunakan dua alat bantu dengar.

Alat bantu dengar mempermudah penderita gangguan pendengaran dengan memberikan pemahaman dalam percakapan yang lebih baik dan mendengarkan suara. Oleh karenanya, sangat disarankan untuk menggunakan dua alat bantu dengar secara bersama-sama. Sehingga Anda dapat mendengarkan suara kembali seperti sedang tidak memakai alat bantu dengar. Dan Anda dapat melakukan pekerjaan Anda secara normal kembali. Dengan demikian, produktifitas Anda juga akan tetap terjaga dan semua akan berjaan seperti biasanya kembali tanpa masalah pendengaran.

Be the first to comment

Leave a Reply