Manfaat Alat Bantu Dengar Untuk Lansia

Alat bantu dengar untuk lansia ternyata dapat membantu mereka dalam meningkatkan kemampuan daya ingatnya. Hal ini dapat dilihat dalam sebuah penelitian American Journal of Geriatric Psychiatry. Penelitian tersebut menunjukkan bahwa alat bantu dengar dapat mencegah demensia. Karena alat bantu dengar membantu lansia dalam berkomunikasi dengan orang lain. Penelitian tersebut melibatkan 100 orang lanjut usia yang berumur 80 – 99 tahun. Hasil dari penelitian tersebut menunjukkan bahwa 34 pengguna alat bantu dengar secara reguler mempunyai nilai yang lebih baik dalam tes untuk mengetahui fungsi status mental orang lanjut usia.

manfaat alat bantu dengar untuk lansia

Dr. Anil Lalwani, profesor di Columbia University Medical Center mengatakan bahwa alat bantu dengar dapat membantu orang lanjut usia untuk berkomunikasi dan berinteraksi atau berhubungan dengan orang lain. Semakin sering orang lanjut usia berinteraksi dengan orang lain maka semakin baik kemampuan daya ingat dan kognitifnya sehingga dapat mencegah terjadinya demensia.

Manfaat Alat Bantu Dengar Untuk Lansia

manfaat alat bantu dengar untuk lansiaDemensia merupakan suatu kondisi yang umumnya terjadi pada orang lanjut usia. Hal ini ditunjukkan dengan adanya penurunan status mental. Biasanya ditandai dengan penurunan daya ingat, penurunan kemampuan komunikasi, kesulitan berkonsentrasi, serta masalah persepsi penglihatan. Melihat dari tanda dan gejalanya maka dapat disimpulkan bahwa demensia dapat mempengaruhi orang lanjut usia dalam menjalani aktivitas sehari-hari.

Untungnya, demensia dapat dicegah dengan tetap menjaga kesehatan otak. Diantaranya adalah dengan rutin melakukan olahraga atau aktivitas fisik. Mengkonsumsi makanan yang sehat, menstimulasi pikiran, tidur berkualitas, manajemen stres, dan tetap aktif berinteraksi dengan orang lain atau dalam kehidupan sosial. Hal ini semakin menunjukkan bahwa alat bantu dengar dapat membantu lansia untuk tetap berkomunikasi dengan orang di sekelilingnya serta mencegah demensia.

Komunikasi yang efektif pada lansia juga dapat dimaksimalkan dengan melakukan hal berikut ini:

  • manfaat alat bantu dengar untuk lansiaAjak orang lanjut usia untuk berkomunikasi dengan bertetapan wajah secara langsung. Sehingga mereka dapat melihat ekspresi wajah yang dapat memudahkan dalam berkomunikasi.
  • Berbicara dengan volume lebih keras (tetapi tidak berteriak) dan perlahan serta jelas. Hal ini memudahkan mereka dalam memahami apa yang disampaikan oleh lawan bicaranya.
  • Mengajak lansia berbicara di tempat yang tidak terlalu ramai atau bising.
  • Mengecilkan atau mematikan televisi, radio atau alat lain yang menimbulkan bunyi. Karena dapat menganggu jalannya komunikasi antara Anda dan orang lanjut usia.

Be the first to comment

Leave a Reply