Manfaat Implan Koklea Untuk Mendengar Lebih Baik

Implan koklea adalah perangkat pendengaran untuk membantu penderita gangguan pendengaran parah atau total agar dapat mendengar. Tipe gangguan pendengaran yang dapat dibantu adalah gangguan pendengaran sensorineural. Yaitu gangguan karena kerusakan saraf pendengaran di koklea yang menyebabkan gangguan pendengaran total. Untuk itu manfaat implan koklea dapat dirasakan bagi penderita gangguan pendengaran, agar dapat mendengar kembali.

Gangguan pendengaran adalah gangguan indera yang menyebabkan seseorang menjadi sulit berkomunikasi dan mendapat informasi melalui suara. Kedua telinga berfungsi untuk mendeteksi gelombang suara dan mengolahnya menjadi informasi yang akan diproses di otak. Namun jika terjadi gangguan pendengaran, maka gelombang suara tidak dapat ditangkap, dihantarkan, atau diolah menjadi informasi dengan baik. Tetapi dengan kemajuan teknologi, terdapat berbagai alat bantu dengar yang berfungsi untuk membantu penderita gangguan pendengaran. Salah satunya adalah implan koklea.

Manfaat Implan Koklea Bagi Pendengaran

Implan koklea bukanlah alat bantu dengar yang dapat membuat suara terdengar lebih keras. Alat ini bekerja dengan cara mengirim impuls langsung ke saraf pendengaran, yang kemudian akan membawa sinyal suara ke otak.

Implan Koklea Untuk Mendengar Lebih Baik

Implan koklea terdiri dari dua bagian. Bagian luar digunakan di belakang telinga. Bagian dalam ditempatkan di dalam telinga melalui proses operasi. Secara garis besar, bagian-bagian dari implan koklea adalah:

  • Mikrofon, untuk menangkap suara.
  • Prosesor suara, mengubah gelombang suara menjadi sinyal digital.
  • Pemancar dan penerima/stimulator, menerima sinyal digital dari prosesor suara dan meneruskannya ke badan implan.
  • Badan implan dan elektroda, ditanam di dalam telinga. Berfungsi untuk menerima dan mengubah sinyal digital menjadi impuls listrik. Kemudian diteruskan ke saraf pendengaran.

Be the first to comment

Leave a Reply