Manfaat Penggunaan Alat Bantu Dengar

penggunaan alat bantu dengar

Hanya 20% orang yang mendapat manfaat dari penggunaan alat bantu dengar, hal ini menurut National Institutes of Health (NIH). Mengapa demikian? Jika Anda telah membeli alat bantu dengar maka Anda adalah bagian dari kelompok istimewa. Lantas bagaimana jika alat bantu tersebut ternyata tidak memberi banyak dampak? Apakah Anda memakainya setiap hari? Atau apakah alat bantu tersebut ternyata lebih banyak berada di tempat penyimpan daripada di telinga Anda?. Untuk mendapatkan manfaat maksimal dan pengetahuan tentang manfaat penggunaan alat bantu dengar, mari kita lihat beberapa ulasan fakta di bawah ini.

Alasan Umum Seseorang Abai Menggunakan Alat Bantu Dengar

Ada banyak orang yang berinvestasi dalam alat bantu dengar. Namun, karena berbagai alasan orang tidak menggunakannya seperti yang disarankan. Sama seperti mengikuti keanggotaan gym, alat bantu dengar hanya berfungsi jika Anda menggunakannya. Jadi mengapa Anda tidak memakai milik Anda? Dibawah ini adalah beberapa alasan mengapa seseorang tidak memakai alat bantu dengar mereka dan solusinya.

Terlihat buruk

Banyak yang enggan memakai alat bantu dengar karena merasa alat tersebut terlihat buruk dan mengganggu di telinga. Agar alat bantu dengar bekerja dengan baik, alat itu harus sesuai dengan kebutuhan pendengaran penggunanya. Ketika tidak, itu bisa menjadi tidak nyaman dan tidak efektif.

Jika perangkat Anda tidak pas dengan Anda, bicarakan dengan ahli kesehatan pendengaran Anda. Mereka dapat membuat penyesuaian yang diperlukan agar perangkat pendengaran nyaman digunakan.

Kurang percaya diri

Teknologi alat bantu dengar hari ini luar biasa dengan berbagai bentuk cantik yang bisa Anda sesuaikan dengan gaya Anda. Jika Anda lupa cara mengganti baterai atau cara menggunakan aplikasi pada ponsel cerdas Anda untuk menyesuaikan pengaturan, hubungi pusat pendengaran Anda. Mereka bekerja dengan perangkat ini setiap hari dan dengan senang hati memberikan instruksi yang Anda butuhkan untuk mendapatkan hasil maksimal dari perangkat Anda – tidak peduli berapa kali Anda bertanya.

Kurangnya komitmen

Jika Anda menyimpan alat pendengar Anda untuk “acara-acara khusus”, kemungkinan besar Anda tidak akan mendengar sebaik yang Anda inginkan. Itu karena pendengaran adalah aktivitas otak. Otak perlu waktu untuk memahami sinyal yang diterima dari telinga bagian dalam. Dengan memakai alat bantu dengar setiap hari, Anda memberikan konsistensi yang dibutuhkan otak untuk menyesuaikan diri dengan suara yang belum pernah terdengar sebelumnya. Dan menyesuaikan diri dengan lingkungan mendengarkan yang berbeda.

Tidak lagi efektif

Gangguan pendengaran Anda mungkin telah berubah. Atau alat bantu dengar Anda mungkin perlu dibersihkan.

Mengapa Anda harus memakai alat bantu dengar 

Alat bantu dengar Anda dapat memiliki dampak yang sama pada kehidupan Anda. Semuanya dimulai ketika Anda mengeluarkannya dari penyimpanan dan mulai memakainya secara teratur.

Latihan membuat sempurna

Mengenakan alat bantu dengar setiap hari membantu Anda menjadi lebih terbiasa dengan cara mereka bekerja. Dan, yang lebih penting, menyesuaikan kembali otak Anda dengan semua suara yang belum pernah didengarnya. Hasilnya adalah otak dan kualitas hidup Anda akan membaik secara keseluruhan.

Anda sudah melakukan investasi

Anda tidak akan membeli mobil baru dan membiarkannya hanya di garasi, bukan? Demikian juga dengan alat bantu dengar. Maksimalkan investasi Anda dengan mengenakan alat bantu dengar setiap hari dengan bangga. Dengan teknologi saat ini, Anda dapat menikmati hidup di hampir setiap situasi mendengarkan. Mulai dari melakukan pendakian yang tenang di jalur favorit Anda hingga merayakan pencapaian hidup bersama teman dan keluarga Anda.

Ini bukan tentang Anda

Saat Anda dapat mendengar yang lebih baik maka lebih mudah bagi keluarga dan teman Anda untuk berkomunikasi dengan Anda. Gangguan pendengaran yang tidak diobati dan alat bantu dengar yang tidak dikenakan menyebabkan kesulitan berkomunikasi bagi orang-orang yang Anda cintai. Apapun alasan yang membuat Anda merasa tidak nyaman untuk memakai alat bantu dengar Anda, bagikan masalah tersebut dengan profesional kesehatan pendengaran Anda. Jangan biarkan gangguan pendengaran Anda mengganggu kemampuan Anda untuk menikmati semua kehidupan yang ditawarkan, terutama ketika Anda sudah memiliki solusinya.

Jika Anda belum mengambil lompatan untuk mendapatkan alat bantu dengar. Jadwalkan janji temu sekarang dengan audiolog di direktori kami untuk menemukan alat bantu dengar terbaik di dekat Anda.

Sumber : https://www.healthyhearing.com/report/52868-Why-you-don-t-wear-your-hearing-aids-and-why-you-should