Manfaat Penggunaan Alat Bantu Dengar

Tips untuk Membantu Anda Mendapatkan Manfaat Penggunaan Alat Bantu Dengar

Penggunaan Alat Bantu Dengar – Salah satu kendala yang paling umum dirasakan oleh para pengguna baru alat bantu dengar adalah bahwa mereka mengatakan bahwa alat bantu dengar yang mereka miliki tidak bekerja dengan baik, sehingga alat bantu dengar mereka tidak benar-benar membantu mereka. Yang menjadi kontribusi terbesar agar sukses dalam menggunakan alat bantu dengar adalah pemikiran Anda sendiri.

Saat alat bantu dengar diuji di pabriknya sudah berfungsi sempurna, namun ternyata dalam penggunaan sebenarnya masih gagal. Ada 3 hal penting yang harus dipertimbangkan sebelum Anda menyatakan bahwa alat bantu dengar milik Anda sudah berfungsi dengan bagus.

 

Ekspektasi yang Realistis

Walaupun teknologi dalam alat bantu dengar memiliki perkembangan yang signifikan setiap tahunnya, Anda harus mengakui fakta bahwa sebenarnya hal tersebut tidak berarti apa-apa bagi Anda (saat ini, pada akhirnya) bahkan untuk mempengaruhi mimik natural dari organ pendengaran. Gangguan pendengaran disebabkan oleh kerusakan permanen untuk mendengarkan. Jadi dengan menggunakan alat bantu dengar maka Anda akan mampu mendengar normal seperti orang lain dengan sempurna.

Dalam mengekspektasikan pendengaran agar bisa kembali normal, Anda harus tahu bagaimana cara mengurangi rasa frustrasi dan ketidakpuasan. Karena kesedihan akan kondisi sebenarnya yang Anda rasakan tersebut sudah pasti akan selalu menghantui.  Jika Anda sudah mampu mengurangi perasaan tersebut, Anda akan bisa move on dengan baik.

 

 Membutuhkan Waktu

Pendengaran kita memiliki kemampuan untuk menyerap suara dari lingkungan sekitar kita dan memberikan gambaran yang jelas bagi otak kita untuk mengkode suara yang masuk sehingga kita bisa memahaminya. Namun jika gangguan pendengaran yang Anda alami ini tidak terawat dengan benar, maka otak Anda akan kehilangan kemampuan untuk mengkode suara juga. Sehingga tidak bisa memproses suara yang masuk dan hanya akan menjadi suara yang gaduh saja. Keadaan ini akan terjadi walaupun alat bantu dengar yang akan Anda pakai akan membantu memberikan suara ke otak Anda, tetapi Anda masih perlu untuk memahaminya. Sehingga ini akan membutuhkan latihan, waktu, dan kesabaran untuk otak Anda sehingga bisa mengatur dan mempelajari kembali tentang pembeda antara suara dan kata.

Memakai alat bantu dengar akan memperkenalkan Anda tentang banyak suara di dunia baru yang akan terdengar lebih keras dan berbeda dengan apa yang biasa Anda dengarkan dengan telinga telanjang. Proses ini bisa membuat Anda frustrasi pada awalnya karena Anda harus mengalami masa adaptasi dengan semua informasi yang Anda dapatkan lewat alat bantu dengar yang Anda pakai. Tetapi pada waktu yang sama, pendengaran Anda bisa dikategorikan kembali ke fungsi semula. Otak Anda akan belajar untuk menyaring suara-suara yang lebih banyak dan bervariasi di lingkungan keseharian Anda.

 

Membantu Meringankan Gejala

 

Beberapa orang berpendapat bahwa mereka bisa memakai alat bantu dengar,. Karena mereka merasa gejala yang mengganggu keseharian mereka untuk mendengarkan bisa lebih ringan. Dengan begitu akan memberikan kemudahan bagi mereka untuk mendengar layaknya orang normal. Mengingat sebenarnya ada banyak faktor, tentang kepelikan dan lamanya gejala gangguan pendengaran dialami oleh penderita.

Jika pengalaman dilalui semakin banyak, maka anda akan bisa mengguakan alat bantu dengar dengan baik. Bermula dari pemakaian alat bantu dengar dalam waktu singkat atau beberapa menit saja. Kemudian menjadi 1 jam atau 2 jam, di tempat yang sepi dan tenang. Membiasakan diri Anda dengan alat bantu dengar yang Anda gunakan sebagai alat untuk mendengar dan berbicara dengan pasangan Anda awalnya. Kemudian bisa meningkatkan waktu pemakaian alat bantu pendengaran dengan lebih lama dan dipakai di tempat-tempat yang ramai dengan banyaknya suara keras di sekeliling akan terbiasa bagi Anda.

 

Jangan Mudah Menyerah

Akan ada momen ketika Anda berkecil hati dan akan menyembunyikan alat bantu dengar yang Anda pakai. Padahal hal tersebut sebenarnya tidak perlu dilakukan. Membiasakan diri menggunakan alat bantu dengar memang membutuhkan waktu. Sehingga untuk benar-benar percaya diri dalam menggunakannya dan menerima kenyataan akan muncul dengan sendirinya seiring berjalannya waktu. Tetapi sudah pasti akan ada manfaat dibaliknya.

Jika Anda masih menemukan kesulitan dalam menggunakan alat bantu dengar, Anda bisa berkonsultasi dengan ahlinya. Seorang audiologist yang akan membantu Anda memberikan pelatihan tentang masalah yang sedang Anda hadapi, sehingga dengan banyaknya kasus yang Anda hadapi.

Be the first to comment

Leave a Reply