Melindungi Alat Bantu Dengar Saat Musim Hujan

Musim hujan telah tiba, ini berarti Anda harus melindungi alat bantu dengar dari kondisi basah dan mencegah alat tersebut terpapar kelembaban. Pada dasarnya udara dingin tidak terlalu berpengaruh dengan kinerja alat bantu dengar. Pasalnya saat cuaca dingin, Anda tentu lebih banyak beraktivitas di dalam ruangan. Sebenarnya bukan suhu dingin yang perlu dikhawatirkan terhadap alat bantu dengar. Permasalahannya justru terletak pada terjadinya pengembunan ketika ada perubahan suhu. Selain itu, udara dingin juga dapat merusak baterai alat bantu dengar.

Melindungi Alat Bantu Dengar dari Kelembaban

Kelembaban dapat menjadi musuh terburuk alat bantu dengar. Kelembaban, keringat, embun, atau tidak sengaja terkena air di wastafel atau shower dapat merusak receiver dan mikrofon dari alat bantu dengar. Hal ini dapat menyumbat selang earmold serta menyebabkan korosi pada bagian dalam alat bantu dengar.

Melindungi Alat Bantu Dengar Saat Musim Hujan

Berikut ini adalah beberapa indikasi jika alat bantu dengar Anda mengalami kerusakan karena kelembaban :

  • Suara alat bantu dengar terputus ketika terpapar suara keras
  • Alat berhenti bekerja dan tiba-tiba menyala kembali
  • Suara terasa samar-samar
  • Suara tidak jelas atau terganggu

Ketika Anda mengalami salah satu masalah di atas pada alat bantu dengar Anda, maka hal pertama yang perlu dilakukan adalah mematikannya dan melepaskan baterainya. Hal-hal di atas dapat disebabkan oleh  baterai yang perlu diganti dengan yang baru. Jadi coba gantilah dengan baterai baru. Hilangkan embun atau uap yang terdapat pada baterai dengan cotton bud. Pastikan earmold dan mikrofon tidak kotor oleh earwax dan selang alat bantu dengar tidak rusak, kaku atau menguning.

Jika alat bantu dengar tersebut masih belum bekerja, cobalah beberapa saran berikut ini untuk mengeringkannya di rumah;

  • Anda dapat membeli mesin pengering alat bantu dengar. Ikuti instruksi penggunaannya untuk mengeringkan alat bantu dengar yang terpapar kelembaban.
  • Letakkan alat bantu dengar di atas koran selama 24 jam agar uap air yang ada di dalamnya keluar.
  • Letakkan alat bantu dengar di dekat lampu meja. Tetapi pastikan alat tersebut tidak terlalu dekat dengan lampu atau sumber panas lainnya.
  • Masukkan alat dengar ke dalam plastik rapat yang di dalamnya telah diisi dengan beras atau silica gel. Diamkan selama semalaman. Beras dan gel silika dapat berperan sebagai penyerap kelembaban alami dan menghilangkan air yang ada di dalam alat bantu dengar Anda.

Be the first to comment

Leave a Reply