Cara Mengatasi Kehilangan Pendengaran Anda

mengatasi kehilangan pendengaran – Apakah Anda merasa harus secara terus menerus meminta orang-orang untuk berkata dengan lebih keras?. Apakah Anda mendapati diri Anda harus menaikkan volume TV atau radio dengan lebih keras?. Jika semua itu menggambarkan keadaan Anda saat ini, Anda mungkin menderita bentuk gangguan pendengaran.

Alat bantu dengar adalah alat khusus yang bisa dipasang baik dengan dimasukkan ke dalam telinga maupun diletakkan di belakang telinga. Hal ini agar suara menjadi lebih keras atau lebih jelas bagi si pemakai saja. Dan hebatnya orang-orang disekitarnya tidak akan mendengar suara yang lebih keras tersebut. Awalnya, alat pengeras suara ini berbentuk seperti terompet atau corong dan dipasang di telinga seseorang untuk mengumpulkan semua energi yang dibuat oleh suara lalu mengirimnya langsung ke telinga. Alat-alat serupa yang digunakan sekarang ini adalah implan koklea yang secara langsung ditanam ke tulang.

Mengatasi Kehilangan Pendengaran Dengan Alat Bantu Dengar

Ada beberapa jenis alat bantu dengar sekarang ini. Perbedaan jenis alat bantu dengar bervariasi menurut besarannya, kekuatannya, dan bagaimana caranya dibuat. Salah satu dari jenis-jenis alat bantu dengar tersebut adalah yang diletakkan pada tubuh pemakai. Alat bantu dengar jenis ini adalah yang paling umum dipakai di negara berkembang karena harganya yang lebih murah. Dan alat bantu dengar jenis ini diletakkan di dalam kotak kecil dimana kotak kecil ini bisa disimpan di dalam saku lalu dihubungkan dengan kawat dan loudspeaker kecil. Alat ini dimasukkan ke dalam telinga persis seperti headphone.

Jenis lain dari alat bantu dengar adalah yang diletakkan di belakang telinga. Alat bantu dengar ini berupa cetakan dimana terdapat alat elektronik di dalamnya yang bisa mengarahkan suara dari kubah kepada alat tersebut melalui tabung plastik. Sistem alat bantu dengar seperti ini sering digunakan oleh anak-anak karena yang paling tahan lama.

Alat pembesar suara yang dimasukkan ke dalam telinga biasanya tersembunyi di dalam dan dibuat khusus untuk pemakainya. Alat bantu dengar seperti ini adalah yang paling sering digunakan untuk siapa saja dengan tingkat gangguan pendengaran apa saja. Walaupun begitu, alat ini seringkali menimbulkan umpan balik ketika sedang dipakai yang bisa saja akan menjadi masalah bagi pengguna dengan gangguan pendengaran yang lebih parah. Tetapi, umpan balik tersebut sebetulnya bisa dikurangi melalui lobang-lobang di dalam alat tersebut. Alat bantu dengar seperti ini biasanya lebih kecil dari yang umum dipakai jadi bisa tersembunyi. Alat bantu dengar jenis ini juga tidak disarankan untuk digunakan anak-anak. Karena tidak bisa dimodifikasi yang cocok dengan telinga yang mengalami pertumbuhan dan perubahan.

Teknologi Canggih Pada Alat Bantu Dengar

Terakhir, adalah alat bantu dengar dengan teknologi yang lebih maju berupa alat bantu tanpa kabel yang dibuat untuk mengatasi kesulitan pendengaran tanpa operasi. Alat ini bisa mentransmisikan data kepada yang lain dengan hanya menekan tombol saja dan juga bisa dihubungkan dengan Bluetooth. Jadi pengguna bisa menggunakan alat bantu dengar dengan teknologi lebih maju karena inovasi wirelessnya ini sekaligus sambil menggunakan telepon genggam. Banyak sekali bioskop-bioskop sekarang ini memiliki alat seperti ini yang bisa membantu memperbesar suara dengan lebih baik tanpa suara-suara bising yang biasanya timbul di ruangan.

Be the first to comment

Leave a Reply