Mengatasi Masalah Gangguan Pendengaran Anda

Saat Thanksgiving tiba, dengan kata lain musim liburan pun juga datang. Pastinya, di saat liburan, banyak waktu akan kita habiskan bersama dengan keluarga, sahabat, makanan, dan kesenangan. Sehingga tidak seharusnya momen tersebut membuat kita merasa stress. Namun, bagi kita yang hidup dengan masalah gangguan pendengaran, momen liburan bisa menjadi salah satu hal atau momen yang membuat khawatir. Makan malam perayaan Thanksgiving pun biasanya menjadi makan malam yang cukup keras dan juga cukup berisik. Pastinya anda ingin memastikan bahwa anda perlu mendengar dengan baik sebisa anda saat itu. Hal ini bisa menjadi salah satu hal yang cukup membuat kita khawatir. Namun di bawah ini ada beberapa tips yang bisa dicoba untuk mengatasi masalah gangguan pendengaran Anda dan memastikan bahwa kita tak akan mengalami suatu masalah pun saat momen menyenangkan tersebut.

Tips Mengatasi Gangguan Pendengaran Saat Acara Jamuan Makan Malam

Gunakan Lebih dari Satu Alat Bantu Dengar

Tentu saja, pada momen makan malam spesial tersebut, menggunakan alat bantu dengar adalah hal yang penting. Pastikan alat bantu dengar anda sudah benar-benar diaktifkan. Jika anda memiliki lebih dari satu alat bantu dengar, memakai keduanya adalah hal yang efektif untuk dicoba untuk memaksimalkan jangkauan pendengaran anda. Hal ini sangat berarti karena penggunaan dua alat bantu dengar sekaligus akan sangat memberikan perbedaan yang cukup berarti. Setidaknya anda bisa lebih memahami obrolan atau dapat mengerti saat keluarga seperti cucu atau keponakan anda sedang berbicara atau bahkan sedang meminta tolong atau bertanya pada anda.

Gunakan Mikrofon pada Alat Bantu Dengar Anda

Sekarang ini, banyak jenis produk alat bantu dengar dengan beragam tipe memiliki fitur opsi mikrofon directional. Jika anda memiliki alat bantu dengar dengan fitur tersebut, anda bisa memanfaatkannya saat di meja makan. Anda dapat merubah setting alat bantu dengar pada omnidirectional yang biasanya digunakan untuk memperoleh suara dari segala arah. Kemudian diatur menjadi directional setting yang bisa menangkap suara dengan baik yang berasal dari arah depan anda. Hal ini akan cukup membantu, dan anda hanya perlu memilih posisi pada ujung meja makan. Jika anda takut kehilangan suara karena anda sering bergerak, maka ganti directional microphone menjadi satu alat bantu dengar. 

Kemampuan Berkomunikasi untuk Mengatasi Masalah Gangguan Pendengaran

Sebetulnya anda juga hanya perlu meminta lawan bicara anda mengulang ucapan mereka jika anda tidak mendengar atau tidak yakin dengan apa yang mereka ucapkan. Jadi jangan takut untuk meminta tolong mereka mengulang perkataan mereka. Saat berkumpul dengan banyak sanak saudara, mungkin anda bisa mengatur meja atau tempat duduk, atau ruangan dimana anak-anak dijadikan satu tempat duduk. Sehingga anda bisa lebih fokus pada pembicaraan orang dewasa tanpa perlu takut terganggu dengan kebisingan anak-anak kecil. Selain itu, anda juga bisa meningkatkan kemampuan komunikasi khusus anda. Salah satu caranya ialah dengan mempelajarinya lebih dalam, misalnya dengan menggunakan program komputer dimana anda bisa melatih kemampuan anda membaca bibir lawan bicara dan meningkatkan keterampilan pendengaran anda. Latihan tersebut bisa dengan mudah dilakukan di rumah secara nyaman.

Teknologi FM Sistem

Untuk mengatasi masalah gangguan pendengaran, menggunakan teknologi FM menjadi hal yang sering dimanfaatkan dalam hal meningkatkan kejernihan suara dari lawan bicara atau orang sekitar. Dengan teknologi FM ini, kita bisa menjadi lebih fokus pada alat bantu dengar. Jadi teknologi ini juga akan sangat membantu kita saat menghadapi situasi di meja makan saat makan malam spesial.
Perayaan Thanksgiving seharusnya menjadi momen menyenangkan yang harus dinikmati. Jadi, ada baiknya anda bersikap tenang dan jangan lupa untuk melakukan persiapan yang spesial sehingga dapat membantu anda merasa tenang dan enjoy menikmati acara jamuan makan malam tersebut.

Be the first to comment

Leave a Reply