Mengenal Komponen Alat Bantu Dengar

Alat bantu dengar (ABD) memang memiliki banyak variasi namun pada dasarnya semua alat tersebut tersusun dari bagian-bagian dan komponen yang sama. Komponen-komponen ABD yang terangkai menjadi satu dan terlindungi oleh wadah protektif umumnya terbuat dari plastik. Apa sajakah bagian-bagian atau komponen alat bantu dengar tersebut?

Mikrofon

Bagian atau komponen pertama yang penting dari suatu ABD adalah mikrofon. Mikrofon ini akan menangkap gelombang suara di udara dan mengubahnya menjadi sinyal elektrik.

Amplifier

Bagian atau komponen kedua dari ABD adalah amplifier. Amplifier alat bantu dengar ini akan meningkatkan intensitas sinyal yang dikeluarkan oleh mikrofon. Ada sebuah filter atau penyaring yang akan memodifikasi suara, sehingga hanya suara-suara yang relevan bagi pemakai alat ini  yang akan diamplifikasi atau diperbesar.

Loudspeaker

Bagian atau komponen ketiga yang penting bagi alat bantu dengar adalah loudspeaker (penerima). Komponen ini akan mengubah sinyal elektrik menjadi sinyal akustik yang kemudian didengar oleh pengguna alat bantu.

Komputer mini

Komponen ini hanya sekedar komponen pembantu dari ketiga komponen dasar di atas. Alat bantu dengar digital umumnya memasukkan komputer mini yang sudah terprogram di dalam rangkaian komponennya untuk memanipulasi sinyal agar bisa sesuai dengan jenis gangguan fungsi pendengaran dari masing-masing pasien.

Beberapa ABD ada yang dilengkapi dengan fungsi kontrol khusus agar pasien bisa menyesuaikan alatnya tergantung situasi dan kondisi. Banyak alat bantu dengar yang menyediakan remote control dan fitur agar alat bisa disesuaikan terhadap situasi dan kondisi yang ada, terutama bagi para pengguna ABD yang memiliki masalah keterampilan.

Alat bantu dengar membutuhkan baterai khusus dengan ukuran tertentu. Baterai ini memiliki kapasitas isi yang beranekaragam. Baterai standar biasanya bisa bertahan selama 5 hingga 14 hari, tergantung dari tipe alatnya, tipe baterainya, kapasitas baterai serta seberapa sering ABD itu dipakai. Itu semua adalah bagian-bagian atau komponen yang menyusun sebuah ABD. Semoga informasi ini berguna bagi Anda.

Be the first to comment

Leave a Reply