Menurunnya Fungsi Pendengaran dan Alat Bantu Dengar

Bagikan

Menurunnya fungsi pendengaran sudah menjadi kondisi umum yang terjadi di era modern sekarang ini. Sayangnya banyak orang yang masih ragu melakukan tes pendengaran. Institut Better Hearing (BHI) mengatakan bahwa melakukan tes pendengaran serta mendapatkan penanganan untuk gangguan pendengaran mampu membuka jendela baru bagi para penderita dalam melihat kehidupan ini. Penelitian terbaru BHI menunjukkan bahwa para penderita gangguan pendengaran yang telah menggunakan alat bantu dengar umumnya lebih optimis, lebih aktif dalam mengatasi masalah, memiliki jaringan sosial yang luas, dan lebih menikmati hidup.

BHI mendorong orang-orang untuk melakukan tes pendengaran setiap 6 bulan sekail. Anda bisa melakukan tes pendengaran gratis disini. Banyak penelitian telah membuktikan bahwa mengakui serta menerima kondisi gangguan pendengaran yang semakin menurun adalah salah satu cara untuk meningkatkan kualitas hidup.

Untunglah bagi sebagian besar penderita gangguan fungsi pendengaran, alat bantu dengar bisa mengatasi masalah mereka. Bahkan banyak penderita yang telah memakai alat bantu dengar mengakui bahwa alat tersebut membantu mereka dalam berkomunikasi di hampir semua situasi. Memberikan efek positif bagi kehidupan asmara, meningkatkan performa kerja, dan meningkatkan kemampuan mereka saat berpartisipasi di aktivitas kelompok. Dengan kata lain meningkatkan kualitas hidup secara keseluruhan. Banyak orang juga mengatakan bahwa mereka lebih percaya diri dan nyaman akan diri sendiri setelah menggunakan alat bantu dengar.

 

Jika Anda masih ragu akan alat bantu dengar, ada 6 poin yang bisa mengubah pandangan Anda:
Alat bantu dengar menjaga fungsi kognitif

Sebuah penelitian dari sekolah kesehatan masyarakat Bloomberg di Universitas John Hopkins Amerika Serikat menemukan bahwa alat bantu dengar mampu memperlambat menurunnya fungsi kognitif terkait dengan menurunnya fungsi pendengaran. Penelitian itu juga menemukan bahwa para partisipan yang tidak menggunakan alat bantu dengar berisiko mengalami penurunan fungsi memori dan fungsi kognitif secara keseluruhan dalam kurun waktu 20 tahun. Seperti yang telah disajikan di penelitian-penelitian terdahulu bahwa gangguan fungsi pendengaran memiliki kaitan dengan dementia dan masalah-masalah kognitif.

Fitur alat yang semakin canggih

Anda mungkin malu menggunakan alat bantu dengar karena ukurannya yang besar. Namun sekarang Anda bisa mengenyahkan rasa malu Anda karena sudah banyak alat bantu dengar yang tidak tampak dari luar. Banyak alat bantu dengar mampu secara otomatis beradaptasi dengan semua kondisi suara dan menangkap suara dari semua arah. Yang lebih hebat lagi adalah banyak alat bantu dengar yang sudah bisa tersambung langsung dengan smartphone Anda.

Menggunakan alat bantu dengar bisa meningkatkan pendapatan

Penelitian BHI menemukan bahwa menggunakan alat bantu dengar mampu menurunkan risiko berkurangnya penghasilan sebanyak 90-100% bagi penderita gangguan pendengaran ringan dan sebanyak 65-77% bagi penderita gangguan pendengaran sedang. Penderita yang tidak menggunakan alat bantu diperkirakan mengalami penurunan pemasukan setiap tahunnya.

Alat bantu dengar bisa menyamarkan suara denging di telinga

Tinnitus adalah suatu kondisi dimana penderita mendengar suara denging di dalam telinga secara konstan. Tinnitus hampir selalu menjadi gejala awal menurunnya fungsi pendengaran. Banyak alat bantu dengar yang bisa menyamarkan suara tinnitus dengan cara memperbesar suara-suara latar. Dengan demikian bisa memberikan rasa lega dan mengurangi stress akibat tinnitus.

9 dari 10 orang pengguna alat bantu dengar terbaru merasa puas

Lebih dari 91% para pengguna alat bantu dengar keluaran terbaru merasa puas akan alat yang dipakainya. Tingkat kepuasan bahkan lebih tinggi lagi jika ditanyakan pada pengguna alat bantu nirkabel.

Para pengguna alat bantu dengar merekomendasikan penggunaan alat bantu kepada penderita lainnya

Lebih dari 90% orang yang telah menggunakan alat bantu dengar dalam kurun waktu empat tahun belakangan menyatakan bahwa. Mereka akan merekomendasikan kepada orang lain terutama teman dan keluarga untuk menggunakan alat bantu dengar.

Leave a Reply

Your email address will not be published.