Merawat Alat Bantu Dengar Saat Pandemi Covid-19

merawat alat bantu dengar saat pandemi

Tetap di rumah selama pandemi COVID-19 bisa membuat stres, bagi mereka yang mengalami gangguan pendengaran kepanikan dapat terjadi jika alat bantu dengar rusak. Jika itu terjadi, tarik napas dalam-dalam dan coba tip merawat alat bantu dengar saat masa pandemi seperti ini secara mandiri.

 

Periksa baterainya.

Meskipun baterainya tampak berfungsi, tetap gantilah. Baterai baru dapat membuat perbedaan besar. Pastikan tempat baterai Anda bebas dari penghalang, korosi, dan ditempatkan pada posisi yang benar dengan sisi positif menghadap ke atas.

 

Penutup telinga yang digunakan dengan alat bantu dengar di belakang telinga harus bersih.

Periksa untuk memastikan tidak ada kotoran telinga atau kotoran lain di dalam pipa atau saluran keluar suara. Gunakan alat pembersih yang disertakan dengan bantuan Anda (sikat atau lingkaran lilin) ​​untuk menghilangkan kotoran. Jika kotoran berada jauh di dalam tabung, keluarkan cetakan dari alat bantu dan rendam dalam air hangat, bersihkan dengar cairan antiseptic kemudian hembuskan kotoran yang terlepas atau tetesan air keluar melalui tabung. Pastikan earmold benar-benar kering sebelum menyambungkannya kembali ke alat bantu dengar Anda.

 

Jika Anda menggunakan alat bantu dengar khusus (ITE, alat bantu kanal, CIC).

Bersihkan outlet suara dan ventilasi dengan alat pembersih yang disertakan dalam pembelian (kain pembersih, sikat, lingkaran lilin, atau pembersih ventilasi). Jangan membersihkan alat bantu Anda dengan air yang ditempatkan langsung pada alat bantu Anda, tetapi Anda dapat menggunakan lap basah selama Anda menjauh dari port atau bukaan.

 

Filter atau pelindung lilin

Biasanya ditemukan pada alat bantu khusus saat ini dan beberapa penutup telinga. Ini bisa dilepas dan diganti. Biasanya, Anda telah menerima paket pelindung lilin tambahan dengan alat bantu dengar baru Anda atau Anda dapat membelinya secara online atau dari audiolog Anda. Beberapa alat bantu dengar di belakang telinga memiliki potongan plastik kecil, yang disebut Dome, yang terdapat di ujung pipa yang pas di liang telinga Anda. Jika Anda memiliki persediaan, lihat panduan pengguna Anda untuk menunjukkan cara menggantinya dan biasakan untuk menggantinya dan pelindung lilin setiap satu atau dua bulan.

 

Temukan penutup mikrofon alat bantu dengar

Bersihkan dengan lembut menggunakan sikat atau kain pembersih.

Jika alat bantu dengar Anda menghasilkan umpan balik.

Turunkan volume, dan periksa distorsi. Jika suara tersebut hilang, mungkin suara tersebut bocor melalui ventilasi atau di sekitar earmold. Jika tidak berhenti, periksa dispenser Anda kapan pun Anda bisa. Ini bisa berarti bantuan tidak berfungsi. Jaga telinga Anda sebersih mungkin karena kotoran berlebih dapat menyebabkan umpan balik.

Jika semuanya gagal, Anda memiliki opsi lain. Ada sejumlah video YouTube di link ini yang akan mendemonstrasikan cara membersihkan alat bantu dengar Anda, mengganti baterai, atau mengganti pelindung lilin. Beberapa perusahaan alat bantu dengar menawarkan saran merawat alat bantu dengar saat pandemi secara gratis.  Anda juga dapat menghubungi audiolog  untuk mengetahui apakah seseorang dapat berbicara dengan Anda melalui telepon atau melalui konferensi video. Pastikan untuk memeriksa lisensi profesional mana pun untuk memastikannya valid dan dalam reputasi yang baik di Pusat Alat Bantu Dengar Indonesia ABDI https://www.pusatalatbantudengar.com/layanan