Merawat Dan Membersihkan Alat Bantu Dengar No ratings yet.

Merawat Dan Membersihkan Alat Bantu Dengar

Jika Anda melakukan investasi pada suatu barang, penting untuk mempertahankan investasi tersebut dengan benar untuk memastikan uang Anda dibelanjakan dengan baik dan barang tersebut disimpan dengan baik. Ini juga berlaku untuk alat bantu dengar Anda! Meskipun tugas pemeliharaan tertentu perlu dilakukan oleh produsen atau profesional kesehatan pendengaran Anda, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan sendiri untuk memastikan alat bantu dengar Anda berfungsi dengan baik dan secara maksimal. Merawat dan membersihkan alat bantu dengar dengan rutin dapat memperpanjang usia alat bantu dengar Anda.

Berikut ini adalah 3 penyebab utama masalah alat bantu dengar, serta tips cara merawat, membersihkan dan pencegahan kerusakan pada alat bantu dengar.

Bersihkan Dari Kotoran Telinga Menumpuk

Musuh terburuk alat bantu dengar biasanya adalah kotoran telinga. Di seluruh industri alat bantu dengar, kotoran telinga adalah penyebab nomor satu perbaikan alat bantu dengar. Meskipun kotoran telinga benar-benar normal dan tidak berbahaya, kotoran telinga dapat menimbulkan banyak masalah pada alat bantu dengar. Komponen padat dan lunak dari kotoran telinga berada di saluran telinga serta uap yang dapat bergerak jauh di dalam alat bantu dengar dan menjadi padat ketika bertumpu pada komponen mekanis penting dari alat bantu dengar.

Contoh: Di sini, di Starkey Hearing Technologies, diperkirakan 60% dari semua perbaikan disebabkan oleh kotoran telinga atau benda asing lainnya yang masuk ke komponen internal alat bantu dengar.

Yang dapat Anda lakukan:

  • Pastikan untuk membersihkan alat bantu dengar Anda setiap pagi untuk mencegah kotoran telinga menyumbat bagian penting dari alat bantu dengar Anda seperti mikrofon atau receiver. Tidak disarankan menggunakan tisu yang mengandung lidah buaya atau losion. Pastikan untuk membersihkan kain pembersih secara teratur untuk menghindari pengolesan ulang kotoran telinga atau kotoran lainnya ke alat bantu dengar. Dengan membersihkan alat bantu dengar Anda di pagi hari, kotorannya berpeluang mengering dan akan lebih mudah dihilangkan.
  • Jangan bersihkan port mikrofon dari bagian lain alat bantu dengar saat membersihkan kotoran.
  • Jaga port alat bantu dengar Anda jika alat bantu dengar Anda model BTE (belakang telinga). Biasanya, model BTE akan menerima alat khusus untuk membersihkan setelah tubing dilepas. Untuk mencegah penumpukan kotoran telinga ini harus dilakukan secara teratur.
  • Sering-seringlah mengganti pelindung kotoran telinga alat bantu dengar untuk mencegah penumpukan kotoran telinga di receiver alat bantu dengar. Alat bantu dengar Starkey memiliki sistem perlindungan kotoran telinga inovatif yang disebut Hear Clear. Hear Clear menggunakan pelindung kotoran telinga sekali pakai.

Hindari Dari Air

Alat bantu dengar Anda dapat rusak parah jika terkena air, kelembapan, kondensasi, atau keringat. Untuk membantu mencegah air, minyak, dan kotoran, alat bantu dengar Starkey menggunakan Surfaceâ„¢ Nanoshield anti lembab dan kotoran telinga. Tentu saja, tidak ada yang dapat melindungi alat bantu dengar Anda 100%, jadi pastikan untuk menghubungi ahli pendengaran jika alat bantu dengar Anda terkena kelembapan dalam jumlah besar.

Anda dapat menggunakan tindakan pencegahan untuk melindungi alat bantu dengar Anda dari penumpukan kelembapan dari penggunaan normal.

  • Hindari paparan air yang tidak disengaja dengan melepas alat bantu dengar jika Anda berada di dekat atau berencana untuk berada di perairan yang luas. Simpan dalam wadah dan di tempat yang sejuk dan kering untuk menghindari terbentuknya kelembapan.
  • Tetap pada rutinitas untuk membantu mencegah kerusakan. Misalnya, jika Anda mandi di pagi hari, lepaskan alat bantu dengar dan gunakan kembali setelah mandi. Ini akan membantu mencegah Anda secara tidak sengaja menjatuhkan alat bantu dengar ke dalam air.
  • Bersihkan kondensasi dalam tubing menggunakan blower tubing. tubing dapat mengembangkan kelembapan dari campuran udara hangat dari telinga Anda yang bertemu dengan dinding dingin tubing dan udara luar. Jika Anda melihat adanya uap air dalam tubing alat bantu dengar BTE, peniup tubing dapat digunakan untuk mengeluarkan air setelah melepaskan tubing dari earhook.
  • Buka pintu baterai di malam hari untuk memungkinkan aliran udara tambahan. Idealnya, wadah penurun kelembapan atau pengering alat bantu dengar harus digunakan pada malam hari untuk menyimpan alat bantu dengar Anda. Wadah ini menjaga alat bantu dengar Anda tetap aman dan menggunakan kristal atau kemasan penyerap untuk mengeluarkan kelembapan. CATATAN: Saat menggunakan perangkat penurun kelembapan, pastikan untuk mengikuti petunjuk perawatan. Dengan membiarkan pintu baterai terbuka di malam hari dapat membantu memperpanjang masa pakai baterai.

Hindari Kerusakan Fisik

Dalam upaya mencegah kerusakan, simpan alat bantu dengar dengan cara yang konsisten dan aman saat tidak digunakan. Jauhkan dari jangkauan anak kecil dan hewan peliharaan. Hewan peliharaan dapat tertarik pada alat bantu dengar karena bau manusia yang tersisa.

Jika terjadi kerusakan, segera jadwalkan janji temu dengan profesional pendengaran Anda secepatnya. Alat bantu dengar Anda tidak boleh dipakai jika terjadi kerusakan pada casing karena ujung yang tajam dapat menyebabkan lecet dan iritasi pada telinga Anda dan sekitarnya. Kerusakan pada tubing juga harus segera ditangani. Jenis kerusakan ini dapat berdampak parah pada kualitas suara alat bantu dengar.

Pastikan untuk menggunakan semua tips ini dan kunjungi perawatan alat bantu dengar untuk menjaga alat bantu dengar Anda dalam kondisi kerja yang optimal sehingga Anda bisa mendapatkan pendengaran yang terbaik dari alat bantu dengar Anda.

 

Sumber:
https://www.starkeycanada.ca/blog/articles/2020/08/hearing-aid-cleaning-and-care

Berikan Rating Artikel Ini