Kehilangan Pendengaran yang Dialami Oleh Orangtua

Kehilangan pendengaran – Seiring dengan usia orangtua yang semakin tua, peran pengasuhan pun kadang berubah di mana Anda sebagai anak kini bergantian merawat orangtua. Mengetahui bahwa orangtua mulai mengalami masalah pada pendengarannya membuat Anda harus lebih bersabar dan tentunya mencari pola komunikasi yang berbeda dari sebelumnya. Perlu diketahui bahwa gangguan pendengaran dapat membuat seseorang merasa terisolasi dari orang-orang yang ada di sekitarnya. Namun jika Anda memiliki hubungan yang baik dengan orangtua, hal ini akan memberikan manfaat yang signifikan untuk menjaga kualitas hidup mereka di usianya yang semakin senja.

Memulai percakapan dengan orang-orang yang Anda sayangi bahwa kehilangan pendengaran adalah sesuatu yang tidak mereka hadapi sendiri akan membantu meringankan beban yang ditanggung oleh orangtua. Namun yang menjadi persoalan adalah kadang tidak mudah mengajak orangtua berdiskusi mengenai hal ini karena sangat sensitive dan mungkin saja orangtua justru merasa tersinggung. Untuk itu, berikut ini adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda untuk berdiskusi dengan orangtua tentang kesehatan pendengaran mereka.

Mengevaluasi Situasi yang Terjadi

Buat catatan tentang kebiasaan pendengaran orangtua Anda. Apakah ada beberapa kondisi di mana Anda harus mengulang-ulang perkataan secara lebih sering? Apakah ada suara-suara tertentu di mana orangtua bermasalah saat mendengarnya? Dan apakah ada kebiasaan sehari-hari yang mulai berubah seperti mengatur volume TV menjadi terlalu keras atau hal-hal lain yang dapat menjadi indikasi bahwa orangtua sudah mulai kehilangan pendengaran?.

Membuat observasi spesifik akan membantu Anda mengetahui level dasar pendengaran orangtua Anda sekaligus memberikan contoh-contoh konkret ketika Anda memulai pembicaraan dengan mereka. Pemberitahuan kepada orangtua bahwa mereka sudah mulai mengalami pengaruh kehilangan pendengaran akan membuat orangtua menyadari dampak kondisi kesehatan mereka terhadap kehidupan sehari-hari. Hal ini akan lebih baik jika disampaikan oleh orang-orang terdekat karena orangtua biasanya akan lebih memahami. Informasi yang sudah Anda kumpulkan tadi juga akan sangat membantu ketika Anda berkonsultasi dengan audiolog untuk membantu mereka menemukan diagnosis yang lebih akurat.

Ajak Mereka Untuk Ikut Membuat Keputusan

Ingat bahwa ini adalah percakapan dua arah, bukan sesi ceramah yang terkesan mengatur atau menggurui orangtua. Orangtua Anda juga bertanggung jawab untuk membuat keputusan atas kondisi kesehatan mereka. Ajak orangtua untuk mempelajari tentang kehilangan pendengaran dan teknologi-teknologi canggih yang telah membantu mengatasi masalah tersebut dapat menjadi dasar yang kuat untuk membantu orangtua Anda dalam mengambil keputusan.

Perbincangan tentang kehilangan pendengaran adalah hal yang penting karena gejala kehilangan pendengaran yang tidak mendapatkan perawatan telah dihubungkan dengan beberapa masalah kesehatan lain seperti demensia, depresi, Alzheimer, dan masalah keseimbangan. Gangguan pendengaran tidak dapat ditolak, tetapi melakukan perawatan sejak dini adalah hal yang penting untuk menjaga kualitas hidup.

Be the first to comment

Leave a Reply