Anak Dengan Alat Dengar dan Prosesor Implan Koklea

Bagikan
  • 3
    Shares

Ketika anak anda baru pertama kali memakai alat bantu dengar atau prosesor implan koklea, sangat penting bagi orangtua untuk membiasakannya memakai alat bantu dengar tersebut dengan rutin. Sehingga anak anda akan merasakan manfaat dari alat bantu dengar ini. Bukan hanya itu, anda dan audiologis pun akan merasakan manfaatnya juga, yakni bisa berkomunikasi dengan lancar bersama anak anda. Di halaman ini, anda dapat membaca tips sebagai orangtua untuk menanggapi pemakaian alat bantu dengar oleh anak anda. Berikut adalah tips-tipsnya.

 

Pastikan bahwa alat bantu dengar yang dipakai anak sudah membuatnya nyaman dan terjamin
  • Pegang telinga anak anda selama beberapa menit ketika anda baru saja memasangkan alat bantu dengar ke telinga anak anda. Setelah beberapa menit, apa yang akan anda rasakan, apakah lebih hangat, lebih lembut, atau lebih mudah, atau lebih nyaman. Jika semua itu dirasakan tangan anda dan anak anda, maka sudah dapat dipastikan bahwa alat bantu dengar yang dipakai oleh anak anda sudah nyaman.
  • Jika anda memperhatikan anak anda ketika sudah memakai alat bantu dengar. Amati gerak-geriknya apakah dia masih menyibakkan rambutnya karena telinganya sakit atau saat dia mendengar suara yang bising. Jika masih terjadi, maka segera atur ulang alat bantu dengar anak anda agar dia merasakan kenyamanannya lagi.
  • Alat bantu dengar milik bayi anda mungkin akan bersuara ketika dia sedang berbaring. Tidak perlu khawatir, karena pada saat inilah alat bantu dengar tersebut sedang memberikan umpan balik. Pada saat itu, jangan lupa untuk mengeceknya, apakah mikrofon pada alat bantu dengar sedang tertutup cairan atau tidak.
  • Jika anak anda termasuk anak yang hiperaktif, sebaiknya segera konsultasi ke rumah sakit untuk mendapatkan pendampingan.

 

Pelan-pelan biasakan anak memakai alat bantu dengar
  • Ajari anak untuk memakai alat bantu dengar beberapa menit dulu, baru selanjutnya ditambah waktunya
  • Membesarkan hati anak bahwa dia memang sangat membutuhkan alat bantu dengar ini untuk berkomunikasi setiap saat.

 

Rutinkan pemakaian alat bantu dengar pada anak dalam keadaan apapun

Baik setelah bangun tidur maupun saat tidur pun jika perlu alat bantu dengar selalu terpasang di telinga.

 

Buat alat bantu dengar menarik di mata anak anda

Caranya adalah dengan membelikan alat bantu dengar yang berwarna-warni untuk anak anda. Dengan warna yang beragam dan tambahan aksesoris yang menarik, anak-anak akan selalu tertarik untuk memakainya. Karena mereka akan menyamakannya sebagai mainan.

Pakaikan alat bantu dengar dengan teknik yang berselang-seling

Seperti prinsip awal bahwa alat bantu dengar ini harus menarik bagi anak-anak, maka cara memakaikannya ke telinga anak-anak pun harus bervariasi. Jangan memasangkan ke telinga anak saat anak sedang tidak mood, maka anak malah akan terganggu. Pasangkan saat anak . sedang menonton televisi atau sedang bermain.

 

Ajak anak anda melihat gambar atau model anak-anak yang juga memakai alat bantu dengar
  • Ajak anak-anak untuk bertemu dengan keluarga lain yang anaknya juga memakai alat bantu dengar. Bukan hanya itu, perlihatkan juga orang-orang dewasa yang memakai alat bantu dengar, sehingga anak-anak akan memahami jika alat bantu dengar dipakai oleh semua usia.
  • Banyak baca buku tentang Freddie and the Fairy and Dachy‚Äôs Deaf

 

Janjikan hadiah untuk anak, ketika mereka mau memakai alat bantu dengar

Pemberian hadiah ini adalah wujud dari reward yang akan menjadi alternatif untuk membiasakan anak-anak dalam pemakaian alat bantu dengar.

Tips-tips tersebut sangatlah membantu untuk membiasakan kepada anak agar memakai alat bantu dengar di kehidupan sehari-harinya. Tanpa pembiasaan, anak-anak tidak akan menerima keadaannya sebagai anak-anak yang memiliki gangguan pendengaran, sehingga berakibat pada rendah diri akan kekurangannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.