Alat Bantu Dengar, Tanda Anda Membutuhkannya (Bagian 2)

Melanjuti dari pembahasannya sebelumnya mengenai alat bantu dengar. Berikut ini adalah tanda dan ciri-ciri apakah Anda sudah membutuhkan alat bantu dengar:
Apakah Anda menggunakan speaker ponsel hanya untuk mendengar percakapan agar lebih baik?
Tidak semua gangguan pendengaran diciptakan sama. Sel-sel telinga bagian dalam yang terhubung ke telinga, mulut, tenggorokan, dan sistem vestibular, tidak harus saling berinteraksi. Ini berarti bahwa mungkin ada berbagai tingkat pendengaran di kedua telinga. Bagaimana Anda tahu jika satu telinga terpengaruh lebih dari yang lain? Sekali lagi, penting untuk mengamati perilaku Anda sebagai indikator tanda. Anda mungkin menemukan diri Anda konsentrasi di antara telinga karena pendengaran di satu lebih jelas daripada yang lain. Pada titik ini, perbedaannya mungkin sangat menjengkelkan sehingga Anda beralih ke mode speaker untuk merasa seolah-olah pendengaran Anda “diratakan”. Jika ini sering terjadi, alat bantu pendengaran dapat menjadi solusi.
Apakah Anda sering meminta orang di sekitar Anda untuk mengulangi perkataannya?
Jika Anda berulang kali meminta orang lain mengulanginya, Anda mungkin tidak melihat – tetapi mereka pasti akan melakukannya, terutama jika mereka berinteraksi dengan Anda secara teratur. Meminta orang lain untuk mengulangi kata-katanya memberi telinga kesempatan untuk merasakan getaran suara sekali lagi. Ini juga memungkinkan indera lain untuk menendang dan memberikan telinga melakukan pendengaran “dorongan”. Jadi, perhatikan permintaan yang ini dari Anda sendiri. Jika hal ini sering terjadi, mungkin merupakan sinyal gangguan pendengaran yang pertama dan Anda harus segera memeriksakan pendengaran Anda.
Apakah orang-orang di sekitar Anda memberi tahu Anda bahwa Anda harus mempertimbangkan alat bantu dengar?
Perilaku ini, ketika digabungkan bersama-sama, mungkin masih terlewatkan oleh Anda – baik karena Anda tidak mencari gangguan pendengaran atau karena sudah “tidak terdeteksi” begitu lama, otak Anda baru saja menetapkannya sebagai “new normal“. Tetapi sementara persepsi Anda sangat mudah beradaptasi, orang lain mungkin tidak begitu rentan terhadap fleksibilitas. Jika ada orang lain yang mengamati perubahan ini bersama-sama dan menyarankan alat bantu dengar sebagai solusi, jangan tersinggung. Mungkin ini adalah tanda dari masalah pendengaran yang Anda lewatkan selama ini. Karena terkadang orang lain lebih bisa melihat ketidaknormalan pendengaran Anda. Telinga Anda dan sejauh mana Anda dapat mendengar dunia di sekitar Anda mempengaruhi kualitas hidup yang Anda alami. Sulit untuk benar-benar menikmati seni, atau merasa sosial dan terlibat secara emosional dengan teman, keluarga, dan peristiwa terkini, atau bahkan berkontribusi pada kehidupan Anda sendiri dengan cara yang bermakna tanpa kemampuan indrawi yang penting ini. Jika Anda pernah mengalami masalah yang terus-menerus dalam menanggapi pertanyaan-pertanyaan ini, langkah pertama adalah pergi ke spesialis untuk pemeriksaan pendengaran sesegera mungkin. Jika dari hasil pemeriksaan benar Anda mengalami gangguan pendengaran, sebaiknya Anda segera menggunakan alat bantu dengar untuk mengatasi masalah pendengaran Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published.