Entah itu karena kehilangan pendengaran noise-induced, terkait usia gangguan pendengaran, efek samping dari suatu masalah seperti tinnitus atau gejala obat ototoksik berbahaya, kehilangan pendengaran progresif adalah hal yang sulit. Sadar bahwa Anda mengalami gangguan pendengaran adalah hal yang sulit, kecuali Anda rajin melakukan tes pendengaran berkala. Bagaimana Anda benar-benar dapat mengetahui apakah pendengaran Anda menurun? Dan bagaimana seseorang menentukan kecepatan timbulnya gangguan pendengaran? Ini semua adalah pertanyaan yang sangat bagus – jadi kami beralih ke ahli pendengaran yang dapat memberikan jawaban. Jika Anda menghadapi salah satu dari enam masalah berikut ini, Anda mungkin ingin mempertimbangkan alat bantu dengar untuk meningkatkan pendengaran Anda tanpa harus tegang.

Perlu diingat bahwa gangguan pendengaran kadang-kadang bersifat sementara sehingga pengalaman ini harus melalui periode waktu yang ditandai. Jangan melakukan pemeriksaan pendengaran setelah Anda menonton konser musik, karena hasil dari tes pendengarannya tidak akan maksimal.

Sudahkah Anda meningkatkan volume di salah satu perangkat Anda dalam setahun terakhir?

Ada salah satu dari dua hal yang terjadi: perangkat Anda rusak dan semakin memburuk. Meskipun Anda mungkin tidak dapat membuat perbandingan antara pendengaran Anda sekarang dan pendengaran Anda beberapa bulan yang lalu, interaksi luar Anda dengan perangkat akan memberi Anda informasi yang Anda butuhkan.

Jadi dalam hal ini, jika Anda meningkatkan volume di televisi atau jika headphone Anda tiba-tiba tampaknya tidak cukup memadai. Dalam hal ini, itu mungkin bukan perangkat Anda yang rusak tetapi pendengaran Anda yang memerlukan upgrade.

Apakah orang-orang di sekitar Anda tampaknya bergumam semakin banyak?

Ada situasi dan momen tertentu di mana bergumam pelan, berbisik atau bergumam dibutuhkan. Jika seseorang tidak ingin berkonfrontasi dengan Anda, misalnya, tetapi ingin mengungkapkan sesuatu, atau dua orang mencoba melakukan percakapan rahasia, bergumam tidak bisa dihindari.

Gunakan seluruh indra Anda untuk mengukur – apakah ini situasi di mana Anda seharusnya bisa mendengarkan.

Karena gangguan pendengaran bersifat progresif , kemampuan Anda untuk mengetahui apa yang dikatakan orang lain mungkin berkurang seiring waktu. Kadang-kadang, indera lain akan masuk dan otak Anda akan melengkapi melihat bibir seseorang bergerak dalam ucapan untuk rasa “mendengar”. Jadi, bagi Anda mungkin masih bisa mendengarnya.

Jangan tertipu. Peringatan di sini adalah bahwa Anda dapat mendengarnya tetapi Anda mungkin tidak dapat sepenuhnya memahaminya.

Apakah suara latar belakang terdengar lebih keras dan lebih tenang?

Mereka yang tuli, yang merupakan jenis gangguan pendengaran, biasanya mengalami kebetulan aneh ini. Lebih mudah untuk mendengar suara-suara latar belakang karena ini diperkuat dan akhirnya menutupi atau meredupkan kata-kata individu yang mungkin berbicara tepat di depan Anda.

Dalam hal ini, itu adalah bagian dalam telinga yang telah terpengaruh – khususnya, sel-sel kecil yang mentransmisikan suara ke otak, mengubahnya menjadi sinyal listrik untuk interpretasi. Bisa juga karena kerusakan pada serabut saraf.

Seperti lensa kamera yang kehilangan kemampuan untuk fokus, amplifikasi kebisingan latar belakang di samping kegagalan pendengaran jarak dekat harus mematikan lonceng alarm bahwa gangguan pendengaran adalah suatu kemungkinan.

Lalu sampai sini apakah Anda ada diantara salah satunya?. Jika termasuk di salah satunya segeralah lakukan pemeriksaan pendengaran. Untuk ciri dan tanda-tanda lainnya tentang gangguan pendengaran, Anda dapat mengunjungi artikel kami pada bagian ke dua. Alat bantu dengar dapat membantu Anda sebagai solusinya.

Leave a Reply