Komunikasi melalui telepon menjadi jenis komunikasi paling populer di masyarakat. Namun ternyata mendengar melalui telepon menjadi tantangan tersendiri untuk beberapa orang terutama mereka yang mengalami gangguan pendengaran.
Hal ini disebabkan karena saat menelepon Anda tidak bisa melihat ekspresi wajah, bahasa tubuh atau gerakan bibir dari lawan bicara Anda. Belum lagi ketika ada kebisingan saat mendengarkan suara ditelepon, tentu ini akan menjadi hal yang sulit.
Apa yang Menyebabkan Anda Kesulitan Saat Menggunakan Telepon?
Ada tiga alasan utama mengapa mendengar suara saat menggunakan telepon menjadi hal yang sulit untuk Anda;
1. Anda hanya menggunakan satu telinga saja untuk mendengar
Mendengar dengan menggunakan satu telinga membuat kemampuan Anda dalam memahami pembicaraan menjadi lebih sulit karena normalnya otak bekerja dengan menerima informasi dari kedua telinga.
2. Anda kehilangan informasi visual
Orang dengan pendengaran normal saja terkadang sulit memahami apa yang dikatakan orang lain sehingga mereka harus menggunakan visual seperti melihat ekspresi wajah, gerakan tangan atau gerakan bibir untuk membantu mendengar.
3. Sinyal telepon Anda kurang baik
Semakin jelek sinyal Anda, maka semakin sulit juga Anda berkomunikasi melalui telepon. Permasalahan seperti ini hanya bisa diatasi dengan mengganti provider telepon yang Anda gunakan dengan provider lain yang sinyalnya lebih baik.
Apa Saja Standar Kompatibilitas Alat Bantu Dengar Untuk Ponsel?
Standar kompatibilitas dinilai berdasarkan dua parameter yaitu rating M dan rating T. Untuk rating M atau rating mikrofon dinilai berdasarkan kemampuan telepon yang dapat berfungsi dengan baik pada alat bantu dengar dengan jumlah mikrofon yang terbatas. Sedangkan rating T atau rating telecoil dinilai berdasarkan kemampuan telepon yang dapat berfungsi pada fitur telecoil yang terdapat di alat bantu dengar. Berikut pilihan jenis fitur telepon yang disarankan untuk mereka yang menggunakan alat bantu dengar.
Amplified telephones
Ini adalah jenis telepon yang suaranya diperkuat sehingga mereka yang memiliki gangguan pendengaran bisa mendengar dengan lebih baik. Mereka yang bisa menggunakan jenis ponsel ini adalah mereka yang memiliki gangguan tingkat rendah, ringan ataupun berat.
Captioning telephones
Ini adalah jenis telepon yang dilengkapi dengan fasilitas penerjemah kata demi kata. Jadi ketika ada suara dari telepon, maka akan ditampilkan tulisannya yang membuat pendengarnya lebih mengerti apa yang orang di telepon bicarakan. Telepon ini harus dilengkapi dengan tenaga listrik yang standar, layanan telepon dan jaringan internet berkecepatan tinggi.
Text-to-Voice Teletype
Telepon ini bekerja hampir sama dengan jenis captioning, namun bentuknya dari teks diubah menjadi suara, sehingga telepon ini dilengkapi dengan pengetikan. Di jenis ini ada juga yang menggunakan bantuan operator atau pihak ketiga sebagai penerjemah dari apa yang dibicarakan oleh kedua belah pihak.
Video Relay Services
Ini adalah telepon yang memungkinkan pengguna yang berkomunikasi menggunakan American Sign Lenguage untuk berkomunikasi dengan operator yang menggunakan konferensi video, kemudian pihak operator akan berbicara dengan orang yang ingin ditelepon. Proses ini akan terus berlaku selama telepon berlangsung.
Video Calling
Jenis ini tidak menggunakan pihak ketiga melainkan menggunakan aplikasi face time atau skype untuk berkomunikasi secara langsung.
Sesuaikan pemilihan jenis telepon tersebut dengan kebutuhan masing-masing, sesuai permasalahan pendengaran yang dimiliki untuk mendapatkan manfaat penggunaan yang optimal. Dengan demikian, masalah pendengaran bukan menjadi hal yang menyulitkan lagi ketika Anda ingin berkomunikasi lewat telepon.
image : foxnews
Leave a Reply
You must be logged in to post a comment.