Alat Bantu Dengar Terkecil – Tipe dan Harganya

Bagikan

Gangguan pendengaran dapat disebabkan oleh berbagai hal. Dari berbagai penyebab tersebut, akibatnya adalah seseorang akan mengalami penurunan terhadap kualitas serta kemampuan pendengarannya. Saat ini, ada berbagai model alat bantu dengar (ABD) dari yang terkecil yang konvensional beserta tipe dan harganya. Dan yang paling banyak digunakan saat ini adalah model alat bantu dengar yang kecil dan tidak terlihat oleh orang lain.

Artikel ini akan membahas lebih lanjut mengenai alat bantu dengar terkecil yang saat ini tersedia. Kami akan membahas mengenai perbedaan jenis alat bantu dengar terkecil ini dan harga yang saling berhubungan satu sama lain. Kami juga akan membahas mengenai fungsi utama dan kemampuan dari setiap jenis alat bantu dengar terkecil ini, sehingga hal ini dapat membantu Anda dalam menentukan model ABD mana yang sesuai untuk kebutuhan .Anda.

Tipe Alat Bantu Dengar Terkecil

Ketika Anda mencari ABD dengan bentuk yang terkecil, maka Anda akan sibuk mencari referensinya di internet. Bahkan, jika sudah memakainya, Anda akan kerepotan untuk menjawab pertanyaan dari orang lain. Karena banyak orang yang tidak mengetahui bahwa Anda menggunakan alat bantu dengar.

Alat bantu dengar secara umum terdiri dari sebuah amplifier yang berfungsi untuk menangkap suara, sebuah speaker yang berfungsi untuk meneruskan suara yang telah ditangkap kedalam saluran telinga, dan baterai kecil. Sehingga dapat dibayangkan betapa kecilnya alat bantu dengar ini. Berikut adalah 3 jenis alat bantu dengar terkecil yang tak terlihat:

1. Alat bantu dengar di dalam telinga (in the ear hearing aids)

Alat Bantu Dengar Terkecil - Tipe dan HarganyaSalah satu hal penting yang ada pada alat bantu dengar terkecil ini adalah ukuran standar yang sangat pas ketika dimasukkan kedalam telinga. Alat ini sangat pas juga ketika di masukkan ke dalam saluran kanal telinga. Bahkan untuk dipakai oleh setiap orang pun akan sangat nyaman. Warnanya pun sama dengan warna kulit sehingga tersamarkan seperti tidak sedang menggunakan alat bantu dengar.

Ada banyak alasan mengapa menggunakan alat bantu dengar di dalam telinga sangat efektif untuk Anda. Salah satunya adalah penggunaan alat bantu dengar ini sangat mudah untuk dilepaskan atau dipasang. Alat ini juga sangat sederhana dan untuk mengganti baterainya pun juga mudah. Jika Anda akan tidur atau akan berenang, Anda bisa melepaskannya dengan mudah.

Awalnya perangkat alat bantu dengar ini hadir dengan harga yang cukup tinggi dibanding alat bantu dengar model lainnya. Tetapi kini Anda bisa mendapatkannya dengan harga yang relatif murah. Namun ada satu kekurangan dari alat bantu dengar model ini, yaitu alat ini tidak bisa digunakan untuk anak-anak, karena struktur telinga anak masih akan berkembang.

2. Alat bantu dengar pada saluran telinga (in the canal hearing aids)

Jenis alat bantu dengar terkecil yang satu ini sangat ajaib. Karena kita bisa menggunakannya tanpa terlihat oleh orang lain. Kita bisa langsung memasukkan alat bantu dengar ini ke dalam saluran telinga. Alat ini pun memiliki prinsip yang sama dalam sistem operasinya, tetapi tidak bisa mengembalikan suara dalam bentuk keras.
Ada amplifier alami dari jenis alat bantu dengar pada saluran telinga ini. Sehingga penggunaannya pun akan langsung terasa nyaman ketika digunakan. Bahkan alat bantu dengar jenis ini sangat direkomendasikan oleh para audiologist.

3. Alat bantu dengar sepenuhnya dalam saluran telinga (completely in the canal hearing aids)

Alat Bantu Dengar Terkecil - Tipe dan HarganyaAda pilihan lain dari alat bantu dengar super kecil ini. Untuk jenis ini, diperuntukkan bagi orang-orang yang tidak ingin melepas-pasang alat bantu dengarnya. Masa pakai alat bantu dengar jenis ini lebih lama, yakni dari 1 sampai 3 bulan.

Dengan adanya beragam jenis alat bantu dengar, sangat dianjurkan agar Anda melakukan konsultasi terlebih dahulu kepada ahlinya sebelum memutuskan untuk menggunakan jenis alat bantu dengar yang Anda inginkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.