Tips Agar Baterai Alat Bantu Dengar Tahan Lama

Umumnya, baterai alat bantu dengar akan bertahan antara 3 – 7 hari, namun tergantung pada beberapa faktor. Diantaranya seperti tipe dan ukuran alat bantu dengar, tipe dan ukuran baterai, berapa jam per hari Anda menggunakannya, level teknologi yang mendukung alat bantu dengar, lingkungan sekitar, dan bagaimana Anda merawat baterai.

Tips Agar Baterai Alat Bantu Dengar Tahan Lama

Beruntungnya ada beberapa hal yang bisa Anda gunakan untuk menjaga baterai alat bantu dengar berfungsi maksimal dan membantunya agar bertahan lama atau awet.

Tips Agar Baterai Alat Bantu Dengar Tahan LamaSelalu gunakan baterai lama atau baterai bawaan dari alat bantu dengar

Untuk daya yang maksimal gunakan baterai bawaan asli dari alat bantu dengar. Sedangkan untuk baterai baru akan memiliki ketahanan yang lebih pendek. Jika Anda menggunakan baterai lama, maka mesin pada alat bantu dengar milik Anda ini pun tidak akan cepat rusak.

Simpan baterai alat bantu dengar di tempat yang kering, atau di suhu ruangan yang normal

Suhu yang ekstrim-baik itu suhu yang panas dan dingin- dan atau yang memiliki kelembaban tinggi tidak bagus untuk daya tahan baterai alat bantu dengar. Untuk itu, jangan sampai menyimpan baterai alat bantu dengar Anda di lemari es atau kamar mandi.

Jangan melepaskan label dari  baterai sampai Anda sudah benar-benar siap menggunakannya

Label ini akan menjaga baterai agar tetap dalam kondisi baik saat Anda menyimpannya.

Cuci tangan sebelum memasangkan baterai pada alat bantu dengar

Kotoran yang ada pada tangan Anda akan mempengaruhi baterai, sehingga akan memperburuk performanya.

 

Tips Agar Baterai Alat Bantu Dengar Tahan Lama
Biarkan baterai baru selama 5 menit setelah Anda melepaskan labelnya

Ketika Anda melepaskan label, timah pada baterai akan bergabung dengan udara dan kemudian membuat baterai memiliki daya yang optimal. Ada banyak rekomendasi bagaimana cara menunggu saat label plastik diambil dari baterai dan sebelum baterai dimasukkan ke dalam alat bantu dengar. Tetapi penelitian terbaru telah menyatakan bahwa kita bisa membiarkannya paling lama 5 menit.

Biarkan kompartemen baterai terbuka ketika alat bantu dengar tidak sedang digunakan

Kapanpun saat Anda tidak menggunakan alat bantu dengar, segera matikan, dan letakkan di tempat yang aman dan kering (jangan meletakkan di kamar mandi atau dekat dengan shower). Kemudian biarkan tempat baterai terbuka. Ini akan mengeringkan embun pada tempat baterai. Ini juga akan menjaga baterai tetap awet dan jauh dari kerusakan.

Gunakan alat penghilang lembab pada alat bantu dengar

Keringkan kotak penyimpanan dan gunakan alat penghilang lembab untuk alat bantu dengar dan baterainya. Alat penghilang lembab ini juga menyediakan tempat yang aman untuk menyimpan alat Anda ketika tidak digunakan.

Pindahkan baterai saat tidak sedang menggunakan alat bantu dengar untuk menjaga keawetan baterai

Ini akan membantu untuk menjauhkan baterai dari korosi atau pengkaratan dan dari kerusakan karena kelembaban.

Be the first to comment

Leave a Reply