Tips Cara Menangani Gangguan Pendengaran

Solusi Tepat Untuk Menangani Gangguan Pendengaran

Gangguan pendengaran dapat dialami siapapun sejak lama tanpa disadari. Umumnya diperlukan waktu 10 – 15 tahun sejak gangguan mulai terjadi hingga seseorang benar-benar menyadari bahwa ia mengalami masalah pendengaran dan mulai mencari bantuan dan baru menangani hal tersebut.

Meski belum disadari, gangguan pendengaran mempengaruhi banyak aspek dari kehidupan dan kesehatan manusia sehingga perlu segera ditangani.

Manfaat Perawatan

Pengguna alat bantu dengar melaporkan peningkatan yang signifikan di banyak bidang kehidupan mereka. Mulai dari hubungan mereka di rumah dan rasa kemandirian dengan kehidupan sosial dan kehidupan seks mereka. Di hampir setiap dimensi yang diukur, keluarga pengguna alat bantu dengar juga mencatat peningkatan tetapi bahkan lebih mungkin daripada pengguna untuk melaporkan peningkatan.

Hambatan untuk Penggunaan Alat Bantu Dengar

Mengapa ada begitu banyak orang tua dengan gangguan pendengaran yang tidak menggunakan alat bantu dengar? Lebih dari dua pertiga responden yang lebih tua dan bukan pengguna mengatakan “pendengaran saya tidak cukup buruk” atau “Saya bisa bergaul tanpa satu.” Sekitar setengah dari non-pengguna mengutip biaya alat bantu dengar. Dan satu-dalam-lima menawarkan penjelasan bahwa “itu akan membuat saya merasa tua,” atau “Saya terlalu malu untuk memakai satu.”

“Sangat menyedihkan bahwa jutaan orang lanjut usia membiarkan penolakan atau kesombongan menghalangi perawatan yang secara signifikan dapat meningkatkan kualitas hidup mereka,” kata Dr. Firman, yang mengalami gangguan pendengaran. “Dokter dan anggota keluarga harus berkeras agar lansia tuna rungu mencari perawatan yang sesuai.”

Studi ini didukung oleh hibah tidak terbatas dari Asosiasi Industri Pendengaran. NCOA berencana untuk membuat set data survei tersedia dalam beberapa bulan untuk peneliti lain di seluruh dunia. Teks yang meringkas penelitian ini secara lebih rinci ada di situs Web NCOA di www.ncoa.org.

Dewan Nasional tentang Penuaan adalah organisasi penelitian, pendidikan, dan advokasi nirlaba yang didedikasikan untuk mempromosikan kesejahteraan, martabat, dan penentuan nasib sendiri para lansia. Didirikan pada tahun 1950, NCOA telah membantu menciptakan Meals on Wheels, Foster Grandparents, dan banyak program inovatif lainnya untuk manula. Anggota termasuk para profesional dan penyedia layanan di bidang penuaan, lembaga pemerintah, kelompok konsumen, sidang agama, bisnis, dan kelompok kerja.

Orang dengan gangguan pendengaran biasanya mengalami kesulitan komunikasi, dan ini dapat menyebabkan stres, kelelahan dan isolasi sosial. Dan isolasi sosial menyebabkan depresi, terutama pada orang dewasa yang lebih tua. Dengan menangani gangguan pendengaran sejak dini, maka Anda akan terhindar dari hal-hal yang merugikan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published.