Tips Melakukan Yoga Bagi Pengguna Alat Bantu Dengar

Yoga sangat bermanfaat bagi Anda yang ingin mendapatkan manfaat dari sisi kesehatan. Namun sayangnya, orang dengan gangguan pendengaran akan merasa ragu apakah mereka bisa mengikuti kelas yoga. Dan apakah selama yoga alat bantu dengar tersebut bisa tetap berfungsi dengan baik. Sebenarnya hal ini tidak perlu ditakutkan lagi. Sebab hal yang paling penting adalah memilih kelas yoga yang tepat dengan instruktur yang bisa memahami situasi dan kondisi Anda. Sebagai contoh, kelas Bikram Yoga, kelas yoga ini dilakukan di ruangan yang hangat dan nuansa yang tenang tanpa adanya gangguan apapun. Dengan memanfaatkan mikrofon headset yang terpasang pada setiap telinga peserta, maka instruktur bisa memandu semua peserta. Apalagi ditambah dengan kaca yang akan membantu para peserta dalam melihat gerakan instruktur. Berikut ini adalah tips melakukan yoga bagi pengguna alat bantu dengar :

Tips Melakukan Yoga Sebelum Mulai

Cari informasi

Pastikan Anda mencari informasi mengenai berbagai tempat yoga di sekitar Anda yang menawarkan kelas dengan nuansa sepi dan instruktur yang akan mengulangi gerakan yang sama pada beberapa kali latihan. Ceritakan juga bahwa Anda memiliki gangguan pendengaran dan tanyakan, apakah ada peserta lain yang juga memiliki nasib yang sama.

Ikuti kelas awalan

Cobalah untuk mengikuti kelas awalan atau mendapatkan pelajaran yoga secara khusus. Ketika Anda merupakan sosok yang masih baru, beberapa tempat yoga akan menawarkan banyak kelas yang dikhususkan untuk para siswa barunya. Dengan adanya kesempatan ini, maka cobalah untuk mengikuti kelas yang semacam ini, sehingga Anda nantinya akan lebih familiar dengan gerakan yang diperagakan selama latihan yoga. Namun, jika hal ini tidak tersedia, maka Anda bisa memanfaatkan DVD yoga untuk latihan sendiri.

Tips Melakukan Yoga Di Kelas

Bicaralah pada instruktur sebelum memulai kelas yoga

Ceritakan pada instruktur tentang gangguan pendengaran Anda dan pastikan Anda juga menanyakan mengenai posisi terbaik yang bisa Anda tempati agar Anda lebih mudah dalam mengikuti kelas yoga. Hal ini akan membantu Anda dalam mendapatkan bantuan yang lebih banyak dari instruktur selama melakukan yoga.

Terkadang ada sesi dimana para peserta yoga akan mendiskusikan terkait dengan ketidakmampuan dalam menjangkau suatu gerakan ataupun cedera selama latihan. Meskipun demikian, Anda bisa tetap menanyakan tentang gangguan pendengaran Anda yang berkaitan dengan gerakan yoga Anda.

Tempatkan matras Anda di tengah ruangan

Cara ini akan membantu Anda dalam mengikuti setiap gerakan yoga dimana Anda saat itu tidak bisa mengikuti instruksi dari instruktur, maka Anda bisa melihat gerakan peserta di depan ataupun belakang Anda.

Ikutilah sesuai dengan alurnya

Inilah yang dinamakan yoga, sehingga Anda tidak perlu malu ketika Anda tidak bisa mengikuti setiap gerakan yang ada, sebab yoga pada dasarnya untuk meningkatkan kesehatan Anda. Anda tidak perlu menuntut kesempurnaan di awal pembelajaran.

Cobalah tetap pada pendirian

Bisa saja kelas yang Anda ikuti di awal tidak cocok dengan keinginan Anda, sehingga Anda sangat disarankan untuk mencari kelas lain dengan instruktur yang berbeda. Meskipun gerakannya juga akan berbeda, namun hal ini bukanlah masalah besar.

Yoga memang tidak dilakukan untuk semua orang, namun jika Anda tertarik untuk mengikutinya, jangan pernah Anda berhenti karena gangguan pendengaran Anda. Hal ini karena yoga akan memberikan manfaat untuk kesehatan fisik dan mental. Sebab kegiatan ini mengkombinasikan gerakan tubuh yang memiliki filosofi kesabaran dan juga kemampuan untuk menerima diri sendiri.

Leave a Reply