Tips Memilih Alat Bantu Dengar Untuk Lansia

Alat Bantu Dengar Untuk Lansia

Seiring pertambahan usia, maka beberapa kemampuan fisik pun mengalami banyak penurunan seperti ketajaman penglihatan dan juga pendengaran. Anda atau mungkin orang tua membutuhkan alat bantu dengar untuk lansia. Apalagi jika usia telah mencapai angka 60 tahun ke atas yang kerap mengalami masalah penurunan kualitas pendengaran. Dan Alat bantu dengar akan membantu orang tua dalam melakukan aktivitas sehari-hari tanpa terhalang masalah pendengaran yang menurun.

Penyebab dari penurunan pendengaran pada lansia bukan hanya dipengaruhi masalah fisiologis saja. Namun juga bisa dikarenakan kondisi lingkungan seperti tempat tinggal yang dekat dengan tempat bising dan ramai seperti stasiun, terminal atau bandara. Deteksi dini penurunan kualitas pendengaran pada lansia di mulai dengan lebih suka berkomunikasi dengan melihat gerak bibir hingga kebiasaan melihat acara televisi dengan menyetel volume keras. Jika Anda atau orang tua Anda sering melakukan hal tersebut, maka kemungkinan membutuhkan alat bantu dengar sangat besar.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum menentukan alat bantu dengar. Berikut ini, ada 4 cara mudah memilih alat bantu dengar yang baik dan perlu diperhatikan sebelum Anda membeli alat bantu dengar. Sehingga dapat membantu Anda dalam menjalani kegiatan sehari-hari.

Memilih alat bantu dengar untuk lansia yang resmi dan bergaransi

Garansi menjamin bahwa alat bantu dengar yang Anda beli adalah alat bantu dengar yang memiliki segel resmi dan juga antisipasi jika produk tersebut mengalami cacat produksi atau kerusakan. Sehingga mendapat produk pengganti apalagi jika membeli alat tersebut melalui online. Anda harus memastikan betul bahwa toko online tempat Anda belanja adalah toko yang aman dan terpercaya. Dan merupakan distributor resmi alat bantu dengar.

Beli alat bantu dengar yang berkualitas

Cara mengetahui bahwa alat bantu dengar untuk lansia yang dibeli berkualitas adalah dengan memperhatikan testimoni dan review dari para pelanggan tentang produk tersebut. Review yang positif menunjukkan bahwa produk tersebut adalah produk yang baik dan memiliki mutu yang terjamin. Sebaiknya memperhatikan beberapa testimoni atau review beberapa pengguna tidak hanya terpaku pada satu pendapat saja.

Melakukan tes pendengaran

Langkah baik selanjutnya adalah melakukan tes pendengaran pada dokter terpercaya Anda agar mengetahui lebih lengkap dan spesifik kebutuhan Anda terkait dengan alat bantu dengar. Jangan sampai Anda membeli alat bantu dengar yang tidak sesuai dengan kebutuhan.

Membeli alat bantu dengar sesuai dengan kebutuhan

Beragam alat bantu dengar yang beredar di pasaran memiliki spesifikasi dan kelebihan masing-masing. Sebaiknya Anda memilih alat bantu dengar yang sesuai dengan kemampuan pendengaran Anda. Jangan tergiur harga murah jika ternyata kualitas yang dijanjikan tidak memenuhi kebutuhan pendengaran Anda. Atau jika Anda berniat membeli alat bantu dengar yang memiliki fitur canggih misalnya yang dilengkapi dengan setelan yang bisa mendengarkan beberapa sumber suara tidak hanya terpaku pada satu suara lawan bicara di hadapan saja.

4 tips memilih alat bantu dengar tersebut bisa Anda perhatikan atau jadikan referensi jika hendak membeli alat bantu dengar yang sesuai dengan petunjuk dokter atau audiologis Anda. Sehingga dapat memenuhi kebutuhan Anda atau orang tua. Alat bantu dengar yang berkualitas tentu akan membantu meningkatkan produktivitas. Dan juga mencegah terjadinya depresi atau emosi yang kurang stabil pada lansia akibat kesulitan berkomunikasi.

Be the first to comment

Leave a Reply