Tips Memperpanjang Usia Baterai Alat Bantu Dengar

Tips Memperpanjang Usia Baterai ABD
Bagikan

Alat bantu dengar tidak akan berjalan jika tidak ada baterai. Oleh karenanya Anda perlu merawat serta menjaga baterai alat bantu pendengaran milik Anda agar bisa bertahan lama. Berikut beberapa tips bagaimana caranya merawat dan memaksimalkan penggunaan baterai alat bantu dengar:

  1. Biarkan baterai alat bantu pendengaran Anda tetap berada di bungkusnya sampai saatnya Anda membutuhkannya nanti.
  2. Simpan baterai alat bantu dengar Anda di suhu ruangan, bukan di dalam lemari es. Menyimpan baterai di kulkas agar umur baterai bisa bertahan lama hanyalah mitos saja. Justru tindakan ini akan merusak baterai karena energi di dalam baterai akan mudah keluar.
  3. Strip warna yang menempel di baterai hanya boleh dilepas jika Anda sudah siap menggunakan baterai. Strip ini melindungi baterai dari oksidasi, jadi jangan sekali-kali melepasnya jika Anda belum membutuhkannya.
  4. Setelah dilepas, strip warna tersebut jangan ditempelkan kembali ke tempatnya. Tindakan tersebut malah akan merusak baterai.
  5. Jika Anda tidak memakai alat bantu pendengaran di malam hari, matikan alat tersebut dan buka kompartemen baterai. Tindakan ini akan mengurangi risiko terjadinya kondensasi serta menjaga daya baterai Anda.
  6. Jangan sekali-kali menyimpan baterai alat bantu dengar di dalam kantong baju atau celana.
  7. Jangan biarkan baterai alat bantu dengar Anda menempel atau dekat-dekat dengan benda-benda berbahan metal.

Baterai dengan kandungan zinc-air membutuhkan waktu agar bisa “panas” sebelum akhirnya baterai ini bisa berfungsi. Baterai jenis ini membutuhkan udara agar bisa bekerja dengan baik dan biasanya butuh waktu kira-kira semenit agar udara bisa bereaksi dengan zinc yang ada di dalam baterai.

Jangan buang baterai yang telah Anda pakai secara sembarangan, karena baterai yang sudah Anda pakai ini dapat mencemari lingkungan sekitar. Lebih baik jika Anda menyerahkannya di tempat-tempat yang kira-kira bisa mendaur ulang baterai tersebut. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi Anda dalam menjaga baterai-baterai alat bantu dengar.

Leave a Reply

Your email address will not be published.