Tips Menggunakan Alat Bantu Dengar Saat Berlibur No ratings yet.

menggunakan alat bantu dengar

Menggunakan alat bantu dengar saat berlibur mungkin bagi sebagian sangat merepotkan. Ketika musim liburan tiba masing-masing keluarga pastinya sudah memiliki hari berlibur yang sangat menyenangkan. Tetapi bagi penderita gangguan pendengaran, liburan kadang justru menjadi momen terberat. Lantas bagaimana tips nya? Apakah alat bantu dengar dapat membuat liburan menjadi lebih menyenangkan? Mari kita simak penjelasan di bawah ini. untuk beberapa tips sebelum berangkat berlibur.

Lakukan Pemeriksaan Alat Bantu Dengar Sebelum Berangkat Berlibur

Sebagai pengguna alat bantu dengar, Anda harus menjadwalkan pemeriksaan rutin dengan profesional kesehatan pendengaran. Pemeriksaan ini sangat penting untuk memastikan alat bantu dengar anda bersih dan berfungsi dengan baik. Ketika Anda sedang merencanakan janji temu, pastikan untuk bertanya tentang:

  • Fitur alat bantu dengar : Pelajari cara menyesuaikan pengaturan untuk memaksimalkan fitur ABD. Dan pastikan Anda juga tahu cara memaksimalkan lingkungan mendengarkan liburan lainnya. Apakah produsen ABD Anda memiliki aplikasi smartphone baru yang dapat membantu menyesuaikan pengaturan dengan cepat? Cobalah cari tahu hal tersebut dari tenaga perawat pendengaran Anda.
  • Aksesoris yang tepat : Ketika berlibur Anda mungkin akan terlibat pada beberapa aktivitas yang banyak mendatangkan tingkat kelembapan tinggi. Anda pasti ingin memiliki perlengkapan yang tepat untuk melindungi alat bantu dengar dari angin dan kelembaban. Anda pastinya juga menginginkan Aksesori lain. Seperti perangkat streaming Bluetooth dan perangkat pendengaran bantu, yang dapat memaksimalkan manfaat alat bantu dengar Anda.

Latih Otak Anda Jika Jarang Menggunakan Alat Bantu Dengar

Anda juga dapat mempersiapkan liburan yang menyenangkan dengan mengenakan alat bantu dengar setiap hari di sekitar rumah. Karena mendengar adalah fungsi otak. Semakin Anda sering memakai alat pendengaran, semakin banyak otak berlatih menerjemahkan sinyal yang diterima dari sel-sel rambut di telinga bagian dalam. Ini sangat penting jika Anda baru mulai memakai alat pendengaran setelah lama mengalami gangguan pendengaran. Karena mungkin ada beberapa suara yang hilang dari memori di otak Anda.

Berikut beberapa tips untuk bersiap-siap sebelum liburan:

  • Pastikan persediaan baterai.  Jika ABD Anda menggunakan baterai sekali pakai, pastikan Anda memiliki persediaan baterai yang cukup banyak. Sehingga Anda tidak perlu kebingungan mencari tempat penjualan baterai di tempat asing. Dan jika baterai Anda dapat di isi ulang, jangan lupa untuk mengemas pengisi daya Anda untuk perjalanan.
  • Amankan dari jangkauan anak dan hewan peliharaan di rumah Anda.  Jika anak-anak atau hewan peliharaan akan berkunjung, tentukan tempat yang aman untuk menyimpan alat bantu dengar Anda dan aksesorinya, terutama baterai kancing, yang sangat berbahaya jika tertelan.

Menghadiri Pesta Saat Liburan

Jika gangguan pendengaran Anda mencegah Anda dari mendengar dengan baik ketika Anda berada dalam situasi yang bising, bersiaplah ketika Anda menghadiri pesta kantor atau pesta liburan teman.

  • Kendalikan lingkungan Anda. Biarkan penyelenggara pesta Anda tahu bahwa Anda memiliki gangguan pendengaran dan minta tempat duduk yang  paling jauh dari televisi atau dapur sehingga Anda dapat meminimalkan kebisingan latar belakang.
  • Manfaatkan jam tidak sibuk. Jika Anda berencana makan di satu atau dua restoran bulan ini, pertimbangkan untuk makan lebih awal untuk menghindari jam makan puncak antara pukul 6 dan 8 malam atau, ketika restoran jauh lebih sibuk dan lebih sedikit kebisingan latar belakang.
  • Ajaklah teman . Hadiri pesta dengan seseorang yang Anda percaya yang tahu tentang gangguan pendengaran Anda sehingga mereka dapat membantu Anda menavigasi dalam situasi yang bising dan percakapan yang riuh.

Hal yang Anda Lakukan Setelah Pulang Liburan

Luangkan waktu sejenak untuk mengevaluasi. Apakah alat bantu dengar Anda telah  memenuhi harapan Anda? Jika tidak, buat daftar apa yang perlu disesuaikan sehingga Anda dapat mendiskusikannya di janji temu terjadwal berikutnya. Mintalah ahli kesehatan pendengaran Anda membuat catatan tentang penyesuaian ini dalam file Anda sehingga Anda akan lebih siap untuk menyambut musim liburan berikutnya. Buatlah janji temu dengan spesialis pendengaran di dekat Anda  untuk mencari tahu cara memaksimalkan alat pendengaran tersebut. Biarkan pendengaran yang sehat menjadi hadiah yang dapat Anda berikan sendiri pada musim liburan ini dan berikutnya!

Sumber : https://www.healthyhearing.com/report/52594-Using-hearing-aids-to-your-advantage-during-the-holidays

Berikan Rating Artikel Ini